Widget HTML #1

Buku SMK: Rekayasa Perangkat Lunak

Buku-SMK:-Rekayasa-Perangkat-Lunak

Pemerintah, dalam hal ini, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional, telah melaksanakan kegiatan penulisan buku kejuruan sebagai bentuk dari kegiatan pembelian hak cipta buku teks pelajaran kejuruan bagi siswa SMK. 

Karena buku-buku pelajaran kejuruan sangat sulit di dapatkan di pasaran.

Buku yang berjudul ’Rekayasa Perangkat Lunak’ merupakan buku yang disusun untuk memenuhi kebutuhan buku pegangan bagi siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Khususnya pada program keahlian Rekayasa Perangkat Lunak. 

Buku ini memuat uraian yang mengacu pada standar kompetensi dan kompetensi dasar Rekayasa Perangkat Lunak untuk siswa SMK mulai dari kelas X, XI sampai dengan kelas XII. 

Tiap bab berisi teori yang harus dipahami secara benar oleh peserta didik dan disertai dengan contoh-contoh soal yang relevan dengan teori tersebut. Selain itu terdapat juga soal-soal yang didasarkan pada konsep dan teori yang dibahas sebagai alat uji untuk mengukur kemampuan peserta didik dalam penguasaan materi tersebut. 

Rekayasa Perangkat Lunak Jilid 1

Deskripsi Umum

Buku ini diberi judul “Rekayasa Perangkat Lunak”,sama dengan salah satu program keahlian pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Meskipun demikian, sebenarnya isi dari buku ini tidak secara khusus membahas tentang Rekayasa Perangkat Lunak. 

Dari sisi pandang bidang Ilmu Komputer ada lima sub-bidang yang tercakup dalam dalam buku ini, yaitu sub-bidang Rekayasa Perangkat Lunak, Sistem Operasi, Algoritma dan Struktur Data, Bahasa Pemrograman dan Basis Data. Hal ini disesuaikan dengan kurikulum tingkat SMK untuk Program Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak. 

Pokok bahasan tentang Rekayasa Perangkat Lunak secara umum membahas dasar-dasar pengertian Rekayasa Perangkat Lunak, masalah dan pemecahan masalah, dan metode-metode pengembangan perangkat lunak. 

Pembahasan tentang sub-bidang Sistem Operasi berisi sistem computer, sistem operasi dan bekerja dalam jaringan computer. Cakupan materi algoritma meliputi algoritma dasar dan algoritma lanjutan. 

Sub bidang Bahasa Pemrograman mengambil porsi yang cukup besar, meliputi pemrograman GUI dengan VB & VB.Net, pemrograman Java, pemrograman C++, pemrograman berorientasi obyek dan Pemrograman berbasis web. Sub-bidang terakhir yang menjadi bagian dari buku ini adalah Basis Data dengan cakupan tentang system basis data, pemodelan konseptual, basis data relasional, Microsoft Access dan SQL.

Peta Kompetensi

Secara umum, buku ini mengacu pada Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar (SKKD) bagi SMK seperti berikut ini:

  1. Menggunakan algoritma pemrograman tingkat dasar
  2. Menggunakan algoritma pemrograman tingkat lanjut
  3. Mengoperasikan aplikasi basis data
  4. Membuat aplikasi berbasis Microsoft Access
  5. Menguasai teknik elektronika dasar
  6. Menguasai teknik elektronika digital
  7. Membuat file dengan HTML sesuai spesifikasi
  8. Menerapkan dasar-dasar pembuatan web statis tingkat dasar
  9. Membuat program aplikasi menggunakan VB dan VB.NET
  10. Membuat paket software aplikasi
  11. Melakukan pemrograman data deskripsi (SQL – Stuctured QueryLanguage) tingkat dasar
  12. Mengoperasikan bahasa pemrograman data deskripsi (SQL) tingkat lanjut
  13. Membuat halaman web dinamis tingkat dasar
  14. Membuat halaman web dinamis tingkat lanjut
  15. Membuat program aplikasi web menggunakan JSP 
  16. Membuat program aplikasi basis data menggunakan XML 
  17. Membuat program basis data menggunakan Microsoft (SQL Server) 
  18. Membuat program basis data menggunakan PL/SQL (Oracle) 
  19. Membuat program aplikasi menggunakan C++ 
  20. Menjelaskan sistem peripheral 
  21. Membuat program dalam bahasa pemrograman berorientasi obyek 
  22. Membuat program aplikasi menggunakan Java 
  23. Mengoperasikan sistem operasi komputer berbasis teks dan GUI

Dalam penyajian buku ini, bab-bab tidak disusun berdasarkan SKKD, akan tetapi disusun berdasarkan urutan materi pokok bahasan. Sehingga di beberapa bab berisi gabungan dari beberapa standar kompetensi. Atau satu kompetensi dasar mungkin berada tidak pada kelompok standar kompetensi seperti pada daftar SKKD, tetapi berada pada sub bab yang lain.

Cara Menggunakan Buku

Buku ini secara khusus ditujukan kepada siswa dan guru SMK untuk program keahlian RPL. Namun demikian, buku ini juga terbuka bagi pembaca umum yang berminat dalam dunia RPL, Algoritma dan Pemrograman, Basis Data dan Internet. 

Bagi siswa, buku ini dapat dijadikan buku pegangan, karena ini buku ini menyediakan bahan-bahan pelajaran yang cukup lengkap untuk mata pelajaran selama tiga tahun di bangku sekolah. 

Beberapa bagian dari buku ini mungkin memerlukan buku-buku bantu lainnya untuk lebih memperkaya wawasan dan peningkatan kemampuan. Sedangkan bagi guru, buku ini dapat digunakan sebagai buku referensi untuk menyusun modul-modul ajar bagi anak didiknya. 

Buku ini disusun sedemikian rupa agar siswa dapat belajar secara mandiri dan terdorong untuk mencoba secara langsung. 

Oleh karena itu dalam buku ini, akan banyak dijumpai ilustrasi baik yang berupa gambar, skema maupun listing program. Hal ini dimaksudkan agar siswa dapat dengan mudah memahami penjelasan ataupun penerapan suatu konsep tertentu. Bahkan pada bagian akhir bab diakhiri dengan soal-soal latihan dari pokok bahasan pada bab tersebut. 

 

Rekayasa Perangkat Lunak Jilid 2

Unduh lagi Jilid 2 nya ya...

Rekayasa Perangkat Lunak Jilid 3

 

Buku teks pelajaran yang telah dialihkan hak ciptanya kepada Departemen Pendidikan Nasional ini, dapat diunduh (download), digandakan, dicetak, dialihmediakan, atau difotokopi oleh masyarakat.

Dengan adanya soft copy ini diharapkan akan lebih memudahkan bagi masyarakat khsusnya para pendidik dan peserta didik SMK di seluruh Indonesia maupun sekolah Indonesia yang berada di luar negeri untuk mengakses dan memanfaatkannya sebagai sumber belajar. 

Terima Kasih.

Post a Comment for "Buku SMK: Rekayasa Perangkat Lunak"