Widget HTML #1

Buku Pedoman Pelaksanaan LDBI & NSDC Jenjang SMA/MA Tahun 2022

Pedoman Pelaksanaan LDBI & NSDC

Kompetisi di bidang debat bahasa merupakan salah satu kegiatan ajang talenta yang menarik bagi para peserta didik SMA untuk menyalurkan minat dan bakatnya dalam berdebat. 

Kegiatan-kegiatan talenta seperti ini di Pusat Prestasi Nasional jumlahnya mencapai puluhan, yang tersebar di berbagai bidang dan jenjang pendidikan, mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan tinggi. 

Untuk menjamin pengelolaan yang tertib dan terkontrol dengan baik, diperlukan pedoman-pedoman yang memuat norma, aturan main dan prosedur pelaksanaan kegiatan.

Puji syukur kita panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, buku Pedoman Teknis
Pelaksanaan kompetisi debat bahasa Indonesia dan bahasa Inggris telah selesai disusun dan segera dapat disebarkan ke daerah. 

Sosialisasi melalui buku pedoman juga menjadi bagian penting agar pemerintah daerah, terutama satuan pendidikan dan peserta didik, mendapatkan acuan yang jelas dan lengkap untuk dapat mengikuti kegiatan sebaik-baiknya. 

Pusat Prestasi Nasional akan terus mengupayakan penyempurnaan atau pengembangan panduan-panduan seperti ini, sesuai dengan perkembangan kebutuhan dan tuntutan, serta dinamika orientasi pengembangan talenta di masa mendatang.

Selanjutnya, buku Pedoman Teknis kompetisi debat ini diharapkan dapat segera disebarkan ke daerah sehingga mereka dapat segera mempersiapkan diri dan melakukan koordinasi yang diperlukan. Semoga kegiatan kompetisi debat dapat berjalan lancar dan memberikan manfaat yang maksimal.

Tema Kegiatan LDBI & NSDC Jenjang SMA/MA Tahun 2022

Dalam rangka mengembangkan dan meningkatkan kompetensi peserta didik di bidang komunikasi, Pusat Prestasi Nasional (PUSPRESNAS), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi menyelenggarakan program kompetisi debat yakni Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) dan National Schools Debating Championship (NSDC).

LDBI dan NSDC merupakan lomba debat bagi peserta didik jenjang pendidikan menengah yang mempunyai bakat dan minat dalam bidang debat.

Kompetisi ini merupakan ajang unjuk kemampuan dan kreativitas berdebat dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan tentang isu-isu global masa kini dengan dukungan kemampuan berpikir kritis, analitis, logis serta mampu mengembangkan potensi secara menyeluruh dan seimbang pada semua aspek kecerdasan.

Selanjutnya, Tema Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) dan National Schools Debating Championship (NSDC) tahun 2022 adalah “Speak of Your Mind, Speak for Indonesia”.

Ruang lingkup LDBI dan NSDC tahun 2022

Adapun ruang lingkup LDBI dan NSDC tahun 2022 ini meliputi:

  • Bidang yang dilombakan yakni debat dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

  • Jangkauan wilayah sasaran:

    • semua kabupaten/ kota dalam lingkup 34 provinsi di Indonesia dan satuan pendidikan Indonesia di luar negeri.

  • Pihak yang terlibat Pusat Prestasi Nasional, Dinas Pendidikan Provinsi, Satuan Pendidikan dan Gugus Tugas Covid-19 Pusat & Daerah.

  • Lingkup Proses:

    • Penyediaan panduan umum dan panduan teknis pelaksanaan LDBI dan NSDC.

    • Pelaksanaan kompetisi oleh peserta secara daring.

    • Pengawasan lomba oleh unsur daerah, pusat, dan memanfaatkan bantuan teknologi.

    • Penilaian oleh tim juri dari penyelenggara pusat (Pusat Prestasi Nasional).

    • Penetapan pemenang kompetisi dan pengumumannya.

Penutup

Puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, buku Pedoman Teknis ini pada akhirnya dapat diselesaikan dengan baik. 

Rumusan substansi maupun teknis penulisan sudah dibahas cukup panjang dan intensif bersama tim penulis dan kontributor lainnya.

Sebagai hasil pekerjaan manusia, buku pedoman ini tentu belum dapat dikatakan sempurna. 

Pusat Prestasi Nasional membuka diri untuk menerima masukan dari masyarakat atau para pemangku kepentingan kompetisi bidang debat Bahasa. 

Tim penyusun berharap buku Panduan Teknis pelaksanaan LDBI dan NSDC ini sudah dapat menjadi acuan yang komprehensif serta dapat meminimalisir potensi masalah yang akan terjadi. 

Pusat Prestasi Nasionaljuga mengharapkan Dinas Pendidikan Provinsi dan Dinas Pendidikan Kabupaten/ Kota dapat membantu menyebarluaskan buku pedoman ini segera ke satuan pendidikan di daerahnya masing-masing agar para calon peserta kompetisi dapat mempersiapkan diri sebaik-baiknya.

Informasi selengkapnya mengenai Buku Pedoman Pelaksanaan LDBI & NSDC Jenjang SMA/MA Tahun 2022 dapat dilihat di bawah nanti.

Semoga bermanfaat.

Terima Kasih.

Post a Comment for "Buku Pedoman Pelaksanaan LDBI & NSDC Jenjang SMA/MA Tahun 2022"