Widget HTML #1

Contoh Proposal Pembangunan RKB-SD

Proposal RKB-SD

Tukang Ketik. Pendidikan Sekolah Dasar (SD) berperan untuk menyiapkan peserta didik siap bersaing dan mampu untuk meneruskan pendidikan kejenjang yang lebiih tinggi, baik tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) sampai kejenjang yang setinggi-tingginya.

Sekolah Dasar (SD) sebagai intruksi pendidikan dituntut mampu mengasilkan lulusan sebagaimana yang diharapkan di zaman globalisasi ini. 

Oleh karena itu, dalam rangka mewujudkan tujuan pendidikan secara maksimal maka diperlukan proses pembelajaran yang kondusif dengan melibatkan semua komponen pembelajaran secara optimal. 

Salah satu komponen penting yang menjadikan proses pembelajaran menjadi lancar, nyaman, dan kondusif adalah sarana prasarana khususnya Ruang Kelas Baru (RKB) dan Ruang Praktik.

Ruang praktik sebagai tempat rombongan belajar melakukan aktivitas pembelajaran memiliki peranan yang sangat strategis dalam rangka menciptakan suasana dan rasa belajar yang nyaman bagi para siswa. 

Keberadaannya membawa dampak yang lebih luas seperti, rasa aman, rasa nyaman, dan kondusif sehingga dalam proses transfermasi ilmu pengetahuan lebih mudah dipahami, dimengerti, dan dikembangkan oleh para siswa/i.

SD ................... sebagai salah satu sekolah di Kabupaten ................... Provinsi ..................., yang secara geografis terletak diperbatasan antara Kabupaten ................... dan Kota ..................., dengan segala kondisi yang dimiliki SD ................... menganggap betapa pentingnya keberadaan Ruang Kelas Baru (RKB) sebagai salah satu unsur penentu keberhasilan proses pembelajaran. 

SD ................... saat ini memiliki 8 ruang kelas yaitu ruang kelas 1 sampai dengan kelas 6 dengan terbatas masing-masing rombel rata-rata hanya memiliki satu kelas.

Proses penyelenggaraan seluruh program keahlian telah berjalan baik, namun untuk Program Administrasi Perkantoran menghadapi sebuah kendala yaitu Ruang Kelas Baru (RKB) dan Ruang Praktik Siswa yang belum sepenuhnya belum tersedia.

Atas dasar itu, kami Kepala Sekolah SD ................... yang beralamat di Jl. …………… Kecamatan ……………… Kabupaten ................... Provinsi ................... sangat berharap adanya bantuan Pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB) dan Ruang Administrasi dari Pihak yang berwenang untuk bersinergis dalam upaya meningkatkan pengetahuan siswa/i yang berilmu amaliah dan beramal ilmiyah serta membangun bangsa Indonesia menjadi lebih maju dari segala aspek.

Sejalan dengan program pemerintah khususnya disektor Pendidikan Dasar dan Menengah dengan Program Wajib Belajar 12 Tahun (Wajar Dikdas 12 Tahun) adalah sekolah merupakan salah satu sarana aktivitas pendidikan formal dalam dunia pendidikan yang keberadaannya tidak hanya sebagai sarana kegiatan belajar mengajar (KBM), akan tetapi berperan serta dalam membentuk kehidupan bermasyarakat terutama dalam upaya peningkatan sumberdaya manusia (SDM) Indonesia yang berkualitas secara merata.

Sasaran yang diharapkan adalah meningkatkan sarana prasarana dan kualitas pengetahuan serta keterampilan peserta didik pada SD ................... ini. 

Adapun sasarannya adalah sebagai berikut:

  • Membangun Ruang Kelas Baru untuk kegiatan belajar mengajar.

  • Membangun Ruang Administrasi untuk keperluan kantor dan administrasi.

  • Tercapainya hasil pembelajaran siswa seluruh program keahlian yang memenuhi standar kompetensi siswa.

  • Para Guru dan Karyawan Sekolah SD ................... yang ikut serta dalam upaya mendorong peningkatan kualitas dan kuantitas Sekolah SD ................... untuk mengembangkan keterampilan siswa/i yang berkompeten dibidangnya dan jujur.

Program Bantuan Pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB) dan Ruang Administrasi SD ................... merupakan realisasi dari kepedulian Pemerintah Provinsi ................... khususnya pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi ................... untuk mewujudkan pendidikan yang berkarakter dan bermutu sehingga diharapkan siswa lulusan dapat berperan aktif dan kompetitif dalam dunia pendidikan dengan kemampuan dan keterampilan yang dimiliki.

Demikian proposal permohonan Bantuan Pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB) dan Ruang Administrasi Sekolah SD ................... ini dibuat dan sampaikan. 

Kami sangat berharap adanya bantuan tersebut dari Pihak-pihak terkait dan berwenang, khususnya Pemerintah ................... dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi ..................., sehingga sekolah kami dapat meningkatkan mutu kualitas pendidikan yang lebih baik.

Akhirnya kami ucapkan terima kasih kepada Pihak-pihak terkait dan berwenang, khususnya Pemerintah ................... dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi ................... atas segala bantuan dan kebijakannya.

Semoga ikhtiar kita bersama untuk membangun bangsa maju dan mencetak kader generasi yang handal serta kompeten dalam segi ilmu pengetahuan dan keterampilan dapat tercapai dengan baik. Amiin Ya Rabbal Alamien.

Untuk mengetahui Contoh Proposal Pembangunan RKB-SD secara lengkap, silahkan dilihat pada tab di bawah ini.

Daftar Isi Isi Proposal

Semoga dapat bermanfaat.

Terima Kasih.

Post a Comment for "Contoh Proposal Pembangunan RKB-SD"