Widget HTML #1

Buku Panduan Penggunaan Platform Rapor Pendidikan dan PBD PAUD

PBD PAUD


Tukang Ketik - Buku Panduan Penggunaan Platform Rapor Pendidikan dan PBD PAUD adalah tema kali ini yang akan Admin bagikan kepada Anda semua.

File Buku Panduan Penggunaan Platform Rapor Pendidikan dan PBD PAUD dapat Anda unduh di akhir postingan nanti.

Definisi Platform Rapor Pendidikan

Platform Rapor Pendidikan adalah laporan hasil evaluasi layanan pendidikan sebagai penyempurnaan dari Rapor Mutu yang disusun oleh instrumen dan proses evaluasi yang berfokus pada hasil belajar peserta didik. 

Bersumber pada data yang lebih objektif, menjadikan Rapor Pendidikan sebagai acuan evaluasi mutu pendidikan, perencanaan berbasis data, dan tindak lanjut peningkatan kualitas pendidikan baik untuk satuan pendidikan kabupaten/ kota, provinsi atau pusat.

Platform Rapor Pendidikan berbeda dengan Rapor Mutu, Rapor mutu adalah instrumen penjaminan mutu internal berupa evaluasi diri satuan pendidikan, di mana indikatornya mengukur delapan capaian standar nasional. 

Data yang ada pada Rapor Mutu bersumber dari Data Pokok Pendidikan (Dapodik) dan juga hasil pengisian (input) langsung oleh satuan pendidikan melalui aplikasi Rapor Mutu.

Sedangkan, Platform Rapor Pendidikan adalah pengganti atau penyempurnaan dari Rapor Mutu, di mana indikatornya disusun berdasarkan input, proses, dan output pendidikan.

Perlu diketahui, platform Rapor Pendidikan juga bukanlah Aplikasi E-Rapor atau Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK). 

E-Rapor merupakan opsi alat bantu bagi guru dan satuan pendidikan melakukan pelaporan hasil belajar peserta didik untuk disampaikan kepada orang tua atau wali murid sebagai alat bantu dan Asesmen Nasional merupakan salah satu sumber data yang didapatkan melalui survey ke seluruh satuan pendidikan di indonesia yang dilaksanakan berbasis komputer (ANBK) dan juga merupakan salah satu sumber data untuk platform Rapor Pendidikan.

Fungsi Platform Rapor Pendidikan

Adapun fungsi Platform Rapor Pendidikan adalah sebagai berikut:

  • Referensi utama sebagai dasar analisis, perencanaan, dan tindak lanjut peningkatan kualitas pendidikan.
  • Platform untuk melihat hasil Asesmen Nasional bagi satuan pendidikan yang berada di bawah naungan Kemendikbudristek dan pemerintah daerah provinsi dan kab/ kota.
  • Sumber data yang objektif dan andal di mana laporan disajikan secara otomatis dan terintegrasi.
  • Instrumen pengukuran untuk evaluasi sistem pendidikan secara keseluruhan baik untuk evaluasi internal maupun eksternal.
  • Alat ukur yang berorientasi pada mutu dan pemerataan hasil belajar (output).
  • Platform penyajian data yang terpusat. Satuan pendidikan tidak perlu menggunakan beragam aplikasi sehingga diharapkan dapat meringankan beban administrasi.

Dengan melihat fungsi dari Rapor Pendidikan di atas, sangat disarankan bagi satuan pendidikan atau dinas untuk dapat menggunakannya sebagai bahan acuan dasar untuk melaksanakan Perencanaan Berbasis Data (PBD) karena Data yang ada dalam Rapor Pendidikan sudah sangat lengkap dan dapat merepresentasikan kondisi satuan pendidikan atau daerah pada saat ini.

Indikator Rapor Pendidikan

Indikator Rapor Pendidikan adalah sekumpulan capaian pendidikan yang dapat dijadikan petunjuk dan refleksi diri bagi satuan pendidikan dan daerah. 

Secara garis besar, Indikator dibagi menjadi beberapa lapisan berdasarkan tujuan penilaian yang ingin dievaluasi.

Keterkaitan antar indikator, memiliki hubungan sebab akibat untuk memudahkan mengidentifikasi masalah dan akar masalah.

Pada level Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), indikator dibagi menjadi lapisan berdasarkan:

  • Aspek input, yaitu dimensi C (Ketersediaan, Kompetensi, dan Kinerja Pendidik dan Tenaga Kependidikan).
  • Aspek proses, yaitu dimensi D (Kualitas Proses Pembelajaran) dan dimensi E (Kualitas Pengelolaan Satuan Pendidikan).
  • Aspek output yaitu dimensi B (Pemerataan Akses ke Layanan Berkualitas).
  •  Aspek outcome yaitu dimensi A (Capaian Perkembangan Anak).

Untuk informasi selengkapnya mengenai Buku Panduan Penggunaan Platform Rapor Pendidikan dan PBD PAUD dapat Anda unduh pada tab unduhan di bawah ini:


Panduan Penggunaan Rapor Pendidikan dan PBD Jenjang PAUD


Demikianlah informasi di atas tentang Buku Panduan Penggunaan Platform Rapor Pendidikan dan PBD PAUD yang telah Admin bagikan kepada Anda semua, semoga dapat bermanfaat.

Terima kasih.

Post a Comment for "Buku Panduan Penggunaan Platform Rapor Pendidikan dan PBD PAUD"