Widget HTML #1

Buku Pedoman Pelaksanaan Program UKS SMK

Pedoman Pelaksanaan Program UKS SMK


Tukang Ketik - Buku Pedoman Pelaksanaan Program UKS SMK merupakan tema atau judul dari postingan kali ini.

Pada kesempatan kali ini Admin akan membagikan informasi tentang Buku Pedoman Pelaksanaan Program UKS SMK untuk Anda.

Seperti biasa, mengenai file dari Buku Pedoman Pelaksanaan Program UKS SMK dapat Anda unduh nanti di akhir postingan ini.

Penjelasan Pasal 15 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional menyatakan bahwa pendidikan kejuruan merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu.

Sebagai bagian dari Sistem Pendidikan Nasional, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) bertujuan untuk menghasilkan tenaga kerja terampil yang memiliki kemampuan sesuai dengan tuntutan kebutuhan dan persyaratan lapangan kerja, serta mampu mengembangkan potensi dirinya dalam mengadopsi dan beradaptasi dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.

Pelaksanaan pembelajaran dalam pendidikan nasional berpusat pada peserta didik agar mampu: 

  • (a) belajar untuk beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, 

  • (b) belajar untuk memahami dan menghayati, 

  • (c) belajar untuk mampu melaksanakan dan berbuat secara efektif, 

  • (d) belajar untuk hidup bersama dan berguna bagi orang lain, dan 

  • (e) belajar untuk membangun dan menemukan jati diri melalui proses belajar yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan.

Tantangan global dalam bentuk persaingan tenaga kerja, mendorong setiap negara untuk mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal tidak hanya secara kompetensi tapi juga sehat jasmani dan rohani agar memiliki keunggulan kompetitif, baik saat ini maupun masa yang akan datang. 

Sejalan dengan tantangan dimaksud, dengan mempertimbangkan berbagai potensi dan sumber daya yang dimiliki serta kecenderungan perubahan lingkungan strategis khususnya berkaitan dengan pertumbuhan sektor ekonomi, industri, dan perkembangan IPTEK, Direktorat SMK sebagai sub sistem dalam sistem pendidikan nasional berketetapan mengembangkan visi untuk mewujudkan lembaga pendidikan kejuruan yang menghasilkan sumber daya manusia yang sehat secara fisik dan mental sehingga berkelas dunia (standar internasional), serta perluasan layanan pendidikan berbasis keunggulan lokal (standar nasional).

Peraturan Bersama 4 Kementerian, yaitusaver Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Kesehatan, Kementerian Agama dan Kementerian Dalam Negeri Nomor 6/X/PB/2014; Nomor 73 Tahun 2014; Nomor 41 Tahun 2014 dan Nomor 81 Tahun 2014 ini mengamanatkan bahwa dalam rangka meningkatkan mutu Pendidikan dan prestasi peserta didik yang memperhatikan perilaku dan lingkungan hidup yang sehat, perlu pembinaan dan pengembangan usaha kesehatan sekolah/ madrasah di setiap sekolah/madrasah. 

Buku Pedoman Pelaksanaan Program UKS SMK diharapkan dapat mempermudah satuan pendidikan dalam implementasi program UKS.

Dalam upaya mewujudkan peserta didik Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang sehat perlu dilakukan pembinaan dan pengembangan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS).

Kegiatan UKS meliputi 3 (tiga) pilar yang biasa disebut Trias UKS plus yang meliputi sebagai berikut:

  • 1) pendidikan kesehatan,  

  • 2) pelayanan kesehatan, dan 

  • 3) pembinaan lingkungan sekolah sehat 

  • 4) Manajemen. 

Trias UKS plus bertujuan untuk membina, mengembangkan, dan meningkatkan kemampuan hidup sehat dan derajat kesehatan peserta didik yang dilaksanakan melalui berbagai kegiatan intrakurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler.

Rendahnya derajat kesehatan dan berbagai masalah kesehatan pada peserta didik sebagai akibat belum maksimalnya pembinaan dan pengembangan UKS di masing-masing sekolah. 

Oleh sebab itu keberadaan Pedoman Pelaksanaan Program UKS SMK diharapkan dapat membantu SMK dalam melaksanakan Program UKS.

Sangat diharapkan Buku Pedoman Pelaksanaan Program UKS SMK ini akan mampu menjadi pemicu dan pemacu dalam mewujudkan satuan pendidikan yang peduli dengan kebersihan dan kesehatan. Kami mendorong agar Tim Pelaksana UKS SMK dapat bekerjasama dengan berbagai pemangku kepentingan baik pemerintah pusat, pemerintah daerah maupun Dunia Kerja untuk mempercepat pencapaian tujuan program ini.

Untuk informasi selengkapnya mengenai Buku Pedoman Pelaksanaan Program UKS SMK dapat Anda unduh filenya pada tab unduhan di bawah ini ya...

 

Buku Pedoman Pelaksanaan Program UKS SMK

 

Demikianlah informasi di atas tentang Buku Pedoman Pelaksanaan Program UKS SMK yang telah Admin bagikan kepada Anda, semoga dapat bermanfaat.

Terima Kasih.

Post a Comment for "Buku Pedoman Pelaksanaan Program UKS SMK"