Widget HTML #1

Buku Pedoman Program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) PAUD

Buku Pedoman PHBS PAUD


Tukang Ketik - Buku Pedoman Program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) PAUD adalah tema dari informasi kali ini.

Di kesempatan kali ini Admin akan membagikan informasi terkait tentang Buku Pedoman Program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) PAUD untuk Anda.

Untuk file dari Buku Pedoman Program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) PAUD dapat Anda unduh nanti di akhir postingan ini ya...

Usia dini (0 - 6 tahun) atau yang dikenal dengan “golden period” merupakan periode yang sangat mendasar bagi perkembangan individu karena pada masa ini terjadi pembentukan kepribadian dasar individu, penuh dengan kejadian-kejadian penting dan unik yang meletakkan dasar bagi kehidupan seseorang pada masa dewasa. 

James J. Heckman, pemenang Nobel bidang ekonomi dalam studinya mengenai Human Capital Policy (2003) mengungkapkan bahwa “investasi yang diberikan pada kelompok penduduk yang berusia dini akan dipetik hasilnya pada tahap-tahap berikutnya dari siklus hidupnya. 

Hal ini terjadi karena kemampuan kognitif dan non kognitif yang diperoleh pada tahap awal akan memudahkan seseorang untuk belajar”.

Anak mempunyai posisi yang strategis sebagai “cikal bakal” sebuah kelompok masyarakat baru dan menjadi penentu nasib perjalanan kelompok tersebut.

Dengan lingkungan yang mendukung, anak-anak akan tumbuh dan berkembang secara optimal dan berpotensi sebagai agen perubahan untuk mempromosikan perilaku hidup bersih dan sehat baik di lingkungan sekolah, keluarga maupun masyarakat. 

Oleh karena itu, lembaga PAUD dan lembaga pendidikan sederajat lainnya merupakan sasaran strategis untuk menanamkan nilai-nilai positif kepada anak usia dini, serta memperkenalkan dan membiasakan perilaku hidup bersih dan sehat.

Untuk mendukung proses pembiasaan hidup bersih dan sehat, pengelola dan pendidik PAUD harus menyediakan sarana dan prasarana yang memadai dan mudah diakses oleh semua peserta didik, termasuk penyandang disabilitas.

Dengan prinsip ketersediaan sarana dan prasarana yang aman, bersih, sehat dan nyaman harus menjadi perhatian bagi pengelola dan guru Pendidikan Anak Usia Dini yang sekaligus mempromosikan perilaku hidup bersih dan sehat di lingkungan satuan PAUD dalam mendukung tumbuh dan berkembang bagi peserta didik. 

Oleh karena itu, satuan PAUD merupakan sasaran strategis dalam menanamkan nilai-nilai positif kepada anak usia dini, serta memperkenalkan dan membiasakan perilaku hidup bersih dan sehat baik bagi peserta didik, keluarga maupun masyarakat. 

Menanamkan perilaku hidup bersih dan sehat di satuan PAUD dapat dilakukan melalui bermain dan belajar yang menyenangkan, sehingga membuat anak tertarik dan terlibat dalam aktifitas tersebut. 

Selain itu, satuan PAUD juga harus menyediakan sarana dan prasarana memadai yang mudah diakses oleh semua peserta didik, termasuk penyandang disabilitas, serta menciptakan lingkungan yang aman, nyaman, dan sehat bagi anak untuk mendukung tumbuh dan berkembang secara optimal.

Buku Pedoman Program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) PAUD ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi penyelenggara dan guru PAUD dalam menciptakan lingkungan satuan PAUD yang aman, bersih, sehat, nyaman, dan menerapkan kebiasaan hidup bersih dan sehat bagi peserta didik, serta memberikan edukasi kepada orang tua untuk membiasakan hal yang serupa saat di rumah.

Semoga dengan terbitnya pedoman dan Buku Pedoman Program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) PAUD dapat membantu tugas pengelola dan pendidik PAUD dalam menanamkan serta membiasakan perilaku hidup bersih dan sehat di satuan PAUD.

Demikianlah informas di atas mengenai Buku Pedoman Program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) PAUD yang dapat Admin bagikan kepada Anda, semoga dapat bermanfaat.

Untuk informasi selengkapnya tentang Buku Pedoman Program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) PAUD dapat Anda unduh filenya pada tab unduhan di bawah ini ya...


Buku Pedoman PHBS PAUD

 

 Terima Kasih.

Post a Comment for "Buku Pedoman Program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) PAUD"