Widget HTML #1

Formasi PPPK Guru Telat Muncul di Sistem

Formasi-PPPK-Guru-Telat-Muncul-di-Sistem 

Pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2021 telah resmi dibuka secara serentak mulai Rabu (30/6) hari ini hingga 21 Juli mendatang. 

Para calon peserta dapat mendaftarkan diri melalui situs https://sscasn.bkn.go.id.

Badan Kepegawaian Negara (BKN) memperingatkan ada kemungkinan beberapa formasi guru PPPK tak muncul di situs SSCASN pada masa awal pendaftaran. 

Hal ini disebabkan oleh sejumlah instansi yang memang belum melakukan verifikasi final atas formasi yang mereka ajukan ke pemerintah pusat.

Pendaftaran PPPK guru dilakukan bersamaan dengan pendaftaran seleksi CPNS dan PPPK non guru mulai 30 Juni-21 Juli 2021.

"Kemungkinan (formasi) yang kelihatan di pengumuman akan terlambat, karena masing-masing instansi belum klik final," ungkap Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN Suharmen dalam konferensi pers pada Selasa (29/6). "Baru 89 instansi yang sudah klik final formasinya." 

Suharmen menjelaskan hal tersebut disebabkan masih banyak instansi yang belum melakukan verifikasi final atas formasi yang diajukan ke pemerintah pusat.

Selanjutnya, pada saat SSCASN dibuka untuk pendaftaran, sistem hanya akan menayangkan formasi PPPK Guru 2021 di instansi atau daerah yang sudah melakukan verifikasi final.

"Bagi instansi yang belum meng-klik final maka daerah atau instansi tersebut belum akan muncul. Jadi formasi yang muncul sesuai dengan instansi yang sudah menyelesaikan verifikasi final," ujarnya.

Meski begitu, ia mengatakan calon peserta tidak perlu khawatir. Ia menyebut BKN masih terus berkomunikasi dengan setiap instansi agar segera menyelesaikan verifikasi formasi.

"Tidak perlu khawatir atau galau. Kami juga terus menjalin komunikasi dengan admin dari setiap instansi untuk segera melakukan verifikasi final untuk formasi yang sudah ditetapkan supaya saat diumumkan pendaftarannya, seluruh formasi sudah muncul di website SSCASN," ujarnya.

Tidak ada Formasi untuk Guru selain PPPK

Sementara itu, Deputi Bidang Mutasi Kepegawaian BKN Aris Windiyanto memastikan bahwa tidak ada formasi guru PNS dalam seleksi tahun ini. "Tidak ada formasi untuk guru selain PPPK. Jadi siapkan saja sebaik-baiknya, karena suratnya (mengenai detail seleksi PPPK guru) akan keluar dalam waktu ke depan," terang Aris.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi mencatat formasi guru PPPK yang diajukan pemerintah daerah hanya mencapai 516 ribu. Padahal, kebutuhan guru di sekolah negeri mencapai 1 juta.

Meski begitu, Mendikbudristek Nadiem Makarim menegaskan semua guru honorer bisa mengikuti seleksi PPPK. Jika lolos dan seleksi tidak memenuhi, seleksi tersebut akan dibuka di tahun depan.

Dalam satu pekan terakhir, portal sscasn.bkn.go.id. telah ramai dikunjungi oleh para calon peserta seleksi CPNS dan PPPK, termasuk honorer. 

Selain guru honorer yang sudah jelas mengetahui formasi pada portal tersebut, ada juga honorer non guru pun turut aktif dalam memantau dan menjelajahi portal itu.
 
Berdasarkan data per 28 Juni 2021, ada sebanyak 688.623 formasi baik untuk CPNS, PPPK Guru dan Non-Guru yang terdiri dari 65.915 untuk instansi pusat, dan sekitar 622.708 daerah yang terdiri dari provinsi 138.608 dan kabupaten/kota 484.100.

Sebagai informasi, total kebutuhan Aparatur Sipil Negara (ASN) tahun ini mencapai 1.275.387 formasi. Ini terdiri atas 83.669 formasi untuk pemerintah pusat, dan 1.191.718 formasi untuk daerah.

Sudah siap-siap daftar Seleksi PPPK Guru 2021?

Semoga berhasil ya.

Post a Comment for "Formasi PPPK Guru Telat Muncul di Sistem"