Widget HTML #1

Buku Elektronik Interaktif

Buku-Elektronik-Interaktif

Buku Elektronik Interaktif adalah buku elektronik yang disajikan bersama fitur-fitur interaktif, memuat konten-konten digital yang menarik layaknya, seperti: audio, video, animasi, simulasi, AR (Augmented Reality), dan gambar.

Buku interaktif merupakan konversi buku teks pelajaran berasal dari bentuk cetak jadi bentuk elektronik interaktif.

Apa itu Buku Elektronik

Makna buku elektronik menurut kamus besar bahasa Indonesia adalah sebagai berikut:

Buku (Kata Benda) memiliki arti lembar kertas yang berjilid, berisi tulisan atau kosong; kitab, dan Elektronik (Kata Benda) memiliki arti alat yang dibuat berdasarkan prinsip elektronika; hal atau benda yang menggunakan alat-alat yang dibentuk atau bekerja atas dasar elektronika.

Menurut Arthur Attwell, buku elektronik adalah file digital yang mengandung tulisan dan gambar yang dapat disebarkan secara elektronik dan dapat ditampilkan di layar monitor sama seperti buku yang telah di print out.

Dari pendapat ahli dan KBBI, kita dapat mengambil kesimpulan bahwa buku elektronik pada dasarnya sama dengan buku biasa namun buku elektronik berbentuk data (soft file) yang dapat dibaca dengan menggunakan alat/media seperti komputer, handphone, kindle, nook, dan kobo. 

Kelebihan Buku Elektronik

Menurut Jordan Wahl ada beberapa kelebihan dari buku elektronik adalah sebagai berikut:

1. Tidak memerlukan tempat yang luas

Dapat kita dibayangkan berapa luas perpustakaan yang diperlukan untuk menyimpan banyaknya buku-buku koleksinya, dengan menggunakan buku elektronik penyimpanan dapat dilakukan di Cloud.

2. Harga yang murah

Secara ekonomi, dibandingkan dengan buku biasa, harga buku elektronik lebih murah, harga rata-rata buku elektronik adalah $5 dan harga rata-rata buku biasa adalah $10.

3. Ramah lingkungan

Industri percetakan buku menghabiskan 16 juta ton kertas tiap tahun; sekitar kurang lebih 32 juta pohon, belum lagi ditambah dengan polusi yang diakibatkan dari pabrik-pabrik pembuat kertas.

4. Dapat dibawa dengan mudah

Simpel, buku elektronik dapat diakses menggunakan berbagai alat, diantaranya Ipad, eReader, Smartphone atau Tablet. Seakan kita memiliki perpustakaan di jari kita.

5. Mudah di-unduh

Buku elektronik dapat diunduh dengan mudah, tak perlu mengantri dan pergi ke toko untuk membeli buku biasa. Cukup dengan menekan layar handphone maka proses unduh dapat langsung dimulai, tentunya akses internet sudah tersedia.

6. Mudah mengubah ukuran huruf

Karena buku elektronik ditampilkan dalam layar komputer/laptop atau handphone/android maka kita dapat memperbesar tampilan, sehingga akan dapat dengan mudah membaca tulisan yang kecil.

7. Mudah dicari

Berbeda dengan buku biasa yang terbuat dari kertas, ketika mencari satu kata, kita harus membalik-balikan buku. 

Dengan menggunakan buku elektronik untuk mencari satu kata dapat dilakukan menggunakan menu “cari”.

Buku Elektronik Interaktif memang sudah dirancang untuk mendukung proses belajar mengajar (PBM) yang bersifat interaktif, anak/siswa/peserta didik dapat diarahkan untuk melakukan eksplorasi, analisa, dan membuat kesimpulan, serta disajikan dengan sangat menarik sehingga belajar menjadi jauh lebih mudah dan menyenangkan.

-tukangketik-

Post a Comment for "Buku Elektronik Interaktif"