Widget HTML #1

Contoh Kurikulum Operasional Tingkat SMP

 

Contoh-Kurikulum-Operasional-Tingkat-SMP

Kurikulum Operasional Sekolah ini diberlakukan pada Tahun Ajaran 2020/2021 yang mencerminkan merdeka belajar dan pengimplementasian profil pelajar Pancasila. Kurikulum ini memuat karakteristik satuan pendidikan, profil pembelajar, struktur kurikulum dan rancangan pembelajaran.

Pengembangan Kurikulum Operasional SMP Model 7 Tahun Ajaran 2020/2021 ini mengacu pada Standar Nasional Pendidikan, konsep merdeka belajar, dan pengimplementasian profil pelajar Pancasila. 

Di samping itu juga Kurikulum Operasional SMP Model 7 ini merupakan pegangan bagi pengembangan lingkungan SMP Model 6. Dari mulai budaya pengelolaan sampah, konservasi energi, keanekaragaman hayati, konservasi air, kebersihan lingkungan dan juga inovasi.

Karakteristik Sekolah

Kurikulum Operasional SMP Model 7 disusun sebagai pedoman dalam penyelenggaraan kegiatan pembelajaran. Kurikulum Operasional Sekolah (KOS) ini dikembangkan dengan mengacu pada Capaian Pembelajaran (CP) yang sudah disusun secara Nasional kemudian diimplementasikan dalam kegiatan pembelajaran berdasar Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) yang sudah disusun. Penyusunan Kurikulum Operasional SMP Model 7 ini mengakomodir kebutuhan para pelajar mengembangkan kemampuan ketrampilan abad 21 yang meliputi integrasi PPK, literasi, 4C (Creative, Critical thinking, communicative, dan Collaborative), dan HOTS (Higher Order Thinking Skill).

Berdasarkan analisis konteks yang dilakukan, SMP Model 7 sebagai satuan pendidikan yang diminati mayoritas penduduk di kota sekitar, dengan potensi wilayah/letak yang strategis di tengah perkotaan memiliki beberapa kekuatan diantaranya: 

  1. Input peserta didik berasal dari keluarga yang peduli terhadap kepentingan pendidikan; 
  2. Lingkungan gedung perkantoran yang memudahkan sekolah untuk melakukan koordinasi dan komunikasi; 
  3. Kultur masyarakat Madiun yang bernuansa ke-Mataraman (perpaduan budaya Jawa Tengah dan Jawa Timur); 
  4. Sarana pendukung layanan proses pembelajaran yang memadai; 
  5. Merupakan salah satu sekolah rujukan yang terletak di jantung Kota dengan lingkungan yang asri dan rindang; dan 
  6. Letak sekolah sangat strategis karena akses yang mudah.

Selain kekuatan/ kelebihan sebagaimana tersebut di atas, SMP Model 7 juga mempunyai beberapa kelemahan yaitu: 

  1. Sarana pendukung untuk pengembangan potensi/skill yang terbatas (tidak memiliki lapangan olahraga yang sesuai standar SNP); dan 
  2. Laboratorium IPA yang kurang representatif; namun hal tersebut tidak mengurangi semangat warga sekolah dalam belajar. Hal ini dibuktikan dengan prestasi yang pernah diperoleh baik itu akademik maupun non-akademik.

Masyarakat di sekitar SMP Model 7 sebagian besar adalah pegawai pemerintahan, BUMN, pegawai swasta dan sebagian lain adalah pedagang serta wiraswasta. Sebagai sekolah yang berada pada lingkungan perkotaan dan input peserta didik yang mayoritas dari dalam kota, serta kondisi kota yang tidak begitu luas dengan tidak memiliki sumber daya alam yang luas pula, maka profil pelajar yang dihasilkan adalah pelajar yang memiliki potensi mengkreasi ide dan keterampilan untuk mewujudkan daerahnya menjadi destinasi wisata wirausaha. 

Wisata wirausaha tersebut diantaranya adalah kerajinan batik, kuliner khas daerah, dan taman buatan kota. Dalam rangka meningkatkan potensi tersebut, SMP Model 7 mengadakan kerjasama dengan dunia usaha dan Sumber daya alam/lingkungan lain seperti yang ada di Kota. 

Kota dimana SMP Model 7 berlokasi, juga mempunyai budaya daerah yang menjadi ciri khas yaitu pendekar. Dalam rangka mewujudkan budaya daerah tersebut maka diwadahi dalam suatu kegiatan dengan nama “TUGU PENDIKAR SAKTI” (saTU Guru sebagai PENDIdik KARakter yang menghasilkan SAtu Karya presTasI peserta didik). 

Kegiatan ini dimaksudkan untuk menggali potensi pendidik dan peserta didik dalam pembentukan karakter peserta didik yang mampu bersaing dalam dunia global. Untuk memberikan layanan kebutuhan dan tuntutan masa depan peserta didik agar menjadi insan yang memiliki kemampuan daya saing di era generasi 4.0, dengan tetap menjunjung tinggi nilai luhur bangsa yang tersirat dalam sila-sila Pancasila serta mengembangkan cinta budaya daerah dan bangsa, maka SMP Model 7 menyusun Kurikulum Operasional sesuai dengan karakteristik peserta didik dan budaya lokal daerah setempat.

Peserta didik SMP Model 7 diharapkan mempunyai life skill yang berguna dan mampu mengaplikasikannya dalam masyarakat dan dunia Pendidikan. Sehingga harapan dari Pemerintah Kota Madiun untuk mencetak generasi yang mampu berdaptasi dengan perkembangan jaman akan terwujud. 

Salah satu upaya untuk mencapai harapan tersebut dilakukan melalui kreasi budaya literasi pada peserta didik. Sehingga peserta didik mampu menghasilnya salah satu karya yang mencerminkan profil pelajar Pancasila yang mampu bernalar kritis dan berkebhinekaan global. 

Capaian pembelajaran yang diharapkan adalah terciptanya profil pelajar yang beriman, bertaqwa kepada Tuhan YME dan berakhak mulia, yang mandiri, bernalar kritis, kreatif, bergotong royong dan berkebhinekaan global. Secara yuridis, Kurikulum Operasional SMP Model 7 disusun dengan mengacu pada peraturan perundangan terkait pendidikan yang berlaku baik itu dari pusat ataupun dari daerah. 

Sedangkan secara pedagogis, kurikulum Operasional SMP Model 7 mengacu pada kemampuan guru sebagai tenaga professional dalam pembelajaran dan penilaian.

Peningkatan profesionalisme guru, dilakukan dalam bentuk pelatihan bersifat praktik secara berkesinambungan. Hal tersebut merupakan komitmen untuk menjadi professional dalam layanan pada peserta didik.

Dengan mengambil salah satu nilai pendidikan dari Ki Hajar Dewantara yaitu 3N: NITENI (mengamati dengan teliti), NIROKKE (mencoba dengan cara meniru), NAMBAHI (mengembangkan dari yang sudah ditiru/yang sudah ada), dan dengan mempertimbangkan tuntutan di era 4.0, maka ditambahlah N yang keempat yaitu NGGAWE (mencipta/ membuat/ menghasilkan/ menemukan hal baru). 4N tersebut merupakan ciri khas pembelajaran yang akan dilakukan oleh peserta didik bersama guru di SMP Model 7.

Hal lain, dari perspektif pedagogis, yang dijadikan pertimbangan adalah UndangUndang Guru dan Dosen yang menyebutkan bahwa guru memiliki kesempatan untuk mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan belajar sepanjang hayat.

Dari landasan pedagogis dalam konteks merdeka belajar, proses belajar di SMP Model 7 berorientasi pada peserta didik dan bentuknya beragam, Pembelajaran sebagai aktivitas tim yang bersifat kolaboratif. 

Pembelajaran di SMP Model 7 yang terintegrasi dengan Profil Pelajar Pancasila secara umum bertujuan untuk membentuk karakter peserta didik yang yang bertaqwa kepada Tuhan YME dan berakhak mulia, berkebhinekaan global, mandiri, bernalar kritis, bergotong royong dan kreatif, inovatif yang mampu mengrekasikan ide/ gagasan berdasarkan kekhasan daerah yang tetap berakar pada budaya bangsa.

Penutup

Dengan telah selesainya Kurikulum Operasional SMP Model 7 pada tahun ajaran 2021/2022 maka salah satu pedoman dan acuan dalam kegiatan belajar mengajar telah dimiliki oleh SMP Model 7. 

Dengan mengacu pada peraturan perundangan yang berlaku maka SMP Model 7 menetapkan penggunaan dokumen Kurikulum Operasional SMP Model 7 tahun ajaran 2021/2022 ini.

Besar harapan kami, semoga Kurikulum Operasional SMP Model 7 ini memenuhi syarat sehingga rencana pengembangan SMP Model 7 dapat terlaksana dengan baik. 

Penyusun juga sangat mengharapkan dukungan dari berbagai pihak, khususnya guru, karyawan maupun para peserta didik serta masyarakat yang diwakili oleh orang tua peserta didik. 

Atas bantuan yang sudah diberikan kepada kami dari berbagai pihak, kami mengucapkan terima kasih. 

Semoga Kurikulum Operasional SMP Model 7 mampu menjadi sarana bagi sekolah untuk ikut mencerdaskan anak bangsa.

Contoh selengkapnya untuk Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) Tingkat SMP dapat di unduh di bawah ini:

Contoh 1 KOSP Tingkat SMP

Contoh 2 KOSP Tingkat SMP

Unduh KOSP 2 Lampiran

Terima Kasih. 

1 comment for "Contoh Kurikulum Operasional Tingkat SMP"

Comment Author Avatar
Terimakasih contoh kurikulumnya

* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.