Widget HTML #1

Tips Untuk Membuat Abstrak Pada Karya Ilmiah

Tips-Untuk-Membuat-Abstrak-Pada-Karya-Ilmiah

Di dalam pembuatan suatu karya ilmiah, pasti tidak terlepas dari adanya sebuah halaman abstrak. Membuat halaman abstrak perlu diketahui oleh siapa saja khususnya mereka yang sedang mengerjakan sebuah karya tulis ilmiah. 

Abstrak pada sebuah karya tulis ilmiah seperti skripsi merupakan instrumen penting yang berguna membantu pembaca untuk mengetahui resume atau rangkuman, atau istilah lainnya adalah intisari pada suatu penelitian yang telah dilakukan oleh seorang peneliti.

Halaman abstrak biasanya diletakkan pada lembar awal penelitian, ditulis dalam beberapa paragraf saja. Meskipun, tulisannya terlihat pendek dan sederhana, menulis abstrak memiliki ciri khas tersendiri, sehingga dalam tulisan yang pendek tersebut, penulis harus dapat merangkum hanya beberapa unsur yang penting-pentingnya saja dalam penelitian.

Tips Membuat Abstrak 

Berikut di bawah ini adalah tips ringan dan singkat untuk menulis abstrak pada suatu karya ilmiah: 

Menjelaskan Latar Belakang Masalah Pada Penelitian

Penelitian dipilih karena memiliki urgensi dan tujuan tertentu, maka pada bagian ini, perlu menjelaskannya secara singkat saja, apa-apa saja yang melatarbelakangi masalah tersebut, dan mengapa penelitian tersebut dilakukan. 

Menjelaskan Metode yang Digunakan Pada Penelitian

Metode penelitian adalah sebuah alat untuk menyelesaikan permasalahan pada suatu penelitian, maka metode adalah instrumen penting yang harus dijelaskan pada abstrak. 

Mendeskripsikan Hasil Penelitian 

Selanjutnya, pada bagian ini bertujuan menjelaskan secara singkat hasil penelitian, dapat berupa apa saja yang didapat saat melakukan penelitian, jelaskan secara umum saja. 

Menyimpulkan Hasil Penelitian 

Kesimpulan adalah suatu hal yang paling vital dalam suatu penelitian, dimana peneliti harus menyimpulkan keseluruhan penelitiannya hanya dengan beberapa kalimat saja. 

Berikan Kata Kunci di Akhir Paragraf 

Terakhir, kata kunci pada penelitian sangat berguna sekali untuk memudahkan pencarian secara online, kata kunci dapat dipilih dari kata-kata yang ada pada judul penelitian.

Demikian penjelasan singkat tentang tips dalam membuat anstark pada karya ilmiah, semoga bermanfaat.

Terima Kasih.

Post a Comment for "Tips Untuk Membuat Abstrak Pada Karya Ilmiah"