Widget HTML #1

Penting! Seputar Informasi Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan 2022

Seleksi Akademik PPG Daljab 2022

Tukang Ketik. Sesuai dengan amanat Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen pasal 8 yang menyebutkan bahwa Guru wajib memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikat pendidik, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. 

Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan merupakan salah satu kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk menyelesaikan dan menuntaskan sertifikasi guru dalam jabatan, sebagaimana yang diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru & Dosen.

Seperti diketahui bersama, bahwa PPG banyak melewati beberapa tahapan. Saat ini sedang menuju tahapan pretest/ seleksi akademik.

Pada Tahun 2022 PPG Dalam Jabatan akan dilaksanakan secara Dalam Jaringan (Daring) yang berbasis domisili. Untuk itu, berikut akan diinformasikan mengenai hal-hal apa saja yang perlu dilakukan oleh Guru peserta seleksi akademik, silahkan disimak ya.

Ketentuan Ujian Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan 2022

  1. Peserta wajib memenuhi ketentuan dan persyaratan perangkat Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan Berbasis Daring Domisili.

  2. Peserta wajib memenuhi persyaratan jaringan internet.

  3. Peserta wajib memenuhi tata tertib pelaksanaan ujian.

  4. Aplikasi Ujian di sisi peserta menggunakan aplikasi SEB (Safe Exam Browser).

  5. Instalasi SEB dan file konfigurasi SEB sepenuhnya menjadi tanggung jawab peserta.

  6. Informasi dan pengumuman terdapat di https://ppg.kemdikbud.go.id

  7. Panduan, video, dan file instalasi tersedia di https://uny.id/seleksi-ppg

Pengawas Ujian Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan 2022

Berikut di bawah ini adalah 3 (tiga) tugas utama pengawas Ujian Seleksi Akademik PPD Dalam Jabatan Daring berbasis domisili, yaitu sebagai berikut:

1. Mengkoordinasi dan Memastikan Peserta Siap Ujian 

  • H-2 sesi ujicoba, 

  • H-1 kontak kesiapan peserta, 

  • Memastikan komunikasi dalam grup WA sudah terjalin, 

  • Memastikan kesiapan perangkat dan aplikasi ujian pada peserta.

2. Melakukan Pengawasan Ujian

  • Hari H melaksanakan kepengawasan, 

  • Menyambut peserta yang memasuki zoom,

  • Verifikasi identitas peserta, 

  • Verifikasi perangkat peserta (kabel terhubung hanya charger, mouse, jaringan/ internet, selain itu dilarang), 

  • Verifikasi lingkungan peserta (tidak ada monitor lain, tidak ada orang lain, tidak ada alat perekam), 

  • Penegakan tata tertib sesuai dengan POB.

3. Membantu Masalah Teknis Peserta

  • Berpedoman pada POB dari Tim Seleksi, 

  • Konsultasi teknis dengan helpdesk/ IT Support melalui grup telegram.

Aplikasi Ujian Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan 2022

Aplikasi untuk Ujian Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan 2022 menggunakan Aplikasi Safe Exam Browser (SEB). Informasi lebih lanjut tentang SEB dapat dilihat disini.

  • Aplikasi Ujian di sisi peserta menggunakan SEB (Safe Exam Browser).

  • Peserta wajib memenuhi ketentuan peralatan dan koneksi internet untuk mengikuti Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan.

  • Instalasi SEB dan file konfigurasi SEB ujian menjadi tanggung jawab peserta.

  • Waktu Ujian adalah 150 Menit dengan soal sebanyak 120 butir.

  • Waktu ujian harus dipenuhi, pilihan jawaban akan langsung tersimpan ketika klik simpan atau ragu-ragu.

  • Pilihan jawaban yang ditandai ragu-ragu tetap akan disimpan.

  • Jika ada gangguan koneksi, timer soal akan berhenti dan berjalan lagi Ketika aplikasi ujian terkoneksi Kembali.

  • Ketika waktu habis aplikasi ujian akan tertutup dan muncul halaman yang menandakan selesai/ jeda ujian.

Masalah Instalasi Aplikasi Ujian Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan 2022

Berikut beberapa maslah yang muncul dalam instalasi dan penggunaan aplikasi ujian seleksi akademik PPG Dalam Jabatan 2022:

  • Masalah umum instalasi (yang terkait dengan sistem operasi) ➔ cara penanganan sudah terdapat pada panduan instalasi aplikasi SEB Ujian.

  • Masalah hardware (Sistem Operasi bermasalah, perangkat tidak support, keyboard error, mouse error, Wifi/LAN error) ➔ ganti perangkat.

  • Koneksi internet (Sinyal tidak kuat, koneksi internet tidak stabil, akses ke server ujian atau Zoom tidak baik) ➔ cek posisi, cek koneksi provider ➔ pindah tempat ujian, ganti provider internet.

Prosedur Pelaksanaan Ujicoba Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan 2022

  1. Peserta telah menyiapkan perangkat dan aplikasi 30 menit sebelum jadwal ujicoba ➔Peserta menerima undangan masuk ke dalam Grup WhatsApp (WAG) dari Pengawas dan merespon komunikasi dari Pengawas tentang kesiapan perangkat dan aplikasi.

  2. Peserta membuka aplikasi dan masuk ke Zoom pada HP melalui link Zoom meeting yang diterima dari Pengawas.

  3. Peserta menjalani proses verifikasi oleh Pengawas.

  4. Saat jadwal ujicoba tiba, peserta melakukan Login dengan menginputkan nomor peserta ujian dan kode validasi yang terdapat pada Formulir Seleksi Akademik, serta Kode Masuk. Kode Masuk akan diinformasikan oleh Pengawas sesaat sebelum ujian dimulai.

  5. Peserta melakukan ujicoba Seleksi PPG Akademik Dalam Jabatan sesuai arahan Pengawas dan memastikan sudah memahami seluruh aspek penggunaan aplikasi ujian.

  6. Saat ujicoba berakhir, tampilan soal akan langsung tertutup dan muncul halaman akhir ujian, tunggu arahan Pengawas.

  7. Sesi ujicoba diakhiri oleh Pengawas, peserta dapat menutup aplikasi ujian dan mengakhiri Zoom meeting.

Acuan Waktu Ujian (Tentatif) Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan 2022

Sesi Pagi

  • • 07.30 – 08.00 WIB : Pengawas hadir di lokasi kepengawasan

  • • 08.00 – 09.00 WIB : Verifikasi identitas, kesiapan, lingkungan Peserta

  • • 09.00 – 11.30 WIB : Ujian Seleksi Akademik

Sesi Siang

  • • 11.30 – 12.30 WIB : Pengawas hadir di lokasi kepengawasan

  • • 12.30 – 13.30 WIB : Verifikasi identitas, kesiapan, lingkungan Peserta

  • • 13.30 – 16.00 WIB : Ujian Seleksi Akademik

Informasi Lainnya Terkait Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan 2022

Tips Cek Koneksi

Koneksi Internet

Untuk memastikan bahwa koneksi internet Anda lancar dan stabil, cobalah untuk memutar video Youtube dengan kualitas 720p dari HP/ Laptop Anda. 

Jika tidak terjadi buffering, dipastikan jaringan internet di tempat Anda ujian lancar. 

Jika terjadi buffering dan itu lebih dari 10 detik, maka bersegeralah untuk mencari jaringan internet yang lebih baik. 

Tidak ada toleransi mengulang ujian apabila terhenti di tengah jalan (lebih dari 5 menit) karena jaringan internet terputus. 

Jika menggunakan tethering HP untuk akses internet, sebaiknya internet HP untuk Zoom dan internet laptop untuk aplikasi ujian tidak dari satu sumber.

Paket Data (Khusus pengguna internet NON-WIFI)

Dimohonkan untuk peserta yang mengandalkan paket data (telkomsel, three, indosat, XL, Axis) harap dapat menyediakan minimal paket data sebesar 10GB.

Tidak ada toleransi mengulang ujian apabila terhenti di tengah jalan (lebih dari 5 menit) karena kehabisan paket data.

Penting untuk Diperhatian!

  • Kendala apapun mengenai soal, peserta DILARANG MEMOTRET SOAL. Cukup informasikan ke Pengawas ➔ No Daftar Ujian, Bidang Studi, Nomor Soal.

  • Peserta harus memastikan bidang Studi-nya sudah sesuai, segera lapor pengawas jika ada ketidaksesuaian.

  • Jika ada “keanehan” pada aplikasi ujian, segera laporkan pada pengawas.

  • Konten soal seperti apa adanya, tidak dapat didiskusikan dengan pengawas.

  • Selesai ujian mohon waspada terhadap upaya tindak penipuan yang mengatasnamakan panitia, pengawas, dan/atau LPTK yang menyatakan perihal hasil keikutsertaan Seleksi, kelayakan hasil ujian Seleksi, dan/atau kelulusan dalam Seleksi. Jika ada MOHON DIABAIKAN!

Jadwal Ujicoba

8 April 2022 (Untuk peserta tes tanggal 9 dan 10 April)

  • Sesi ke 1= Sesi 1

  • Sesi ke 2= Sesi 2

  • Sesi ke 3= Sesi 3

  • Sesi ke 4= Sesi 4

11 April 2022 (Untuk peserta tes tanggal 12 dan 13 April)

  • Sesi ke 1= Sesi 5

  • Sesi ke 2= Sesi 6

  • Sesi ke 3= Sesi 7

  • Sesi ke 4= Sesi 8

16 April 2022 (Untuk peserta tes tanggal 17 dan 18 April)

  • Sesi ke 1= Sesi 9

  • Sesi ke 2= Sesi 10

  • Sesi ke 3= Sesi 11

  • Sesi ke 4= Sesi 12

19 April 2022 (Untuk peserta tes tanggal 20 dan 21 April)

  • Sesi ke 1= Sesi 13

  • Sesi ke 2= Sesi 14

  • Sesi ke 3= Sesi 15

  • Sesi ke 4= Sesi 16

22 April 2022 (Untuk peserta tes tanggal 23 dan 24 April)

  • Sesi ke 1= Sesi 17

  • Sesi ke 2= Sesi 18

  • Sesi ke 3= Sesi 19

  • Sesi ke 4= Sesi 20

JADWAL TES/ PRA-SELEKSI SESUAI DENGAN JADWAL YANG TERTERA PADA KARTU PESERTA

Persiapan Ujian

Peserta sudah berhasil masuk ke laman ujian, maksimal H-1 ujian, (klik file konfigurasi SEB).

Pelaksanaan Ujian

Persiapan Ujian

  • Peserta diminta mengirimkan kartu peserta ujian dan kartu identitas (KTP/SIM) melalui WA ke nomor pengawas melalui jalur pribadi atau japri (bukan ke grup).

  • Pengawas menyampaikan undangan zoom melalui grup WA peserta, paling lambat 45 menit sebelum pelaksanaan ujian.

  • Semua HP peserta dalam posisi mode suara “hening” untuk panggilan WA dan panggilan telepon. Akan tetapi, mikrofon zoom dalam posisi unmute.

  • Pengawas memverifikasi kartu peserta ujian, data identitas (KTP), pakta integritas bertanda tangan, dan foto selfie yang ada di WA melalui wajah yang tampil di zoom satu persatu.

  • Untuk setiap peserta, setelah verifikasi wajah, pengawas melakukan verifikasi ruang ujian dengan cara peserta diminta mengarahkan kamera zoom HP ke sekeliling ruang untuk memastikan tidak ada orang lain di sekitar peserta, termasuk menunjukkan meja tempat laptop peserta (bersih dari coretan dan tidak ada kertas bertulisan). Kertas kosong, satu alat tulis, botol transparan berisi air, dan obat boleh diletakkan di meja. Laptop bersih dari kabel lain (kecuali kabel charger).

  • Pengawas mengecek posisi peserta melalui zoom (dari HP peserta) yang diletakkan di sisi kanan atau kiri dengan jarak sekitar dua meter dan mengatur posisi mereka jika ada yang belum sesuai.

  • Pengawas mempersilakan peserta ke toilet sebelum seleksi akademik dimulai (bagi yang memerlukan).

  • Peserta menuliskan ID login yang dibacakan pengawas.

Saat Ujian

  • Peserta wajib emeriksa kesesuaian soal dengan bidang studi peserta.

  • Jika ada yang mencurigakan, pengawas perlu menegur peserta dengan tegas.

  • Peserta ikut sampai menit terakhir (Peserta mendapatkan hak mengerjakan selama 2,5 jam (150 menit). Peserta yang sudah selesai sebelum 2,5 jam tidak boleh meninggalkan tempat.

  • Apabila peserta tidak tampak pada zoom. Silakan dikomunikasikan dengan peserta, apalagi jika sudah lebih dari lima menit tidak tampak atau jika ada kejadian khusus lainnya.

  • Dan apabila lebih dari 10 menit peserta tidak Nampak pada video zoom, maka UJIAN akan dihentikan.

Selesai Ujian

  • Peserta supaya menunjukkan coretan di kertas yang tersedia di dekat laptop (jika ada) dan peserta merobek kertas coretan menjadi robekan kecil (dirobek berkali-kali).

  • Peserta untuk mengisi kuesioner setelah menyelesaikan ujian. Tautan kuesioner monev peserta dikirim melalui grup WA.

  • Pengawas mengakhiri ujian dengan kalimat penutup, memastikan seluruh peserta sudah keluar dari aplikasi ujian dan zoom, kemudian mengakhiri zoom.

Demikian Seputar Informasi Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan 2022 yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat. Semoga sukses.

Terima Kasih.

Post a Comment for "Penting! Seputar Informasi Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan 2022"