Widget HTML #1

Buku Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Budaya Kerja

Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Budaya Kerja

Tukang Ketik. Buku Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Budaya Kerja ini disusun untuk membantu pendidik dan kepala satuan pendidikan dalam mengembangkan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Budaya Kerja. 

Buku panduan ini diharapkan menjadi salah satu sumber informasi yang dapat dirujuk oleh pendidik dalam merancang dan melaksanakan projek.

Panduan ini memuat prinsip-prinsip, komponen-komponen, tahapan, kriteria output setiap tahapan perencanaan dan pelaksanaan projek, strategi serta contoh-contoh pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Budaya Kerja pada pembelajaran paradigma baru.

Sebagai salah satu sumber informasi, penjelasan mengenai strategi, contoh-contoh serta format dalam panduan ini hanya merupakan contoh, bukan sesuatu yang harus diikuti sepenuhnya atau keseluruhan. 

Pendidik dapat menggunakan rujukan, strategi dan format lain untuk merancang dan melaksanakan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Budaya Kerja, selama hasil yang diharapkan memenuhi kriteria output pada setiap tahapan dan memenuhi prinsip pembelajaran dan asesmen yang telah ditetapkan dalam Kemendikbudristek-Dikti tentang satuan pendidikan Penggerak dan SMK Pusat Keunggulan.

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Budaya Kerja merupakan upaya untuk mencapai Profil Pelajar Pancasila dengan menggunakan Pembelajaran Paradigma Baru.

Oleh karena itu, pemahaman mengenai Profil Pelajar Pancasila dan Pembelajaran Paradigma Baru perlu diupayakan dengan penuh kesungguhan. 

Selain infomasi dari panduan ini, pendidik dapat mempelajari kedua konsep tersebut dengan mengakses dokumen terkait lainnya.

Buku panduan ini berisi prinsip-prinsip pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Budaya Kerja, dibuat untuk mendampingi dokumen lain yang mempunyai peran saling melengkapi.
Dokumen Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Budaya Kerja dibuat untuk membantu guru dan pimpinan sekolah dalam mengembangkan projek untuk memperkuat kompetensi Profil Pelajar Pancasila.

Buku ini berisi prinsip-prinsip pengembangan pembelajaran berbasis projek untuk menguatkan profil Pelajar Pancasila dan dibuat untuk mendampingi dokumen lain yang mempunyai peran saling melengkapi. 

Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih menyeluruh, buku ini sebaiknya dipakai bersamaan dengan dokumen Profil Pelajar Pancasila yang berisi matriks perkembangan profil termasuk elemen dan sub-elemennya, dokumen Paradigma Pembelajaran Baru, serta dokumen contoh modul projek.

Buku ini memberikan gambaran prinsip-prinsip dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi kegiatan projek dan disertai pertanyaan pemantik untuk memandu guru mengembangkan alur berpikir projek. 

Contoh rinci mengenai pemetaan elemen dan sub-elemen terhadap tema dan aktivitas projek serta pengembangan pelaksanaan dan asesmen projek dapat ditemukan di dokumen lain, yakni pada dokumen contoh modul projek yang sudah disusun sesuai tema dan fase tertentu.

Dokumen ini dibuat sebagai salah satu sumber informasi yang dapat dirujuk oleh guru dalam merancang dan melaksanakan projek. 

Penjelasan mengenai strategi, contoh-contoh serta format dalam dokumen ini tidak mengikat, bukan merupakan sesuatu yang bersifat regulatif. 

Guru dapat menggunakan strategi dan format lain untuk merancang dan melaksanakan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Budaya Kerja, selama hasil yang diharapkan memenuhi kriteria output pada setiap tahapan dan memenuhi prinsip pembelajaran dan asesmen yang telah ditetapkan oleh Kemendikbudristek tentang Sekolah Penggerak dan SMK Pusat Keunggulan.

Dokumen ini adalah buku edisi pertama yang akan diupayakan untuk terus dikembangkan. 

Selengkapnya mengenai Buku Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Budaya Kerja dapat dilihat dan diunduh pada tab unduhan di bawah ini:

Post a Comment for "Buku Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Budaya Kerja"