Widget HTML #1

Buku Pedoman Program Kesehatan Reproduksi di Satuan Pendidikan Jenjang SMP

Pedoman Program Kesehatan Reproduksi


Tukang Ketik - Buku Pedoman Program Kesehatan Reproduksi di Satuan Pendidikan Jenjang SMP ini bertujuan untuk menjadi sumber rujukan/ referensi bagi berbagai pihak yang berkepentingan dalam melaksanakan program kesehatan reproduksi melalui UKS di satuan pendidikan menengah tingkat SMP.

Sejak dirilisnya Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) dengan dibentuknya Panitia Bersama Usaha Kesehatan Sekolah pada tahun 1970 dan diperkuat tahun 1984 dengan terbitnya SKB 4 Menteri yaitu Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan dan Menteri Dalam Negeri yang diperbaharui pada tahun 2003, maka UKS merupakan salah satu program yang langsung berhubungan dengan peserta didik. 

Dalam Peraturan Bersama tersebut dinyatakan bahwa membina, mengembangkan, meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat kepada peserta didik dilaksanakan secara terencana dan bertanggungjawab melalui program pendidikan kegiatan kurikuler, ekstrakurikuler dan usaha-usaha lain di luar sekolah yang menunjang perilaku hidup dan bersih.

Usaha Kesehatan Sekolah/ Madrasah (UKS/ M) adalah kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan kesehatan anak usia sekolah pada setiap jalur, jenis, dan jenjang pendidikan. 

Yang bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan dan prestasi belajar peserta didik dengan meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat serta menciptakan lingkungan pendidikan yang sehat, sehingga memungkinkan pertumbuhan dan perkembangan yang harmonis peserta didik.

Sebagai salah satu upaya dalam memberikan gambaran pengelolaan dan pengembangan Program UKS kepada pemerintah daerah, sekolah hingga peserta didik, Direktorat Sekolah Menengah Pertama telah menyusun NSPK UKS berupa Pedoman Usaha Kesehatan Sekolah Jenjang SMP Tahun 2021.

Adapun secara khusus tujuan Buku Pedoman Program Kesehatan Reproduksi di Satuan Pendidikan Jenjang SMP ini adalah untuk:

  • Memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang program Kesehatan Reproduksi di satuan pendidikan menengah tingkat SMP;

  • Memberikan pengetahuan dan pemahaman serta keterampilan untuk mengidentifikasi, merencanakan, dan melaksanakan program kesehatan reproduksi melalui UKS;

  • Memberikan keterampilan dalam hal pengelolaan dan manajerial program kesehatan reproduksi di satuan pendidikan menengah tingkat SMP; dan

  • Memberikan pengetahuan akan praktikpraktik baik program kesehatan reproduksi di SMP sehingga dapat menjadi sumber sumber inspirasi rancangan program dan kegiatan UKS di satuan pendidikan menengah tingkat SMP.

Selanjutnya, Buku Pedoman Program Kesehatan Reproduksi di Satuan Pendidikan Jenjang SMP ini ditujukan antara lain kepada pihak-pihak berikut ini:

  • Tim Pembina UKS Provinsi/Kabupaten/ Kota/ Kecamatan

  • Dinas Pendidikan Kabupaten/ Kota

  • Tim Pelaksana UKS di satuan pendidikan menengah tingkat SMP

  • Komite sekolah di satuan pendidikan menengah tingkat SMP

Demikianlah informasi mengenai Buku Pedoman Program Kesehatan Reproduksi di Satuan Pendidikan Jenjang SMP, semoga dapat bermanfaat.

Untuk informasi selengkapnya terkait Buku Pedoman Program Kesehatan Reproduksi di Satuan Pendidikan Jenjang SMP dapat di download pada tab unduhan di bawah ini:


Post a Comment for "Buku Pedoman Program Kesehatan Reproduksi di Satuan Pendidikan Jenjang SMP"