Widget HTML #1

Contoh Format Rencana Induk Pengembangan Sekolah (RIPS)

Rencana Induk Pengembangan Sekolah (RIPS)


Tukang Ketik -  Contoh Format Rencana Induk Pengembangan Sekolah (RIPS) dapat Anda download di bawah nanti.

Pada kesempatan kali ini Admin akan membagikan Contoh Format Rencana Induk Pengembangan Sekolah (RIPS) bagi satuan pendidikan atau sekolah yang memerlukan contoh formatnya.

Gelombang peradaban keempat yang saat ini dikenal dengan era pendidik 4.0 memaksa kita menyesuaikan seluruh kerangka sendi dan perangkat kerja pada setiap segmen kehidupan, termasuk pengelolaan sekolah. 

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sangat pesat menuntut kepala sekolah atau satuan pendidikan untuk mengembangkan kompetensinya secara berkelanjutan. 

Inovasi menjadi kunci paling utama di era industri 4.0 yang menuntut kepala sekolah membentuk peserta didik memiliki kompetensi abad 21 yang mampu berfikir kritis, kreatif, kolaboratif, dan komunikatif. 

Peserta didik yang berkualitas merupakan keluaran (output) dari sistem persekolahan yang baik. 

Kepala sekolah menjadi aktor utama yang mengelola masukan (input), proses, dan keluaran (output) dengan berpedoman pada Standar Nasional Pendidikan (SNP) pada satuan pendidikan yang dipimpinnya.

Salah satu kebijakan prioritas Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan adalah peningkatan kompetensi kepala sekolah yang mampu berpikir visioner dalam memimpin dan mengelola sekolahnya. 

Target utamanya adalah membangun tata kelola dan budaya mutu di sekolah yang berdaya saing tinggi.

Perencanaan sekolah adalah suatu proses untuk menentukan tindakan masa depan sekolah yang tepat, melalui urutan pilihan, dengan memperhitungkan sumberdaya yang tersedia. 

Rencana Induk Pengembangan Sekolah (RIPS) adalah penjabaran Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang menekankan bahwa sistem pendidikan nasional harus mampu menjamin pemerataan kesempatan pendidikan, peningkatan mutu serta relevansi dan efisiensi manajemen pendidikan untuk menghadapi tantangan sesuai dengan tuntutan perubahan kehidupan lokal, nasional, dan global sehingga perlu dilakukan pembaharuan pendidikan secara terencana, terarah, dan berkesinambungan. 

Oleh karena itu dengan adanya pedoman kerja yang jelas, maka perjalanan roda pendidikan akan lebih lancar, berdaya guna dan berhasil guna.

Rencana Induk Pengembangan Sekolah adalah dokumen tentang gambaran kegiatan sekolah di masa depan dalam rangka untuk mencapai perubahan/ tujuan sekolah yang telah ditetapkan.

Oleh karena itu dipandang sangat penting untuk menyusun RIPS sebagai pedoman penyelenggaraan kebijakan dan operasional pendidikan yang diharapkan dapat menjadi solusi sekolah/ satuan pendidikan bisa berkembang dan berkualitas dimasa mendatang.

Contoh format Rencana Induk Pengembangan Sekolah (RIPS) ini merupakan garis besar dan pedoman pengembangan pada satuan pendidikan atau sekolah dan menjadi acuan penyusunan rencana strategi, rencana kerja dan anggaran, baik pada saat ini maupun di masa yang akan datang.

Untuk informasi selengkapnya mengenai Contoh Format Rencana Induk Pengembangan Sekolah (RIPS) dapat di download pada tab unduhan di bawah ini:

 

Format RIPS

 

Demikianlah informasi mengenai Contoh Format Rencana Induk Pengembangan Sekolah (RIPS) yang dapat Admin bagikan pada kesempatan kali ini, semoga dapat bermanfaat.

Terima Kasih. 

Post a Comment for "Contoh Format Rencana Induk Pengembangan Sekolah (RIPS)"