Widget HTML #1

Contoh LK 5 - PRO 1 Sesi 5 Identifikasi Masalah Pada Pembelajaran PAI

Contoh LK 5


Tukang Ketik - Contoh LK 5 - PRO 1 Sesi 5 Identifikasi masalah pada pembelajaran PAI.

Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) adalah Pengembangan Kompetensi Guru yang dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan bertahap, berkelanjutan (Peraturan Menteri Agama No. 38 Tahun 2018).

Adapun persyaratan untuk mengikuti PPKB - GPAI adalah sebagai berikut:

  • Guru Pendidikan Agama Islam

  • Terdata pada Aplikasi EMIS dan SIAGA

  • Telah Mengikuti Pemetaan Kompetensi secara Online (PK Online)


Berikut di bawah ini Admin akan membagikan Contoh LK 5 - PRO 1 Sesi 5 Identifikasi masalah pada pembelajaran PAI pada Modul SD SMP SMA SMK Profesional 1:

 

Pertanyaan:

  • 1.    Apa yang anda ketahui tentang kemampuan peserta didik anda dalam memahami elemen PAI

  • 2.    Sebutkan sebab kesulitan mereka dalam belajar PAI?

  • 3.    Apa usaha yang anda lakukan untuk meminimize kesulitan belajar PAI mereka ?

  • 4.    Apa tantangan pembelajaran PAI di abad 21 ?



Jawaban:

  • 1.    Pendidikan Agama Islam (PAI) adalah pendidikan yang terencana untuk menyiapkan peserta didik dalam meyakini, memahami, manghayati, dan mengamalkan ajaran Islam melalui kegiatan bimbingan, pengajaran dan atau latihan. Bidang studi Pendidikan Agama Islam (PAI) meliputi: Akidah-Akhlaq, Qur’an-Hadis, Fiqh, dan Sejarah Kebudayaan Islam (SKI). Pendekatan dalam Materi PAI Paling tidak dalam pembelajaran kita harus memahami dua pendekatan: pertama, pendekatan Content Treatment Interactions (CTI) yang berasumsi bahwa suatu pembelajaran tidak akan selalu cocok untuk setiap jenis isi materi pembelajaran yang diajarkan. Kedua, pendekatan Attitude Treatment Interaction (ATI) yang berasumsi bahwa suatu perlakuan pembelajaran tidak akan selalu cocok untuk setiap keunikan karakteristik individu peserta didik (siswa). Dalam pembelajaran PAI idealnya kita dapat memberikan secara terpadu dan menyeluruh.

  • 2.    (1). Kesulitan dalam Membaca dan Memahami Al-Qur’an.  (2).    Kesulitan dalam Menerapkan Kaidah berpikir mengenai Aqidah. (3).    Kesulitan dalam Menerapkan Pola Pikir Pembelajaran Fiqh dan Istinbath al-hukm. (4).    Kesulitan dalam Menerapkan Nilai Perilaku Sehari-hari. (5).    Kesulitan dalam menentukan ibrah dan mengaitkannya dengan konteks kekinian.

  • 3.    Strategi pembelajaran merupakan peran yang begitu penting di dalam berlangsungnya kegiatan belajar mengajar. Guru PAI di SD menggunakan strategi kontekstual dalam mengatasi kesulitan proses kegiatan belajar mengajar. Strategi pembelajaran kontekstual adalah strategi pembelajaran yang bersifat holistik dan bertujuan membantu para siswa untuk memahami makna dari materi pembelajaran dengan mengaitkannya terhadap konteks kehidupan mereka. Dengan strategi ini kesulitan kegiatan belajaran mengajar pada pelajaran PAI di SD dapat di diminimalisir. Selain dari strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru PAI di SD dalam mengatasi kesulitan kegiatan belajar mengajar di kelas, terdapat juga beberapa faktor pendukung dan penghambat dalam mengatasi kesulitan kegiatan belajar mengajar di SD khususnya pada pelajaran PAI. Adapun faktor pendukungnya ialah inovasi strategi pembelajaran, bantuan fasilitas media pembelajaran sekolah terhadap guru dan koordinasi yang baik antara orang tua dan guru.

  • 4.    Pembelajaran PAI abad 21 memiliki sejumlah tantangan dan peluang, dengan melihat refleksi pada saat PJJ masa covid-19 dapat disimpulkan bahwa tantangan PAI dalam menghadapi pembelajaran abad 21 adalah kesejangan digital, peran guru yang tereduksi serta kompetensi SDM yang kurang. Menurut Nanang Fattah (2012), diantara masalah- masalah yang akan dihadapi oleh pendidikan islam abad 21 adalah : Perang ideologi, antara ideologi orientalis, oxidentalis, kaum fundamentalis dan lainnya.

 

Demikianlah Contoh LK 5 - PRO 1 Sesi 5 Identifikasi masalah pada pembelajaran PAI di atas yang dapat Admin bagikan kepada Anda semua, semoga bermanfaat.

Terima Kasih.

Post a Comment for "Contoh LK 5 - PRO 1 Sesi 5 Identifikasi Masalah Pada Pembelajaran PAI"