Widget HTML #1

Modul Bimtek Profesional 1 SD, SMP, SMA, dan SMK PPKB - GPAI

Modul Bimtek Profesional 1


Tukang Ketik -  Modul Bimtek Profesional 1 SD, SMP, SMA, dan SMK PPKB - GPAI merupakan tema kali yang akan Admin sampai kepada semua untuk pengunjung Blog Tukang Ketik.

Modul Bimtek Profesional 1 SD, SMP, SMA, dan SMK PPKB - GPAI dapat Anda unduh diakhir postingan nanti yang akan Admin bagikan.

PPKB - GPAI merupakan salah satu program yang dirancang untuk mewujudkan terbentuknya GPAI yang profesional dalam melaksanakan tugasnya sebagai ujung
tombak keberhasilan pembelajaran. 

PPKB - GPAI merupakan inisiasi yang baik untuk meningkatkan kualitas dan profesionalitas GPAI di sekolah. 

Guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah (SD, SMP, SMA, dan SMK) memiliki peran penting bagi penumbuhan perilaku beragama di tengah kehidupan berbangsa dan bernegara yang majemuk. 

Oleh karena itu, Ikhtiar untuk meningkatkan kualitas Guru Pendidikan Agama Islam (GPAI) di sekolah terus dilakukan oleh Direktorat Pendidikan Agama Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama. 

Hal ini diwujudkan dengan berbagai inovasi agar penyelenggaraan PAI di sekolah mengalami kemajuan secara berkelanjutan sesuai dengan tantangan dan perkembangan dunia pendidikan. 

Salah satunya adalah melalui Program  Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru Pendidikan Agama Islam (PPKB - GPAI).

PPKB - GPAI diproyeksikan sebagai bentuk peningkatan kualitas penyelenggaraan PAI, utamanya dari sisi kompetensi dan profesionalitas GPAI. 

Program yang dikembangkan oleh Direktorat Pendidikan Agama Islam ini merupakan wujud penguatan layanan standar kompetensi GPAI agar kualitas, kompetensi, dan karir mereka semakin meningkat.

Secara umum tujuan PPKB-GPAI adalah untuk meningkatkan kualitas layanan PAI
di sekolah dalam rangka peningkatan mutu PAI. 

Program ini difokuskan untuk pengembangan keprofesian GPAI yang mencakup 6 (enam) kompetensi, yaitu sebagai berikut:

  • Kompetensi pedagogik, 

  • Kompetensi kepribadian, 

  • Kompetensi sosial, 

  • Kompetensi profesional, 

  • Kompetensi spiritual, dan 

  • Kompetensi leadership. 

Proses dan kegiatan dalam program ini dirancang untuk meningkatkan sikap, pengetahuan, dan keterampilan profesional GPAI di sekolah yang dilaksanakan secara berjenjang dan berkesinambungan dalam rangka peningkatan kinerja dan pemenuhan kompetensi profesional GPAI di sekolah.

Dalam implementasinya, PPKB-GPAI membutuhkan desain bimtek yang sesuai dengan standar kompetensi dan profesionalitas. 

Untuk itu diperlukan suatu modul bimtek yang dapat memandu proses bimtek PPKB - GPAI, sekaligus mengatur pelaksanaan bimtek secara tertib dan tersistem.

Melalui PPKB - GPAI ini diharapkan menjadi sarana bagi terwujudnya GPAI yang kompeten dan profesional.

Direktorat Pendidikan Agama Islam telah menerbitkan buku Modul Bimtek PPKB - GPAI. 

Buku modul kali ini merupakan penyempurnaan (revisi) dari modul yang sebelumnya telah dipakai pada tahun 2018. 

Pada modul kali ini dijabarkan tentang integrasi moderasi beragama dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah sebagai salah satu isu sentral yang diarusutamakan oleh Kementerian Agama.

Selayaknya sebuah modul, buku ini berisi dua bagian yaitu bagian desain bimtek dan bagian materi bimtek. 

Modul ini merupakan pegangan bagi pelatih dan peserta bimtek PPKB - GPAI. 

Dalam modul ini diuraikan secara terperinci tentang metode, bahan, dan konten penyelenggaraan bimtek PPKB - GPAI bagi Pelatih Nasional (PN), Pelatih Provinsi (PP), maupun Pelatih Daerah (PD) tingkat kabupaten/ kota. 

Modul ini selain mempermudah proses bimtek, juga diharapkan dapat menjadi standar kualitas penyelenggaraan bimtek PPKB - GPAI, sehingga dapat berlangsung dengan baik dan lancar. 

Demikianlah informasi yang dapat Admin sampaikan dan Admin juga akan membagikan file Modul Bimtek Profesional 1 SD, SMP, SMA, dan SMK PPKB - GPAI.

Untuk informasi mengenai Modul Bimtek Profesional 1 SD, SMP, SMA, dan SMK PPKB - GPAI selengkapnya dapat Anda unduh pada tab unduhan di bawah ini:


Modul Bimtek Profesional 1

 

Semoga dapat memberikan manfaat bagi semua pihak dan nantinya dapat meningkatkan mutu PAI.

Terima Kasih.

Post a Comment for "Modul Bimtek Profesional 1 SD, SMP, SMA, dan SMK PPKB - GPAI"