Widget HTML #1

Modul Implementasi Moderasi Beragama dalam Pendidikan Islam

Moderasi Beragama


Tukang Ketik - Modul Implementasi Moderasi Beragama dalam Pendidikan Islam merupakan tema kali ini yang akan Admin bagikan kepada Anda semua.

Modul Implementasi Moderasi Beragama dalam Pendidikan Islam dapat Anda unduh nanti diakhir postingan ini.

Penyusunan Modul Implementasi Moderasi Beragama dalam Pendidikan Islam ini dimaksudkan sebagai bahan rujukan dalam proses penyelenggaraan pendidikan Islam yang meliputi kegiatan belajar-mengajar, penyusunan buku-buku teks atau buku ajar di lingkungan pendidikan Islam, penyusunan soal-soal ujian, atau sebagai pegangan untuk para guru, dosen, pengasuh pesantren serta para pengelola pendidikan Islam lainnya. 

Termasuk juga menjadi landasan dalam kegiatan lainnya seperti dalam forum-forum diskusi dan pembekalan untuk penguatan moderasi beragama di lingkungan Kementerian Agama.

Begitu pentingnya Modul Implementasi Moderasi Beragama dalam Pendidikan Islam pedoman ini, sehingga ditetapkan dalam Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor: 7272 Tahun 2019 tentang Pedoman Implementasi Moderasi Beragama Dalam Pendidikan Islam.

Pendidikan Islam memiliki peran penting dalam menjawab problematika yang terjadi di masyarakat. 

Selain menjadi pusat studi ilmu-ilmu keislaman, pendidikan Islam memiliki tanggung jawab untuk menjembatani munculnya berbagai persoalan sosial yang terjadi di masyarakat, terutama yang bersinggungan dengan nuansa paham keagamaan. 

Di tengah-tengah status sosial kemasyarakatan yang beragam latar belakang, pendidikan Islam masih dihadapkan dengan munculnya sentimental paham keagamaan yang dipicu oleh perbedaan cara pandang dalam memahami agama. 

Pada saat tertentu, nuansa paham keagamaan akan mengarah pada konflik horizontal yang meluas ketika institusi keagamaan tidak mampu menjembatani berbagai paham keagamaan yang terjadi, terutama pada sebagian kelompok masyarakat yang cenderung kurang memahami realitas perbedaan dan sempit wawasan pemahaman keagamaannya. 

Secara umum, terdapat alasan penting untuk menghubungkan antara pendidikan Islam dengan moderasi, yaitu terkait penguatan pemahaman tentang moderasi dan paham keagamaan dalam pendidikan Islam. 

Alasan penguatan pemahaman keagamaan ini memiliki hubungan yang tidak bisa dipisahkan dengan upaya untuk menanggulangi munculnya pemikiran keagamaan konservatif yang masih enggan menerima realitas keragaman dan perbedaan. 

Pemahaman keagamaan tersebut secara umum lebih cenderung mengarah pada upaya memunculkan identitas baru dalam mengekspresikan sikap keagamaannya yang resisten terhadap budaya dan kearifan lokal, bahkan mengarah pada sikap enggan untuk menerima dasar negara. 

Paham keagamaan tersebut memiliki keinginan militan dan kuat untuk menjadikan tafsir paham keagamaannya sebagai sistem negara yang diilhami oleh narasi ideologi seperti ideologi kebangkitan Islam dengan cita-cita untuk mendirikan sistem kepemimpinan Islam global semacam khilafah, darul Islam, maupun imamah. 

Konsekuensinya, sikap resisten dan keengganan tersebut kemudian menjadikan ideologi ini lebih mengarah kepada gerakan ekstrem, radikal, dan intoleran (Zada: 2002, Mubarak: 2009).

Untuk itu, moderasi beragama dalam kajian ini hadir sebagai narasi penyeimbang untuk menjembatani kemunculan wacana-wacana paham keagamaan yang membawa paham radikal, ekstrem dan intoleran.

Modul Implementasi Moderasi Beragama dalam Pendidikan Islam ini hadir sebagai respon dan jembatan untuk meluruskan pemahaman yang sempit yang mengarah pada sikap dan ekspresi keagamaan yang konservatif.

Pemahaman keagamaan yang ditawarkan melalui konsep moderasi dalam buku ini berusaha untuk mencari titik temu dari berbagai aspek keagamaan, di mana ketika dikaitkan dengan paham keislaman tidak bisa dipisahkan dari aspek teologis, syariah, dan aspek sufistik. 

Dengan kata lain, moderasi dalam hal ini memiliki peran penting dalam mengatur pola hubungan antara paham keagamaan, kemasyarakatan dan kebangsaan melalui paradigma pemahaman keagamaan yang kontekstual. 

Penulisan Modul Implementasi Moderasi Beragama dalam Pendidikan Islam ini secara khusus akan menjadi rujukan bagi institusi pendidikan Islam. 

Berbagai materi yang dibahas dalam buku ini memiliki kedalaman dan keluasan mengenai prinsip-prinsip ajaran Islam, baik Islam sebagai doktrin agama, islam sebagai ilmu, maupun Islam sebagai realitas sosial. 

Beberapa materi yang terkandung di dalam Modul Implementasi Moderasi Beragama dalam Pendidikan Islam ini dapat dijadikan referensi dan disesuaikan dalam kurikulum mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di semua jenis dan jenjang pendidikan, selanjutnya para pendidik di lingkungan institusi pendidikan Islam dapat menggali dan mengembangkan beberapa materi yang tersedia untuk
dijadikan rujukan dalam kurikulum Pendidikan Agama Islam yang lebih komprehensif.

Informasi selengkapnya mengenai Modul Implementasi Moderasi Beragama dalam Pendidikan Islam dapat Anda unduh pada tab unduhan di bawah ini:

 

Modul Implementasi Moderasi Beragama dalam Pendidikan Islam

 

Demikianlah Modul Implementasi Moderasi Beragama dalam Pendidikan Islam yang dapat Admin bagikan pada kali ini, semoga dapat bermanfaat.

Terima Kasih.

Post a Comment for "Modul Implementasi Moderasi Beragama dalam Pendidikan Islam"