Widget HTML #1

Buku Pedoman Penulusuran Minat dan Bakat untuk Jenjang SMP

Buku Pedoman

 

Tukang Ketik - Buku Pedoman Penulusuran Minat dan Bakat untuk Jenjang SMP adalah tema artikel kali ini yang akan Admin bagikan kepada Anda.

Buku Pedoman Penulusuran Minat dan Bakat untuk Jenjang SMP dapat Anda download di akhir postingan nanti.

Buku Pedoman Penulusuran Minat dan Bakat untuk Jenjang SMP diterbitkan oleh Direktorat Sekolah Menengah Pertama Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan, Kebudayan, Riset, dan Teknologi RI pada Tahun 2022.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 111 Tahun 2014 Tentang Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah mendorong layanan Pendidikan yang lebih komprehensif. 

Layanan pendidikan bermutu tidak hanya mempertimbangkan layanan akademis saja, namun juga harus ditunjang dengan layanan Bimbingan dan Konseling (BK). 

Dengan layanan BK, diharapkan satuan pendidikan dapat mengarahkan pengembangan potensi peserta didik secara lebih optimal sesuai dengan minat dan bakat peserta didik. 

Dengan demikian, pembentukan profil pelajar Pancasila sebagai perwujudan visi Pendidikan Indonesia dapat tercapai.

Buku Pedoman Penelusuran Minat dan Bakat Jenjang SMP (Sekolah Menengah Pertama) ini bertujuan untuk membantu peserta didik dalam rangka mengetahui bakat serta menentukan minatnya dalam menjalani Pendidikan di jenjang SMP hingga masuk ke jenjang selanjutnya di Pendidikan Menengah. 

Buku Pedoman Penulusuran Minat dan Bakat untuk Jenjang SMP ini dipersiapkan juga untuk membantu guru bimbingan dan konseling atau konselor dan tenaga pendidik lainnya di Sekolah Menengah Pertama, agar dapat menyelenggarakan penelusuran minat serta bakat sebagai bagian dari layanan bimbingan dan konseling yang terintegrasi dalam layanan pendidikan di satuan Pendidikan.

Buku pedoman ini dikembangkan berdasarkan pemaduan pendekatan kebijakan dan ilmiah serta memperhitungkan kondisi dan kepentingan sekolah dalam rangka memperkokoh layanan pendidikan terdiferensiasi menuju pendidikan yang bermutu. 

Sumber-sumber kebijakan dan tekstual terlebih dahulu dikaji, selanjutnya dirumuskan menjadi buku pedoman dan format instrumen peminatan. 

Penyusunan Buku Pedoman Penulusuran Minat dan Bakat untuk Jenjang SMP ini melibatkan para pakar dari lembaga pendidikan tinggi dan praktisi psikologi pendidikan dan bimbingan, guru bimbingan dan konseling/ konselor, guru mata pelajaran, dan wakil kepala sekolah bidang kurikulum dan kesiswaan, baik dari SMP/ MTs, SMA/ MA, maupun SMK. 

Buku Pedoman Penulusuran Minat dan Bakat untuk Jenjang SMP ini sudah melalui uji keterbacaan yang melibatkan pihak pengambil kebijakan, pakar, guru, dan peserta didik di beberapa wilayah Indonesia.

Buku Pedoman Penulusuran Minat dan Bakat untuk Jenjang SMP terdiri dari 5 (lima) BAB, yaitu sebagai berikut:

  • BAB 1 Pendahuluan

  • BAB 2 Pengenalan dan Konseptual

  • BAB 3 Penulusuran Minat dan Bakat Peserta Didik

  • BAB 4 Alat Penulusuran Minat dan Bakat 

  • BAB 5 Penyelenggaraan Layanan Minat dan Bakat

Untuk informasi selengkapnya mengenai Buku Pedoman Penulusuran Minat dan Bakat untuk Jenjang SMP dapat Anda download pada tab di bawah ini:

 

Buku Pedoman Penulusuran Minat dan Bakat Jenjang SMP

 

Demikianlah informasi di atas mengenai Buku Pedoman Penulusuran Minat dan Bakat untuk Jenjang SMP yang dapat Admin bagikan kepada Anda semua, semoga dapat bermanfaat.

Terima Kasih.

Post a Comment for "Buku Pedoman Penulusuran Minat dan Bakat untuk Jenjang SMP"