Widget HTML #1

Pedoman Pelaksanaan Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMP Tahun 2024

Pedoman Pelaksanaan Olimpiade Sains Nasional


Tukang Ketik - Pedoman Pelaksanaan Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMP Tahun 2024 adalah tema informasi kali ini.

Pada kesempatan ini Admin akan membagikan informasi tentang Pedoman Pelaksanaan Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMP Tahun 2024.

Perkembangan ilmu pengetahuan dalam bidang sains mengalami kemajuan dalam bidang ilmu pengetahuan maupun bidang teknologi lainnya. 

Salah satu penguasaan ilmu pengetahuan seperti Matematika, IPA, dan IPS merupakan salah satu modal utama bagi kemajuan suatu bangsa, tingkat penguasaannya menjadi salah satu indikator seberapa jauh kiat suatu bangsa dalam mengembangkan ilmu pengetahuan.

Untuk menguasai bidang ilmu pengetahuan di masa depan diperlukan penguasaan materi yang kuat sejak dini. 

Upaya tersebut harus ditempuh dengan merealisasikan pendidikan yang berorientasi pada kemampuan berkreasi memecahkan masalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari. 

Oleh karena itu, paradigma pendidikan yang mengedepankan peningkatan daya nalar, kreativitas, serta berpikir kritis harus diaplikasikan dalam setiap langkah pengembangan kebijakan pendidikan ke depan.

Menindaklanjuti hal di atas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi Sekretariat Jenderal melalui Balai Pengembangan Talenta Indonesia, melakukan upaya peningkatan mutu pendidikan di bidang Matematika, IPA, dan IPS antara lain melalui penyelenggaraan kompetisi Matematika, IPA, dan IPS yang dikenal dengan nama Olimpiade Sains Nasional (OSN).

Sasaran pelaksanaan OSN ini adalah peserta didik kompetisi pada jenjang SMP/ MTs/ Sederajat dari seluruh Indonesia dan Sekolah Indonesia Luar Negeri, baik negeri maupun swasta yang terdaftar di kelas 7 dan 8 pada tahun ajaran 2023/2024 saat mengikuti OSN-K tahun 2024 yang telah lolos melalui seleksi OSN-K (ditetapkan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/ Kota dan Balai Pengembangan Talenta Indonesia) dan OSN-P (ditetapkan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia).

Ajang OSN masuk dalam kelompok bidang Riset dan Inovasi. 

Cabang lomba dalam Olimpiade Sains Nasional jenjang SMP/ MTs/ Sederajat adalah:

Adapun Sarana dan prasarana yang diperlukan untuk penyelenggaraan OSN SMP/ MTs/ Sederajat yaitu:

  • Ruang kerja peserta lomba beserta kelengkapannya untuk pengerjaan soal tertulis dan/atau digital

  • Komputer /Laptop

  • HP Android

  • Aplikasi lomba

  • Jaringan internet

  • Alat peraga/ penunjang presentasi 

Untuk informasi selengkapnya dapat Anda unduh file dari Pedoman Pelaksanaan Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMP Tahun 2024 pada tab unduhan di bawah ini:


Pedoman Pelaksanaan OSN SMP Tahun 2024

 

Informasi selanjutnya mengenai silabus Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMP Tahun 2024 dapat Anda lihat disini ya...

Demikian informasi di atas yang telah Admin bagikan tentang Pedoman Pelaksanaan Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMP Tahun 2024, semoga dapat bermanfaat.

Terima Kasih. 

Post a Comment for "Pedoman Pelaksanaan Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMP Tahun 2024"