Widget HTML #1

Buku Pengelolaan UKS SMA

Pengelolaan UKS SMA


Tukang Ketik - Buku Pengelolaan UKS SMA merupakan tema atau judul dari informasi kali ini.

Informasi mengenai Buku Pengelolaan UKS SMA akan Admin bagikan kepada Anda pada kesempatan kali ini.

Mengenai filr dari Buku Pengelolaan UKS SMA dapat Anda unduh nanti di akhir tulisan ini ya...

Amanat Peraturan Bersama (PB) 4 Kementerian, yaitu Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Kesehatan, Kementerian Agama, dan Kementerian Dalam Negeri Nomor 6/X/PB/2014; Nomor 73 Tahun 2014; Nomor 41 Tahun 2014 dan Nomor 81 Tahun 2014 tentang Pembinaan dan Pengembangan Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah (UKS/ M), pasal 4 dan 5 menegaskan bahwa kegiatan pokok UKS yaitu penanaman dan pembudayaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Untuk mendukung pengembangan UKS, empat kementerian yang terdiri atas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Kesehatan, Kementerian Agama, dan Kementerian Dalam Negeri membuat peraturan bersama pada tahun 2014 tentang Pembinaan dan Pengembangan UKS. 

Kegiatan utama UKS disebut dengan Trias UKS yang meliputi Pendidikan Kesehatan, Pelayanan Kesehatan, dan Pembinaan Lingkungan Sekolah Sehat yang didukung dengan manajemen/ tata kelola yang baik.

Kesuksesan pelaksanaan UKS juga tidak lepas dari peran Tri Pusat Pendidikan yaitu sekolah, keluarga, dan masyarakat.

Berbagai upaya pengembangan dalam mengimplementasikan Program UKS telah dilakukan banyak pihak terkait, tidak hanya di satuan pendidikan.

Referensi dan rujukan bagaimana strategi pelaksanaan proram UKS juga dengan mudah kita dapatkan.

Namun demikian, kita masih menemukan adanya cara pandang satuan pendidikan yang menempatkan Program UKS terpisah dari pembelajaran.

Banyak satuan pendidikan yang masih memiliki pemahaman yang berbeda di satuan pendidikan bahwa Program UKS adalah hal yang berbeda dan terpisah dari kegiatan sekolah. 

Padahal, antara program UKS dan proses pembelajaran bisa berjalan bersamaan melalui intrakurikuler, integrasi dengan mata pelajaran yang relevan, kokurikuler, ekstrakurikuler, maupun dalam kegiatan pembiasaan sehari-hari.

Sebagai langkah konkret untuk memberikan gambaran komprehensif pengelolaan UKS di sekolah, Direktorat SMA menyusun buku Pengelolaan UKS SMA yang bertujuan antara lain menjadi referensi bagi sekolah untuk dapat mengimplementasikan UKS, serta memberikan gambaran kegiatan implementatif yang dapat diintegrasikan dengan Program UKS.

Saat ini, kondisi UKS memerlukan terobosan untuk mempercepat pengembangannya melalui pengukuran pelaksanaan Trias UKS dan manajemen UKS di sekolah yang terdiri dari strata minimal, standar, optimal dan paripurna.

Stratifikasi UKS ini memetakan kondisi UKS di seluruh Indonesia untuk pengambilan kebijakan, pembinaan, sekaligus memudahkan sekolah untuk mengimplementasikan UKS yang baik. 

Adapun target jumlah sekolah/ madrasah yang masuk dalam kategori Strata Paripurna tahun 2021 ini sejumlah 25% sampai dengan tahun 2024 sejumlah 70%.

Sebagai langkah konkret untuk mencapainya, Direktorat SMA mendorong upaya pengelolaan UKS SMA yang implementatif didukung manajemen yang berkesinambungan. 

Harapannya, langkah sekolah untuk meningkatkan strata pengelolaan UKS akan lebih jelas dan terukur.

Semoga Buku Pengelolaan UKS SMA ini dapat menjadi inspirasi bagi satuan pendidikan untuk dapat mengembangkan UKS.

Demikianlah informasi di atas mengenai Buku Pengelolaan UKS SMA yang telah Admin bagikan kepada Anda semua, semoga dapat bermanfaat.

Untuk informasi selengkapnya mengenai Buku Pengelolaan UKS SMA dapat Anda unduh filenya pada tab unduhan di bawah ini ya...


Buku Pengelolaan UKS SMA

 

Terima Kasih. 

Post a Comment for "Buku Pengelolaan UKS SMA"