Widget HTML #1

Contoh Kurikulum Operasional Tingkat SMA

Contoh-Kurikulum-Operasional-Tingkat-SMA

Berdasarkan Undang-Undang Dasar 1945, sistem pendidikan yang dianut oleh Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) adalah sistem pendidikan nasional yang meningkatkan keimanan dan ketakwaan serta akhlak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. 

Hal ini lebih lanjut dijabarkan pada Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, dimana yang dimaksud dengan Pendidikan Nasional adalah “Pendidikan yang berdasarkan Pancasila dan UndangUndang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang berakar pada nilai-nilai agama, kebudayaan nasional Indonesia dan tanggap terhadap tuntutan perubahan zaman”, dan tujuan Sistem Pendidikan Nasional adalah “untuk mengembangkan potensi pelajar agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab”. 

Dalam mewujudkan tujuan tersebut maka perlu disusun “seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu” atau dapat juga disebut sebagai “kurikulum”. Kurikulum yang dikembangkan disesuaikan dengan kondisi sekolah, potensi / karakteristik daerah, sosial budaya masyarakat setempat, dan pelajar.

Berdasar hal diatas maka proses pengembangan dan penyusunan Kurikulum Trimurti Senior High School Tahun Ajaran 2021-2022 dilakukan dengan melaksanakan proses analisa kondisi lingkungan lokal dan global. Dari proses ini dapat jabarkan bahwa Kurikulum Trimurti Senior High School Tahun Ajaran 2021-2022 dikembangkan dan disusun dengan memperhatikan hal-hal berikut:

  1. Standar Nasional Pendidikan yang sudah diatur dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 beserta Peraturan Pemerintah (PP) dan Peraturan Menteri (Permen) turunannya.
  2. Rencana Strategis (Renstra) Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan yang tercantum pada Permendikbud Nomor 22 Tahun 2020 tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Tahun 2020-2024.
  3. Kebijakan Pemerintah Provinsi dan Peraturan Gubernur (Pergub) terkait pendidikan.
  4. Kebijakan Pemerintah Kota dan Peraturan Walikota (Perwali) terkait pendidikan.
  5. Karakteristik dan keunikan lingkungan sosial budaya masyarakat sekitar.
  6. Karakteristik dan keunikan pelajar.
  7. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terbaru.
  8. Perkembangan teori-teori pendidikan terbaru.
  9. Kondisi Trimurti Senior High School saat ini (Tahun Ajaran 2020-2021).

Sedangkan hal-hal pokok yang dijadikan fokus dalam pengembangan dan penyusunan Kurikulum Trimurti Senior High School Tahun Ajaran 2021-2022 adalah:

  1. Pengembangan pelajar berdasarkan potensi diri dan minat yang dimilikinya.
  2. Integrasi dan implementasi pengembangan kecakapan abad 21 (karakter, literasi, dan kompetensi) pelajar pada proses belajar mengajar.
  3. Integrasi dan implementasi pendidikan karakter berdasar Profil Pelajar Pancasila pada proses belajar mengajar.
  4. Pengembangan pendidikan kecakapan hidup untuk pelajar.
  5. Integrasi dan penerapan teknologi pada proses belajar mengajar.
  6. Penerapan prinsip-prinsip kebijakan merdeka belajar yang sudah ditetapkan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Karakteristik Satuan Pendidikan

Untuk mendapatkan gambaran umum mengenai kondisi dan karakteristik Trimurti Senior High School maka disampaikan hasil analisis konteks Trimurti Senior High School pada tahun ajaran 2020-2021.

Trimurti Senior High School berdiri mulai tahun 1954 dan berlokasi di pusat kota, dikelilingi oleh pusat komersial, fasilitas umum dan kantor pemerintahan. Untuk sarana dan prasarana secara umum, Trimurti Senior High School memiliki fasilitas cukup lengkap dalam mendukung proses belajar mengajar. 

Trimurti Senior High School memiliki Tenaga Pendidik sebanyak 36 orang yang cukup kompeten dalam pembelajaran dan dalam penggunaan teknologi. Untuk jumlah pelajar tahun pelajaran 2020/2021 ada sebanyak 590 orang. 

Dalam pelaksanaan pembelajaran Trimurti Senior High School memberi 3 kelompok minat dalam mata pelajaran peminatan yang disediakan yaitu Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan Bahasa. Terdapat juga program-program unggulan yang dipergunakan untuk menambah layanan pendidikan kepada pelajar.

Untuk karakteristik Sosial dan Budaya Lingkungan Sekolah adalah Mayoritas pelajar berlatar belakang ekonomi mampu ke atas dan berasal dari lingkungan masyarakat perkotaan. Mayoritas tenaga pendidik dan tenaga kependidikan juga berasal atau sudah lama tinggal di daerah kota dan sekitarnya. 

Trimurti Senior High School  memiliki dan membiasakan budaya displin waktu, tertib ibadah, 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan dan Santun) dan kepedulian sosial pada seluruh warga sekolah.

Kesimpulan

Dalam proses pengembangan dan penyusunan Kurikulum Operasional Trimurti Senior High School Tahun Ajaran 2021-2022, Trimurti Senior High School dapat menarik beberapa kesimpulan. 

Kesimpulan-kesimpulan tersebut, antara lain:

  1. Penggunaan sistem blok dalam alokasi waktu pembelajaran harus diatur sedemikian rupa agar beban tugas guru mata pelajaran merata (tidak timpang).
  2. Pada proses peminatan pada saat fase F (jenjang kelas XI dan XII) harus disisipkan program pengayaan belajar atau program pengembangan diri untuk memenuhi selisih jam belajar dari setiap pelajar akibat perbedaan kombinasi mata pelajaran peminatan yang mereka pilih dimana masing-masing mata pelajaran dapat memiliki beban belajar berbeda. 
  3. Integrasi Proyek penguatan Profil Pelajar Pancasila perlu dilaksanakan proyek terpadu lintas mata pelajaran karena apabila dilaksanakan secara mandiri oleh masing-masing mata pelajaran dapat menambah beban belajar pelajar. 
  4. Untuk membentuk pembelajaran yang holistik kepada pelajar tidak dapat dibebankan sepenuhnya pada mata pelajaran saja, oleh karena itu perlu dibuat program-program kegiatan pelajar (kokurikuler) untuk memperkaya pengalaman belajar pelajar.
  5. Walau sudah dirancang secara mendetail pada dokumen ini, dalam penerapannya Kurikulum Opersional Trimurti Senior High School ini tetap harus terbuka untuk penyesuaian berdasar hasil pendampingan, pemantauan dan evaluasi secara berkala.

Contoh selengkapnya untuk Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) Tingkat SMA dapat di unduh di bawah ini:

1. Contoh 1 KOSP Tingkat SMA

Unduh KOSP 1 Lampiran

2. Contoh 2 KOSP Tingkat SMA

Unduh KOSP 2 Lampiran

3. Contoh 3 KOSP Tingkat SMA 

Unduh KOSP 3 Lampiran

Semoga bermanfaat...

Terima Kasih.  

Post a Comment for "Contoh Kurikulum Operasional Tingkat SMA"