Widget HTML #1

Contoh Kurikulum Operasional Tingkat SDLB

Contoh-Kurikulum-Operasional-Tingkat-SDLB

Kurikulum operasional Tingkat Satuan Pendidikan Sekolah Dasar Dasar Luar Biasa (SDLB) disusun berpedoman pada Kurikulum Merdeka Belajar yang berdasarkan pada standar nasional pendidikan dan tujuan pendidikan nasional untuk mewujudkan Profil Pelajar Pancasila yang mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan.

Karakteristik Satuan Pendidikan

Pengembangan Kurikulum Operasional Sekolah di Satuan pendidikan SDLB berdasarkan pada kenyataan bahwa bangsa Indonesia dihadapkan pada tantangan eksternal berupa hadirnya Revolusi Industri 4.0 yang bertumpu pada cyber-physical system, dengan didukung oleh kemajuan teknologi, berbasis informasi, pengetahuan, inovasi, dan jejaring, yang menandai era penegasan munculnya abad kreatif. 

Sehingga kurikulum menjadi fleksibel yang dapat berubah untuk Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan. Kurukulum di SDLB Model 11 memiliki tantangan ke depan agar peserta didik berkebutuhan khusus dapat berkontribusi pada pembangunan manusia Indonesia seutuhnya. 

Sekolah Dasar Luar Biasa disingkat SDLB adalah lembaga sekolah khusus yang di dalam lembaga SLB (Sekolah Luar Biasa) terdiri dari SDLB, SMPLB, dan SMALB. Peserta didik di SDLB adalah Anak yang memiliki kekhususan baik yang memiliki kekuatan bakat minat, dan atau hambatan seperti hambatan penglihatan, hambatan pendengaran, hambatan kecerdasan, hambatan fisik, hambatan sosial dan emosional. 

Berdasarkan Letak Geografis SDLB Model 11 ini berada di perkampungan daerah pertanian dan peternakan . Dengan memiliki budaya cinta lingkungan, maka sekolah mengembangkan budi daya tanaman dan peternakan. Disamping penumbuhan kepedulian terhadap daya dukung pengolahan minuman di lingkungan daerah perkebunan buah-buahan seperti buah Apel, Jeruk dan Stroberry. 

Pengembangan Merdeka Belajar memiliki dampak di sekolah. Budaya berwirausaha pada program pendidikan di SDLB dengan pendekatan seni dan prakarya dilakukan untuk membekali kompetensi kemandirian peserta didik berkebutuhan khusus. Pembentukan Profil Pelajar Pancasila yang dapat mengaktualisasikan diri anak pada lingkungan dan masyarakat sehingga diharapkan peserta didik dapat memiliki ahlak mulia, mandiri, kreatif mampu berkolaborasi dan berkontribusi bagi masyarakat

VISI

Terwujudnya Pelajar Pancasila yang Memiliki Kepribadian Mandiri, Kreatif, Berakhlak Mulia, Yang mampu berkomunikasi dan bermasyarakat, Bermanfaat Serta Mencintai Lingkungan Sekitar Sesuai Dengan Kapasitasnya.

MISI

Untuk mewujudkan visi tersebut, satuan pendidikan telah menentukan langkah-langkah strategis yang dituangkan dalam misi sebagai berikut:

  1. Menanamkan nilai-nilai keimanan dan budi pekerti yang luhur untuk membentuk pribadi yang berakhlak mulia dan sikap mental yang tangguh.
  2. Meningkatkan potensi akademik dan non akademik sesuai dengan potensi dan tingkat kebutuhan yang dimiliki peserta didik.
  3. Mengembangkan berbagai keterampilan hidup sesuai bakat dan minat siswa melalui program pengembangan pendidikan yang berorientasi kecakapan hidup.
  4. Mengembangkan kecakapan sosial dan emosional peserta didik guna menghadapi kehidupan di masyarakat. 
  5. Mengembangkan potensi berbasis digital melalui ketrampilan berkomunikasi melalui hand phone, internet untuk mengembangkan kemampuan dalam bermasyarakat.

Penutup

Semoga kurikulum operasional yang kami susun bermanfaat umumnya bagi dunia pendidikan khususnya bagi pendidikan khusus. 

Kami ucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam penyususnan Kurikulum Operasional Sekolah Pendidikan.

Contoh KOSP Tingkat SDLB 

Contoh selengkapnya untuk Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) Tingkat SDLB dapat di unduh di bawah ini:

Semoga bermanfaat.

Terima Kasih. 

Post a Comment for "Contoh Kurikulum Operasional Tingkat SDLB"