Widget HTML #1

Contoh Kurikulum Operasional Tingkat SMPLB

 

Contoh-Kurikulum-Operasional-Tingkat-SMPLB

Karakteristik Satuan Pndidikan

SMPLB Model 12 merupakan satuan pendidikan yang berada dalam pengelolaan satu atap bersama dengan jenjang SDLB dan SMALB di SLB Model 12 dengan peserta didik yang memiliki kebutuhan khusus yaitu anak dengan hambatan penglihatan, hambatan pendengaran, hambatan intelektual, hambatan gerak anggota tubuh, hambatan perilaku dan emosional, dan hambatan autis. 

Lokasi sekolah terletak di wilayah yang strategis dan mudah dijangkau, dekat dengan fasilitas umum seperti Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA), stasiun kereta api, kantor kelurahan dan puskesmas. Memiliki sarana dan prasarana yang memadai serta hubungan yang kondusif dengan masyarakat sekitar.

Berada ditengah lingkungan masyarakat yang beragam, menumbuhkan sikap peduli lingkungan, semangat gotong royong serta bersinergi membangun kerjasama dengan elemen pemerintahan untuk mengembangkan potensi sekolah.

Begitu pula keberagaman potensi peserta didik yang dikembangkan dengan memanfaatkan kondisi lingkungan sebagai inspirasi dan promosi karya-karya keterampilan peserta didik dalam pengembangan kewirausahaan. Potensi bidang desain grafis yang selama ini telah membawa SLB Negeri model 12 ke beberapa even baik nasional maupun internasional. 

Karya cetak sablon (kaos, pin, mug, tumbler) serta kopi espresso juga semakin luas dikenal oleh masyarakat dan instansi pemerintah maupun lembaga swasta. Prestasi bidang olahraga dan senipun tak kalah cemerlang membawa nama baik Indonesia ke kancah internasional. 

Sekolah memiliki budaya yang telah dikembangkan dengan kegiatan penumbuhan budi pekerti melalui kegiatan rutin, spontan dan keteladanan seperti pembiasaan 5S (senyum sapa salam sopan santun), menjalankan ritual keagamaan, menjaga kebersihan lingkungan dengan kegiatan jumat bersih, serta mendaur ulang sampah dan limbah menjadi bahan yang bermanfaat untuk lingkungan sekolah dan mengembangkan keterampilan peserta didik.

Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Pembelajaran berbasis projek untuk menguatkan Profil Pelajar Pancasila memberikan kesempatan kepada siswa untuk “mengalami pengetahuan” sebagai proses penguatan karakter sekaligus kesempatan untuk belajar dari lingkungan sekitarnya. 

Kegiatan pembelajaran berbasis proyek penguatan profil pelajar pancasila di SMPLB model 12 disesuaikan dengan karakteritik dan kemampuan peserta didik dengan melibatkan seluruh peserta didik pada jenjang SMPLB dan dirancang di awal tahun ajaran. 

Kegiatan pembelajaran berbasis proyek ini tidak hanya dilakukan secara tatap muka tapi jika tidak memungkinkan ada yang dapat dilakukan secara virtual seperti wisata eduaksi virtual ataupun simulasi gempa bumi dan kebakaran.

Muatan Lokal

Muatan lokal dikembangkan oleh pemerintah daerah provinsi sesuai dengan kewenangannya dan/atau satuan pendidikan. Mengingat substansi muatan lokal dapat ditentukan oleh satuan pendidikan, maka muatan lokal yang dikembangkan di SMPLB Model 12 terintegrasi dalam mata pelajaran yang relevan, mencakup Seni Budaya Betawi dan Budaya Jakarta, Sains dan Teknologi, Lingkungan Hidup Jakarta, Wisata Jakarta dan Bahasa Asing yang berkembang di Jakarta serta keterampilan pilihan yang bersifat temporer. 

Sementara materi ajar yang terintegrasi pada keterampilan pilihan antara lain budi daya tanaman hias dan keterampilan/ kriya kayu, souvenir serta tata boga.

Evaluasi Pembelajaran 

Evaluasi pembelajaran secara menyeluruh bertujuan untuk mengukur keberhasilan guru dalam memfasilitasi pembelajaran. Dalam evaluasi ini, satuan pendidikan mengumpulkan data keberhasilan implementasi pembelajaran dan refleksi secara individual maupun bersama-sama seluruh warga sekolah.

Contoh KOSP Tingkat SMPLB

Contoh selengkapnya untuk Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) Tingkat SMA dapat di unduh di bawah ini:

KOSP SMPLB Lampiran

Terima Kasih. 

Post a Comment for "Contoh Kurikulum Operasional Tingkat SMPLB"