Widget HTML #1

Kemampuan Komunikasi yang Harus Dimiliki Seorang Pemimpin

 Kemampuan-Komunikasi-yang-Harus-Dimiliki-Seorang-Pemimpin

Menurut George Terry yang dikenal sebagai “Bapak Ilmu Manajemen Modern”, kepemimpinan adalah kegiatan mempengaruhi orang lain agar bekerja keras dengan penuh kemauan untuk dapat tercapainya tujuan bersama.

Untu menjadi seorang pemimpin memang tidaklah mudah karena selain harus mampu mengatur setiap anggotanya menjalankan tugas dan perannya masing-masing, tentunya juga dibutuhkan kemampuan-kemampuan tertentu untuk bisa mengelola tim atau organisasi yang dipimpin nya.

Agar dapat mengatur anggotanya dengan baik, salah satu kemampuan yang wajib dimiliki seorang pemimpin adalah kecakapan dalam berkomunikasi. Komunikasi yang dimaksud sendiri tidak hanya sekadar bisa berbicara, namun terdapat juga hal-hal lainnya. 

Seperti apa keahlian komunikasi yang harus dimiliki seorang pemimpin? Silahkan disimak penjelasa secara singkatnya.

Kemampuan Mendengarkan

Pastinya semua orang mengetahui bahwa ada sebuah pepatah yang mengatakan mendengar sebelum berbicara? Hal ini benar adanya. 

Kemampuan komunikasi yang paling mendasar bagi seorang pemimpin adalah mendengarkan. Seorang pemimpin yang hebat perlu menjadi pendengar yang baik dan setia untuk tiap-tiap anggotanya.

Jikalau ada terdapat anggota organisasi memiliki aspirasi, masukan, ataupun kritik, jangan langsung menolak mentah-mentah pesan yang disampaikan. Coba dengarkanlah secara baik-baik dan saksama serta menyimak maksud dari pesan tersebut.

Kemampuan Menyimpulkan

Pada sebuah organisasi, tentunya ada banyak kepala, kepribadian, dan juga pemikiran masing-masing yang sangat beragam. Semua anggota terkadang tidak selalu memiliki pemikiran yang sama, ada saja perbedaan pendapat maupun pertentangan di antara sesama anggotanya.

Selanjutnya, kemampuan mendengarkan juga harus dibarengi atau dikuasai oleh analisis seorang pemimpin untuk menyimpulkan. Menarik kesimpulan tidak boleh diambil hanya dari satu sisi, namun perlu melakukannya dari sisi-sisi lainnya agar hal yang didapat bisa objektif, tidak subjektif. 

Kemampuan Berbicara

Kemampuan berbicara adalah modal dasar dari sebuah komunikasi. Seorang pemimpin yang hebat haruslah menguasai kemampuan berbicara, baik berbicara secara pribadi dengan individu ataupun berbicara di depan umum (public speaking). 

Apabila memiliki keahlian berbicara yang baik, dipastikan seorang pemimpin akan dapat berkomunikasi dengan anggotanya dengan efektif dan efisien.

Kemampuan berbicara sangat erat kaitannya dengan kepercayaan diri. Hal ini bisa dilatih dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan mempraktekkan sering berbicara di depan cermin. Carilah sebuah teks untuk dibacakan di depan cermin, lalu bacalah teks tersebut dengan lantang.

Demikianlah penjelasan yang sangat singkat dari beberapa keahlian komunikasi yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin. Komunikasi yang baik dari seorang pemimpin bisa membangun sinergitas antara setiap anggotanya sehingga berdampak pada majunya sebuah organisasi. 

Selengkapnya tentang kemampuan komunikasi dapat dibaca pada artikel Kemampuan Komunikasi dan Pengambilan Keputusan yang Harus Dimiliki oleh Kepala Sekolah.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Terimakasih.

Post a Comment for "Kemampuan Komunikasi yang Harus Dimiliki Seorang Pemimpin"