Widget HTML #1

#6 Indikator Pengelolaan Kelas yang Berhasil

#6-Indikator-Pengelolaan-Kelas-yang-Berhasil

Dapat mengelola kelas dengan berhasil tentu merupakan sebuah hal yang membanggakan bagi setiap guru. 

Berikut 6 (enam) indikator di bawah ini mungkin bisa menjadi salah satu bentuk acuan bagi para guru dalam menilai keberhasilannya mengelola sebuah kelas yang menjadi tanggung jawabnya.

  • Guru mengerti perbedaan antara mengelola kelas dan mendisiplinkan kelas.
  • Sebagai guru jika anda pulang ke rumah tidak dalam keadaan yang sangat lelah.
  • Guru mengetahui perbedaan antara prosedur kelas (apa yang guru inginkan terjadi contohnya cara masuk kedalam kelas, mendiamkan siswa, bekerja secara bersamaan dan lain-lain ) dan rutinitas kelas (apa yang siswa lakukan secara otomatis misalnya tata cara masuk kelas, pergi ke toilet dan lain-lain). Ingat prosedur kelas bukan peraturan kelas.
  • Guru melakukan pengelolaan kelas dengan mengorganisir prosedur-prosedur, sebab prosedur mengajarkan siswa akan pentingnya tanggung jawab.
  • Guru tidak mendisiplinkan siswa dengan ancaman-ancaman, dan konsekuensi (stiker, penghilangan hak siswa dan lain-lain).
  • Guru mengerti bahwa perilaku siswa di kelas disebabkan oleh sesuatu, sedangkan disiplin bisa dipelajari

Selanjutnya, berikut ada 2 (dua) hal yang membedakan antara guru yang berhasil dengan yang tidak.

  • Guru yang kurang berhasil menghabiskan hari-hari pertama di tahun ajaran dengan langsung mengajarkan subyek mata pelajaran kemudian sibuk mendisiplinkan siswa selama setahun penuh.
  • Guru yang efektif menghabiskan dua minggu pertama ditahun ajaran dengan meneguhkan prosedur.

Demikian penjelasan singkat mengenai 6 (enam) indikator seorang guru agar dapat berhasil dalam mengelola kelasnya.

Semoga bermanfaat.

Terimakasih.

Post a Comment for "#6 Indikator Pengelolaan Kelas yang Berhasil"