Widget HTML #1

Buku Teks Siswa Mapel Bahasa Indonesia Jenjang SMA/SMK/MA/MAK

Buku-Teks-Siswa-Mapel-Bahasa-Indonesia-Jenjang-SMA/SMK/MA/MAK

Buku teks pelajaran Bahasa Indonesia ditulis dengan tujuan agar siswa memiliki kompetensi berbahasa Indonesia untuk berbagai keperluan sebagai kegiatan sosial. 

Kegiatan yang dirancang dalam buku ini diharapkan dapat membantu siswa mengembangkan kompetensi berbahasa yang dibutuhkan dalam kehidupan yang sesungguhnya. 

Konsep utama pengembangan buku ini adalah berbasis kegiatan sosial yang memiliki keragaman sesuai dengan tujuan kegiatan sosial dan tujuan komunikasinya. 

Setiap jenis kegiatan berbahasa dalam kehidupan sosial memiliki kekhasan cara pengungkapan (struktur retorika teks) dan kekhasan unsur kebahasaan. Inilah cara pandang baru tentang bahasa. 

Jika pada buku kurikulum sebelumnya penyajian menekankan pendekatan komunikatif, maka pada buku ini penyajian lebih menajamkan efek komunikasinya dan dampak fungsi sosialnya. 

Misalnya, jika yang lalu siswa belajar menulis surat dengan format standar tidak terlalu menekankan isi surat, maka surat sekarang harus dapat berdampak sosial (menunjukkan kepribadian saat menulis surat lamaran pekerjaan, surat yang meyakinkan orang lain). 

Bahasa dan isi menjadi dua hal yang saling menunjang. Ini sejalan dengan perkembangan teori pengajaran bahasa di Eropa dan Amerika, Content Language Integrated Learning (CLIL) yang menonjolkan 4 unsur penting sebagai penajaman pengertian kompetensi berbahasa, yaitu sebagai berikut: 

  • isi (content), 

  • bahasa/ komunikasi (communication), 

  • kognisi (cognition), dan 

  • budaya (culture). 

Pengembangan buku ini dilakukan dengan mengacu pada konsep teoretis yang mendasari pembelajaran bahasa terkini, yaitu CLIL (content language integrated learning). 

Demikian pula dengan silabus dalam buku teks ini dikembangkan berdasarkan pengembangan prinsip pedagogik. Setiap bab dalam buku teks ini mencakup hal berikut:

  • Penjelasan tentang tujuan, struktur retorika, kebahasaan dan lokasi sosial.

  • Model teks dan telaah model teks.

  • Latihan dan tugas.

  • Tugas pengembangan kompetensi.

Buku teks pelajaran Bahasa Indonesia terdiri atas Buku Siswa dan Buku Guru. Buku Siswa berisi materi belajar bagi peserta didik yang merupakan aktivitas berbahasa atau bersastra. 

Aktivitas tersebut ditempuh berdasarkan pendekatan ilmiah yang dimulai dari mengenal dan memahami teks, kemudian diakhiri dengan menyusun, membuat, atau memproduksi teks tersebut. 

Buku Guru berisi panduan pembelajaran bahasa Indonesia secara umum dan cara menggunakan buku teks secara khusus setiap bab. 

Semoga bermanfaat.

Terimakasih.

Post a Comment for "Buku Teks Siswa Mapel Bahasa Indonesia Jenjang SMA/SMK/MA/MAK"