Widget HTML #1

Contoh Dokumen Rencana Kerja Tahunan (RKT) Sekolah

Contoh-Dokumen-Rencana-Kerja-Tahunan-(RKT)-Sekolah

Latar Belakang

Penyelenggaraan pendidikan di Indonesia diatur dengan Peraturan Pemerintah tentang Standar Nasional Pendidikan, atau dikenal dengan PP No. 19 Tahun 2005. 

Regulasi tersebut menegaskan bahwa penyelenggaraan pendidikan harus memenuhi standar yang ditetapkan pemerintah, komponen standar pendidikan yang diatur dalam peraturan pemerintah tersebut adalah, standar isi, standar kelulusan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar proses, standar penilaian, standar pengelolaan, standar pembiayaan, dan standar sarana prasarana. 

Yang terjadi di lapangan, belum seluruh sekolah dapat memenuhi standar nasional Pendidikan, hal ini dikarenakan setiap sekolah memiliki kondisi yang berbeda satu sama lainnya dalam berbagai standar. 

Seperti yang terjadi di SD ………. Kecamatan ……… Kabupaten/Kota ………, komponen standar Nasional pendidikan belum terpenuhi, dikarenakan berbagai hal yang menghambat terpenuhinya Standar Nasional Pendidikan.

Berbagai standar yang belum terpenuhi secara maksimal di SD ……….. Kecamatan …….. Kabupaten/Kota ……… adalah sebagai berikut, proses pembelajaran belum sepenuhnya memenuhi  amanat standar proses, perencanaan pembelajaran belum begitu lengkap dan belum mencerminkan kegiatan pembelajaran yang inovatif, hal ini dikarenakan masih kurangnya pemahaman guru tentang penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran. 

Bahkan masih ada guru yang belum mampu menyusun perencanaan pembelajaran yang sesuai standar proses,  kegiatan pembelajaran masih bersipat konvensioanal  guru belum mampu menciptakan situasi pembelajaran yang menyenangkan, penggunaan media pembelajaran masih sedikit.

Standar pengelolaan masih kurang, dikarenakan kepala sekolah selaku leader di sekolah belum memperoleh pengalaman tentang cara pengelolaan sekolah yang efektif, kepala sekolah belum mendapat pelatihan khusus tentang pengelolaan sekolah.

Sarana dan prasarana yang dimiliki sekolah belum lengkap, sekolah belum memiliki ruang laboratorium, gudang,  sarana olahraga sangat terbatas karena sekolah tidak memilki lahan untuk pengembangan di bidang olahraga.

Standar pendidik dan tenaga kependidikan belum terpenuhi maksimal sesuai ketentuan, sekolah belum memiliki tenaga TU, tenaga perpustakaan dan lainnya.

Pembiayaan sekolah bersumber dari  BOS pusat dan sumbangan orang tua siswa yang sipatnya insidentil dan tidak mengikat. 

Untuk memenuhi kebutuhan sesuai Standar Nasional Pendidikan kepala sekolah mencoba menyusun rencana kerja tahunan, agar standar nasional Pendidikan di SD ………. Kecamatan ……… Kabupaten/Kota ……… secara bertahap dapat dipenuhi. Peningkatan kualitas sumber daya menusia merupakan prasyarat mutlak untuk mencapai tujuan pembangunan. 

Salah satu wahana untuk meningkatkan kualitas SDM tersebut adalah pendidikan sehingga kualitas pendidikan harus senantiasa ditingkatkan termasuk peningkatan kualitas pendidikan di SD ………. Kecamatan ……… Kabupaten/Kota ………

Sejalan dengan tuntutan dan kebutuhan masyarakat terhadap pendidikan anaknya, sekolah ini memerlukan peningkatan dan pengembangan dalam berbagai aspek, misalnya dalam hal kesiswaan, kurikulum dan kegiatan pembelajaran, pendidik dan tenaga kependidikan serta pengembangannya, sarana dan prasaran, keuangan dan pembiayaan, budaya dan lingkungan sekolah, peran serta masyarakat dan kemitraan, dalam pendidikan, serta lain-lain.

Berdasarkan kondisi tersebut, maka perlu kiranya dilakukan upaya penyusunan Rencana Kerja Tahunan Sekolah (RKTS) agar sekolah memiliki rambu-rambu yang bisa dijadikan landasan dalam pengelolaan program, implementasi, memonitoring dan evaluasi yang baik, terstruktur dan terukur.

Pada Tahun Pelajaran 20..-20.. ini pelaksanaan pendidikan berbeda dengan sebelumnya karena saat ini berada dimasa darurat covid 19, kebijakan pemerintah melalui Permendikbud no 33 tahun 2019 tentang satuan pendidikan aman bencana dalam rangka pemenuhan hak peserta didik untuk mendapatkan Layanan Pendidikan selama darurat penyebaran corona virus desease (Covid-19) melalui penyelenggaraan Belajar dari rumah sebagaimana surat ketentuan edaran no 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam masa darurat penyebaran corona virus desease (Covid-19), dengan ini kami sampaikan sebagai berikut:

  1. Belajar dirumah selama penyebaran corona virus desease (Covid-19) dengan memperhatikan protokol kesehatan yang merupakan penyebaran virus desease.

  2. Belajar dirumah melaluipembelajaranid jarak jauh bisa dengan during atau luring.

Melihat kondisi saat ini masa darurat covid 19 maka Rencana Kerja Tahunan SD ………. Kecamatan ……… Kabupaten/Kota ………  Tahun Pelajaran 20..-20.. ini disusun bardasarkan:

  1. Hasil monitoring dan evaluasi pelaksanaan RAPBS tahun pelajaran 20..-20..

  2. Pelaksanaan rencana program dan kegiatan RKS tahun 20..-20..

  3. Disesuaikan dengan Permendiknas No. 19 tahun 2007 tentang Rencan Kerja Tahunan Sekolah (RKTS) yang dinyatakan dalam Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah (RKAS). Berkaitan dengan uraian di atas, maka RKTS ini memuat pendahuluan, profil, harapan program kerja tahunan sekolah, rencana anggaran sekolah, dan  penutup.

  4. Himbauan pemerintah tentang protokol kesehatan

Tujuan

Adapun tujuan dari penyusunan rencana kerja tahunan adalah sebagai berikut:

Tujuan Umum

  • Memberikan gambaran tentang kegiatan kerja sekolah dalam rangka pemenuhan Standar Nasional Pendidikan

  • Memberikan gambaran tentang berbagai kegiatan sekolah dalam rangka peningkatan akses sekolah, dan peningkatan layanan pendidikan kepada masyarakat.

  • Memberikan gambaran tentang langkah – langkah yang dilakukan sekolah dalam rangka peningkatan mutu pendidikan.

Tujuan Khusus

Ingin memberikan penjelasan secara rinci tentang berbagai kegiatan sekolah yang akan dilaksanakan selama tahun ajaran 20..-20.. kepada masyarakat dan stakeholder pendidikan guna peningkatan layanan pendidikan yang akan dilaksanakan di SD ………. Kecamatan ……… Kabupaten/Kota ……….

Sasaran

Penyusunan rencana kerja tahunan memiliki sasaran yang ingin dicapai yaitu:

  • Menginventarisir kegiatan sekolah baik yang bersipat akademik maupun non akademik, guna peningkatan kualitas layanan pendidikan yang diberikan sekolah kepada masyarakat.

  • Meningkatkan disiplin kerja pendidik dan tenaga kependidikan di lingkungan SD ………. Kecamatan ……… Kabupaten/Kota ………, sehingga dapat meningkatkan kompetensi dan bersikap profesioanal sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan bersama.

  • Pemenuhan sarana dan prasarana pendidikan guna peningkatan kualitas pembelajaran yang dilaksanakan sekolah, sehingga akhirnya diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa baik segi akademik maupun non akademik.

  • Mengefektifkan pengelolaan sumber dana yang diperoleh sekolah sebesar- besarnya untuk peningkatan kualitas pembelajaran.

  • Memfasilitasi protokolkesehatan sebagai upaya memutus mata rantaipenyebaran Corona Virus deaseas covid-19.

Hasil Yang Diharapkan

Adapun hasil yang diharapkan dari penyusunan rencana kerja tahunan ini adalah:

  • Tersosialisasinya rencana kerja tahunan sekolah secara baik dan merata kepada semua pemangku kepentingan pendidikan dalam rangka pemenuhan Standar Nasioanl Pendidikan.

  • Tersusunnya berbagai kegiatan sekolah yang bersipat akademik maupun non akademik, terutama dalam rangka pemenuhan standar isi, proses, dan penilaian, sehingga akhirnya akan berpengaruh terhadap mutu pendidikan di SD ………. Kecamatan ……… Kabupaten/Kota ………

  • Seluruh warga sekolah terlindungi dari wabah darurat penyebaran corona virus deasease covid 19.

Manfaat

Manfaat dari penyusunan rencana kerja tahunan ini adalah:

Bagi Kepala Sekolah

Bagi kepala sekolah adanya Rencana kerja tahunan Sekolah merupakan acuan untuk menilai tingkat keberhasilan dalam mencapai visi dan misi sekolah, serta meningkatkan kemampuan  kompetensi kepala sekolah dalam bidang manajerial.

Bagi Guru dan Siswa

Bagi guru dan siswa adanya Rencana Kerja tahunan  Sekolah ini akan menjadi gambaran yang harus dicapai sehingga senantiasa akan memberikan warna sekaligus motivasi dalam proses penyelenggaraan pembelajaran di sekolah.

Bagi Orang Tua Siswa

Bagi orang tua siswa adanya Rencana Kerja Tahunan Sekolah akan memberi gambaran utuh tentang kondisi persekolahan sehingga dapat meningkatkan pelibatan dan peran serta masyarakat dalam rangka menuju Sekolah Berbasis Masyarakat.

Bagi Dinas Pendidikan

Bagi Dinas Pendidikan adanya penyusunan Rencana Kerja Tahunan  Sekolah akan memberikan gambaran tentang kinerja prestatif sekolah sehingga dapat dijadikan acuan dalam memberikan perlakuan di bidang pendidikan.

Landasan Hukum

  1. Undang-undang No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 4 (pengelolaan dan pendidikan berdasar pada prinsip keadilan, efesiensi, transparansi dan akuntabilitas publik).

  2. Peraturan Pemerintah No.19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan pasal 53 (Setiap satuan pendidikan dikelola atas dasar rencana kerja tahunan yang merupakan penjabaran rinci dari rencana verja jangka menengah satuan pendidikan yang meliputi masa  4 tahun.

  3. Permendiknas No. 19 Tahun 2007 tentang Stándar Pengelolaan Pendidikan dinyatakan bahwa sekolah membuat (1) Rencana Kerja Jangka Menengah yang menggambarkan tujuan yang akan ingin dicapai dalam kurun waktu 4 (empat) tahun yang berkaitan dengan mutu lulusan yang ingin dicapai dan perbaikan komponen yang mendukung peningkatan mutu lulusan dan (2) Rencana Kerja Tahunan yang dinyatakan dalam Rencana Kegiatan dan anggaran sekolah (RKAS) dilaksanakaan berdasarkan Rencana Kerja jangka menengah.

Dokumen RKT Sekolah selengkapnya dapat dilihat pada tab di bawah atau diakhir postingan ini.

Semoga dapat bermanfaat.

Terima Kasih.

Salam Literasi!

 

Post a Comment for "Contoh Dokumen Rencana Kerja Tahunan (RKT) Sekolah"