Widget HTML #1

Buku Pedoman Teknis Pelaksanaan OSN SD Tahun 2022

Juknis OSN SD

Pada Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggara Pendidikan tertera bahwa pemerintah melakukan penjaminan mutu pendidikan serta pembinaan berkelanjutan kepada peserta didik yang memiliki potensi kecerdasan dan atau bakat istimewa untuk mencapai prestasi puncak di bidang pengetahuan, teknologi, seni, dan atau olahraga pada tingkat satuan pendidikan, kabupaten kota, provinsi, nasional, dan internasional.

Berdasarkan pada hal di atas, Pusat Prestasi Nasional, Sekretariat Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayan, Riset dan Teknologi secara konsisten menyelenggarakan kegiatan Olimpiade Sains Nasional (OSN) bagi peserta didik Sekolah Dasar dan/atau yang sederajat tahun 2022.

Olimpiade Sains Nasional tingkat sekolah dasar (OSN SD) Tahun 2022 diharapkanmenjadi salah satu wahana strategis untuk membentuk generasi yang selalu mencintai sains, berusaha mengembangkan daya nalar, kreativitas, dan kemampuan berpikir kritis, sehingga pada saatnya nanti mereka akan tumbuh menjadi generasi yang berkepribadian kokoh, kompetitif, dan mandiri.

Sebagaimana tahun 2021 lalu, pada tahun ini karena kondisi pendemik masih belum mereda, dengan mengacu pada protokol kesehatan pelaksanaan lomba-lomba dilakukan secara daring/ online di bawah pengawasan dari Dinas Pendidikan Kabupaten/ Kota/ Provinsi.

Panduan teknis pelaksanaan ini disusun sebagai acuan bagi peserta, satuan pendidikan, dan panitia penyelenggara untuk mempersiapkan dan mengikuti OSN SD tahun ini dengan sebaik- baiknya. 

Semoga Panduan Teknis Pelaksanaan ini dapat mempermudah dan memperlancar pelaksanaan OSN SD tahun ini sehingga anak-anak Indonesia tetap dapat menunjukkan prestasi dibidang sains dan terus berlatih untuk menjadi generasi unggul bangsa.

Keberhasilan penyelenggaraan OSN SD tahun 2022 mulai dari tahap penyisihan hingga tingkat nasional ditentukan oleh para pemangku kepentingan dalam melaksanakan kegiatan secara tertib, teratur, disiplin, transparan dan penuh tanggung jawab. 

Oleh sebab itu, semua pihak dapat menjunjung tinggi nilai-nilai di atas dan terlibat aktif mendukung keberhasilan kegiatan OSN SD tahun 2022 mulai dari persiapan, pelaksanaan, evaluasi, dan pelaporan dari tahap penyisihan hingga tingkat nasional.

Panduan teknis pelaksanaan ini diharapkan dapat dipahami oleh panitia dan semua pihak yang terkait agar dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, sehingga tercapai hasil secara optimal. 

Pelaksanaan OSN SD tahun 2022 diharapkan dapat memberi manfaat untuk peningkatan mutu pendidikan, serta menghasilkan peserta didik yang mencintai ilmu pengetahuan sekaligus berprestasi pada perOlimpiadean tingkat internasional, sebagai bagian dari upaya menciptakan generasi emas Indonesia.

Semoga buku panduan teknis pelaksanaan OSN SD tahun 2022 ini dapat dijadikan acuan semua pihak terkait, dan dapat terlaksana dengan baik, efektif, dan efisien.

Selamat mengikuti Olimpiade.

Terima Kasih.

Post a Comment for "Buku Pedoman Teknis Pelaksanaan OSN SD Tahun 2022"