Widget HTML #1

Panduan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Jenjang SD, SMP, dan SMA

Panduan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Tukang Ketik. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila adalah pembelajaran lintas disiplin ilmu untuk mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitarnya. 

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis projek (project-based learning), yang berbeda dengan pembelajaran berbasis projek dalam program intrakurikuler di dalam kelas. 

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk belajar dalam situasi tidak formal, struktur belajar yang fleksibel, kegiatan belajar yang lebih interaktif, dan juga terlibat langsung dengan lingkungan sekitar untuk menguatkan berbagai kompetensi dalam Profil Pelajar Pancasila.

Projek adalah serangkaian kegiatan untuk mencapai sebuah tujuan tertentu dengan cara menelaah suatu tema menantang. 

Projek didesain agar peserta didik dapat melakukan investigasi, memecahkan masalah, dan mengambil keputusan. 

Peserta didik bekerja dalam periode waktu yang telah dijadwalkan untuk menghasilkan produk dan/atau aksi.

Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ini disusun untuk membantu pendidik dan kepala satuan pendidikan dalam mengembangkan projek penguatan Profil Pelajar Pancasila. 

Panduan ini diharapkan menjadi salah satu sumber informasi yang dapat dirujuk oleh pendidik dalam merancang dan melaksanakan projek.

Panduan ini memuat prinsip-prinsip, komponen-komponen, tahapan, kriteria output setiap tahapan perencanaan dan pelaksanaan projek, strategi serta contoh-contoh pelaksanaan projek penguatan Profil Pelajar Pancasila pada pembelajaran paradigma baru.

Sebagai salah satu sumber informasi, penjelasan mengenai strategi, contoh-contoh serta format dalam panduan ini hanya merupakan contoh, bukan sesuatu yang harus diikuti sepenuhnya atau keseluruhan. 

Pendidik dapat menggunakan rujukan, strategi dan format lain untuk merancang dan melaksanakan projek penguatan Profil Pelajar Pancasila, selama hasil yang diharapkan memenuhi kriteria output pada setiap tahapan dan memenuhi prinsip pembelajaran dan asesmen yang telah ditetapkan dalam Kemendikbudristek-Dikti tentang satuan pendidikan Penggerak dan SMK Pusat Keunggulan.

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila merupakan upaya untuk mencapai Profil Pelajar Pancasila dengan menggunakan Pembelajaran Paradigma baru. 

Oleh karena itu, pemahaman mengenai Profil Pelajar Pancasila dan Pembelajaran Paradigma Baru perlu diupayakan. 

Selain infomasi dari panduan ini, pendidik dapat mempelajari kedua konsep tersebut dengan mengakses dokumen terkait lainnya.

Untuk lebih jelas dan lengkapnya, silahkan dilihat dan diunduh Panduan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Jenjang SD, SMP, dan SMA pada tab unduhan di bawah ini:

Panduan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Jenjang SD, SMP, dan SMA

Semangat dan antusiasme satuan pendidikan dan pendidik terhadap pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ini akan memberikan dorongan dan semangat bagi orang tua dan warga satuan pendidikan untuk membantu kesuksesan pembelajaran para peserta didik.

Terima Kasih.

Post a Comment for "Panduan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Jenjang SD, SMP, dan SMA"