Buku Panduan Capaian Hasil AN untuk Satuan Pendidikan
Tukang Ketik. Semangat Asesmen Nasional (AN) adalah meningkatkan kualitas, tidak sekedar kenaikan nilai semata.
Berikut di bawah ini adalah beberapa poin penting dalam memahami capaian hasil Asesmen Nasional (AN).
A.1 Kemampuan Literasi
Kemampuan peserta didik dalam memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks untuk menyelesaikan masalah dan mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia agar dapat berkontribusi secara produktif di masyarakat.
A.2 Kemampuan Numerasi
Kemampuan peserta didik dalam berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga negara Indonesia dan dunia.
A.3 Karakter
Tingkat karakter pelajar pancasila yang bersifat holistik mencakup komponen pengetahuan, afektif, keterampilan, dan perwujudan dalam perilaku.
B.1 Kesenjangan Literasi
Kesenjangan nilai literasi murid terdiri dari:
Kesenjangan antar kelompok gender;
Kesenjangan antar kelompok sosial ekonomi status; dan
Kkesenjangan antar kelompok wilayah.
B.2 Kesenjangan Numerasi
Kesenjangan nilai numerasi murid terdiri dari: kesenjangan antar kelompok gender; kesenjangan antar kelompok sosial ekonomi status; dan kesenjangan antar kelompok wilayah.
B.3 Kesenjangan Indeks Karakter
Kesenjangan indeks karakter murid terdiri dari: kesenjangan antar kelompok gender; kesenjangan antar kelompok sosial ekonomi status; dan kesenjangan antar kelompok wilayah.
D.1 Kualitas Pembelajaran
Tingkat kualitas interaksi antara guru, murid, dan materi pembelajaran dalam proses pengajaran dan pembelajaran.
D.2 Refleksi dan Perbaikan Pembelajaran oleh Guru
Tingkat aktivitas refleksi dan perbaikan pembelajaran oleh guru.
D.3 Kepemimpinan Instruksional
Tingkat kepemimpinan instruksional sekolah yang mendukung perbaikan kualitas pembelajaran.
D.4 Iklim Keamanan Sekolah
Tingkat rasa aman dan kenyamanan murid dari hal rasa aman disekolah, perundungan, hukuman fisik, pelecehan seksual, dan aktivitas narkoba di lingkungan sekolah.
D.5 Kesenjangan Iklim Keamanan
Kesenjangan iklim yang aman secara fisik dan psikologis berdasarkan kelompok sosial ekonomi status dan kelompok wilayah.
D.6 Iklim Kesetaraan Gender
Dukungan atas kesetaraan hak dan kemampuan laki-laki dan perempuan dalam menjalankan peran publik.
D.7 Kesenjangan Iklim Kesetaraan Gender
Kesenjangan kesetaraan hak dan kemampuan laki-laki dan perempuan dalam menjalankan peran publlik berdasarkan kelompok sosial ekonomi status dan kelompok wilayah.
D.8 Iklim Kebinekaan
Iklim kebinekaan menyangkut bagaimana lingkungan sekolah menyikapi keragaman seperti perbedaan individu, identitas, maupun latar belakang sosial-budaya dan mengenai komitmen kebangsaan.
D.9 Kesenjangan Iklim Kebinekaan
Kesenjangan indeks kebinekaan sekolah berdasarkan kelompok sosial ekonomi status dan kelompok wilayah.
D.10 Iklim Inklusivitas
Iklim inklusivitas menyangkut bagaimana lingkungan sekolah menyikapi keragaman seperti perbedaan individu, identitas, maupun latar belakang sosial-budaya.
D.11 Kesenjangan Iklim Inklusivitas
Kesenjangan iklim inklusivitas sekolah berdasarkan kelompok sosial ekonomi status dan kelompok wilayah.
D.14 Kesenjangan Fasilitas Literasi Satuan Pendidikan
Nilai kesenjanagan fasilitas satuan pendidikan berdasarkan kelompok sosial ekonomi status dan kelompok wilayah.
E.1 Pengelolaan Sekolah yang Partisipatif, Transparan, dan Akuntabel
Partisipasi warga sekolah.
Tingkat partisipasi orang tua dan peserta didik dalam pengelolaan sekolah.
Demikian beberapa poin penting dalam memahami yang ada Buku Panduan Capaian Hasil AN untuk Satuan Pendidikan, semoga dapat bermanfaat.
Penjabaran selengkapnya dapat diunduh pada tab di bawah ini:
Terima Kasih.
Post a Comment for "Buku Panduan Capaian Hasil AN untuk Satuan Pendidikan"
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.