Widget HTML #1

Contoh RKS, RKJM, dan RKT

Contoh RKS

Tukang Ketik. Perencanaan adalah salah satu komponen yang berfungsi sebagai pengendali manajemen di lingkungan sekolah. 

Perencanaan juga memegang peran penting dalam upaya kemajuan sekolah. 

Rencana merupakan blue print sebuah sekolah, mau dibawa kemana perkembangan dan peningkatan mutu pendidikan di sekolah yang Kepala Sekolah pimpin. 

Pencanaan yang baik pada suatu kegiatan adalah awal dalam meraih sebuah kesuksesan. 

Sehingga dalam membuat perencanaan harus menggunakan data, fakta dan estimasi yang ada dasarnya. 

Untuk itu Peraturan Pemerintah, Peraturan Menteri, dan ketentuan lain yang menunjang telah dibuat sebagai landasan dalam penyusunan rencana kerja sekolah.

Permendiknas No.19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan menjelaskan bahwa Rencana Kerja Sekolah (RKS) terdiri atas Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM) menggambarkan tujuan yang akan dicapai sekolah dalam kurun waktu empat tahun yang berkaitan dengan mutu lulusan, dan Rencana Kerja Tahunan (RKT) merupakan kegiatan sekolah selama satu tahun yang tidak lepas dari RKJM.

Penganggaran RKT dinyatakan dalam Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS). 

RKJM, RKT dan RKAS merupakan pedoman bagi kepala sekolah beserta tim pengembang sekolah dalam mengelola sekolah untuk selalu mengembangkan mutu pendidikan. 

RKS memberikan banyak peluang bagi kepala sekolah dalam mengelola segala sumberdaya yang ada di sekolah dengan cara yang terbaik, efektif dan efisien, untuk memberikan pembelajaran yang berkualitas bagi peserta didik.

Pentingnya fungsi perencanaan dalam pengelolaan sekolah dapat dilihat dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan. 

Setiap sekolah pada semua jenjang pendidikan (SD, SMP, SMA, SMK), bahwa sekolah harus membuat, sebagai berikut:

  • Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM) yang menggambarkan tujuan yang akan dicapai dalam kurun waktu 4 tahun yang berkaitan dengan mutu lulusan yang ingin dicapai dan perbaikan komponen yang mendukung peningkatan mutu lulusan.

  • Rencana Kerja Tahunan (RKT) yang dinyatakan dalam Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) yang dilaksanakan berdasarkan Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM).

RKJM adalah rencana kerja yang berisi tujuan, program, kegiatan, dan estimasi sumberdaya untuk jangka waktu 4 (empat) tahun. 

Sedangkan RKT adalah program jangka pendek atau tahunan sebagai jabaran atau operasionalisasi RKJM.

Dalam mengembangkan Rencana Kerja Sekolah yang digunakan sebagai pedoman pengelolaan sekolah perlu mempertimbangkan visi, misi dan tujuan sekolah, serta ditnjau dan dirumuskan kembali secara berkala sesuai dengan perkembangan masyarakat.

Rencana Kerja Sekolah (RKS) adalah dokumen penting yang digunakan sebagai salah satu pedoman sekolah. 

Oleh karena itu, RKS harus memuat hal-hal penting yang dapat memberikan gambaran secara menyeluruh terhadap kebutuhan pengembangan sekolah.

Sekolah dapat menetapkan standar mutu baru di atas SNP apabila seluruh standar dalam SNP telah terpenuhi. 

Acuan utama RKS adalah pengembangan sekolah berdasarkan 8 (delapan) Standar Nasional Pendidikan. 

Sebagaimana diuraikan tersebut, RKS berupa RKJM dan RKT. 

Akhirnya, Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM) dan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) adalah bagian penting tugas perencanaan Kepala Sekolah. 

Pada saat kepala sekolah mulai berupaya membuat perencanaan sebetulnya telah menciptakan banyak peluang yang lebih baik menuju kesuksesan. 

Peraturan Pemerintah, Peraturan Menteri, dan ketentuan lain yang menunjang menjadi landasan dalam penyusunan perencanaan. 

Namun demikian, perencanaan bukanlah sekadar memenuhi persyaratan, seperti yang diharapkan pemerintah. 

Perencanaan ini akan memberikan banyak peluang bagi Kepala Sekolah dalam mengelola segala sumberdaya yang ada di sekolah sehingga Kepala Sekolah bisa mengelola sekolah dengan cara yang terbaik, mendapat prestasi yang terbaik, pekerjaan Kepala Sekolah menjadi lebih efektif, dan mampu memberikan pembelajaran yang berkualitas bagi peserta didik.

Berikut adalah beberapa contoh tentang RKS dan administrasi pendukung lainnya yang dapat dilihat dan diunduh pada tab di bawah ini:

Contoh Analisis Konteks Format Analisis dan Perbaikan RKS

Demikianlah informasi tentang Contoh RKS, RKJM, dan RKT yang dapat dijadikan pedoman atau acuan Kepala Sekolah dalam penyususnan RKS, semoga dapat bermanfaat.

Terima Kasih.

Post a Comment for "Contoh RKS, RKJM, dan RKT"