Contoh Soal Asesmen Numerasi untuk Fase B (Kelas 3-4 SD)
Tukang Ketik. Pembelajaran dirancang dengan mempertimbangkan tingkat pencapaian peserta didik saat ini, sesuai kebutuhan belajar, serta mencerminkan karakter dan perkembangan mereka.
Pembelajaran dirancang dan dilaksanakan untuk membangun kapasitas belajar peserta didik dan kapasitas mereka untuk menjadi pembelajar sepanjang hayat.
Kegiatan belajar mendukung perkembangan kognitif dan karakter peserta didik secara berkelanjutan dan holistik.
Pembelajaran yang relevan, yaitu pembelajaran yang dirancang sesuai konteks kehidupan, menghargai budaya peserta didik, serta melibatkan orang tua dan komunitas sebagai mitra.
Pembelajaran berorientasi pada masa depan yang berkelanjutan.
Pembelajaran dirancang dan dilaksanakan untuk membangun kapasitas belajar peserta didik dan kapasitas mereka untuk menjadi pembelajar sepanjang hayat.
Kegiatan belajar mendukung perkembangan kognitif dan karakter peserta didik secara berkelanjutan dan holistik.
Pembelajaran yang relevan, yaitu pembelajaran yang dirancang sesuai konteks kehidupan, menghargai budaya peserta didik, serta melibatkan orang tua dan komunitas sebagai mitra.
Pembelajaran berorientasi pada masa depan yang berkelanjutan.
Berikut di bawah ini adalah contoh soal asesmen mata pelajaran Numerasi untuk Fase B (Kelas 3-4 SD):
Tujuan Asesmen
Diagnostik
Mendiagnosa kemampuan murid untuk menentukan perangkat ajar yang tepat.
Data dan Ketidakpastian
Cakupan Materi dan Detail Kompetensi
- Data dan Representasinya
- Memahami cara penyajian data sederhana (menggunakan turus dan diagram gambar). (8 soal)
- Ketidakpastian dan Peluang
- Menentukan kejadian yang lebih mungkin di antara beberapa kejadian. (2 soal)
- 3 pilihan ganda
- 4 pilihan ganda kompleks
- 2 pencocokan
- 1 uraian
Soal Data dan Ketidakpastian Kunci Jawaban
Aljabar
Cakupan Materi dan Detail Kompetensi
- Relasi dan Fungsi (termasuk Pola Bilangan)
- Mengenali pola bilangan sederhana dan melanjutkan pola tersebut. (2 soal)
- Rasio dan Proporsi
- Menggunakan rasio/ skala untuk menentukan nilai/ bilangan yang tidak diketahui. (Penyederhanaan) (4 soal)
- Persamaan dan Pertaksamaan
- Menyelesaikan persamaan sederhana menggunakan operasi perkalian/ pembagian saja (dalam bentuk yang ramah bagi anak). (4 soal)
Komposisi Paket Soal
- 2 pilihan ganda
- 6 pilihan ganda kompleks
- 1 pencocokan
- 1 uraian
Bilangan
Cakupan Materi dan Detail Kompetensi
- Representasi
- Memahami bilangan cacah (maksimal enam angka) (7 soal)
- Mengetahui posisi pecahan pada garis bilangan. (1 soal)
- Memahami pecahan dan pecahan campuran positif dengan penyebut bilangan satu atau dua angka (misal 5/12, 2?). (2 soal)
Komposisi Paket Soal
- 5 pilihan ganda
- 3 pilihan ganda kompleks
- 1 pencocokan
- 1 uraian
Geometri
Cakupan Materi dan Detail Kompetensi
- Bangun Geometri
- Mengenal prisma dan tabung. (3 soal)
- Menghitung luas persegi panjang bila diketahui panjang dan lebarnya, dan menghitung panjang atau lebar bila diketahui luas dan salah satu sisinya. (5 soal)
- Pengukuran
- Mengenal dan menggunakan satuan luas (cm2, m2) dan volume (cm3, m3). (2 soal)
Komposisi Paket Soal
- 3 pilihan ganda
- 5 pilihan ganda kompleks
- 1 pencocokan
- 1 uraian
Demikianlah informasi mengenai Contoh Soal Asesmen Numerasi untuk Fase B (Kelas 3-4 SD), semoga dapat bermanfaat.
Untuk contoh-contoh soal asesmen lainnya dapat dilihat dan diunduh pada tautan di bawah ini:
Terima Kasih.
Sumber: Kemendikbudristek
Post a Comment for "Contoh Soal Asesmen Numerasi untuk Fase B (Kelas 3-4 SD)"
Post a Comment
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.