Widget HTML #1

Apa Itu Kompetisi Sains Madrasah (KSM)? Berikut Penjelasan dan Tutorial Pendaftarannya

Kompetisi Sains Madrasah (KSM)

Tukang Ketik. Apa Itu Kompetisi Sains Madrasah (KSM)? Berikut Penjelasan dan Tutorial Pendaftarannya, silahkan di simak ya.

Kompetisi Sains Madrasah (KSM) adalah sebuah ajang berkompetisi dalam bidang sains yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia.

Kompetisi Sains Madrasah diselenggarakan mulai dari tahun 2012 hingga tahun 2017 dilakukan secara konvensional dan pelaksanaan Kompetisi Sains Madrasah berbasis teknologi dimulai sejak tahun 2018 sampai dengan sekarang.

Proses pendaftaran dan seleksi administrasi hingga pelaksanaan tes memanfaatkan Teknologi Informasi guna meningkatkan akuntabilitas dan transparansi dalam pelaksanaan kompetisi. 

Kompetisi Sains Madrasah 2022 dibuka untuk Satuan Pendidikan baik dari Madrasah (MI, MTs, MA) ataupun dari Sekolah (SD/ SMP/ SMA Sederajat).

Kompetisi Sains Madrasah (KSM) itu sendiri ada beberapa tingkatan, yaitu sebagai berikut:

  • KSM Tingkat Satuan Pendidikan

  • KSM Tingkat Kabupaten/ Kota

  • KSM Tingkat Provinsi

  • KSM Tingkat Nasional

Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Satuan Pendidikan ditetapkan oleh Madrasah masing-masing, Peserta juara Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat satuan pendidikan dikirim untuk mengikuti Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Kabupaten/ Kota.

Peserta yang sudah didaftarkan oleh Madrasah/ Sekolah kemudian sudah diverifikasi oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten/ Kota akan mengikuti Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat kabupaten/ Kota.

Selanjutnya, Peserta Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Provinsi diikuti oleh 3 siswa terbaik tiap bidang studi yang dilombakan sebagai hasil seleksi Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Kabupaten/ Kota dalam satu provinsi.

Dan terakhir, Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Nasional diikuti oleh 1 orang siswa terbaik tiap provinsi per bidang studi.

Berikut di bawah ini adalah beberapa video tutorial yang terkait dengan Kompetisi Sains Madrasah (KSM):

  • Tutorial Pembuatan Akun KSM


Video Tutorial Pembuatan Akun KSM

 

  • Tutorial Pendaftaran Peserta KSM


Video Tutorial Pendaftaran KSM

 

  • Bagaimana Jika Lupa Password ? 

     

Video Tutorial Jika Lupa Pasword

 

Mengenai Juknis Kompetisi Sains Madrasah (KSM) untuk Tahun 2022 dapat dilihat disini.

Demikianlah informasi mengenai Apa Itu Kompetisi Sains Madrasah (KSM)? Berikut Penjelasan dan Tutorial Pendaftarannya, semoga dapat bermanfaat.

Terima Kasih.

Post a Comment for "Apa Itu Kompetisi Sains Madrasah (KSM)? Berikut Penjelasan dan Tutorial Pendaftarannya"