Widget HTML #1

Juknis Kompetisi Sains Madrasah (KSM) 2022

Juknis KSM

Teguhkan Prestasi Bangkitkan Negeri
Tukang Ketik. Kompetisi Sains Madrasah (KSM) merupakan sebuah kegiatan yang digelar dan diadakan oleh Kementerian Agama sebagai wahana membangun ghirah kompetisi sains di kalangan siswa madrasah. 

Sejak awal digelar (tahun 2012), KSM telah menjadi ajang yang positif dalam membangun budaya kompetisi dan mulai tahun 2018 KSM berupaya mengelaborasi sains dengan konteks nilai-nilai Islam.

Deras laju perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi mulai menimbulkan rasa khawatir kalangan masyarakat, terutama ekses negatif yang muncul dan tidak dapat dinafikan sebagai akibat perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut.

Menyikapi kondisi ini, masyarakat mulai berpaling dan menaruh harapan besar kepada madrasah agar dapat menjawab tantangan itu. 

Sebab di mata masyarakat, madrasah dapat memberikan benteng bagi anak-anak mereka karena madrasah tidak hanya membekali ilmu pengetahuan dan teknologi, namun juga memberikan bekal ilmu agama.

Indikator paling tampak dari kondisi tersebut adalah semakin besar minat orang tua memasukkan putra-putri ke madrasah.

Fakta ini tentu menjadi tantangan tersendiri bagi pengelola madrasah yang harus dijawab dengan langkah-langkah konkret.

Proses pembelajaran dan sarana pembelajaran di madrasah harus semakin ditingkatkan, ditunjang dengan guru-guru madrasah yang juga harus senantiasa ditingkatkan kualifikasinya. 

Selain itu, guna meningkatkan iklim kompetisi di kalangan siswa madrasah juga perlu dikembangkan/ dibangun kegiatan-kegiatan yang dapat mengakomodir siswa untuk mengaktualisasikan potensi yang dimiliki. 

Dengan cara ini maka madrasah dapat semakin mengejar ketertinggalan dari sekolah umum, bahkan sangat mungkin mengunggulinya.

Dalam rangka penguatan dan pengembangan ilmu dan teknologi serta peningkatan mutu dan daya saing siswa madrasah, maka Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan Madrasah Ditjen Pendidikan Islam telah menyusun Petunjuk Teknis (Juknis) Pelaksanaan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tahun 2022.

Juknis ini bertujuan agar pemahaman dan pelaksanaan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tahun 2022 yang rangkaian acaranya sesuai dengan kalender kegiatan.

Sehubungan dengan hal tersebut di atas, maka akan disampaikan Juknis Kompetisi Sains Madrasah (KSM) 2022 yang berdasarkan SK Dirjen Nomor 2742 tanggal 19 Mei 2022 tentang Petunjuk Teknis (Juknis) Pelaksanaan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) 2022.

Perihal Juknis Kompetisi Sains Madrasah (KSM) 2022 selengkapnya dapat diunduh pada tab unduhan di bawah nanti.

Demikianlah informasi mengenai Juknis Kompetisi Sains Madrasah (KSM) 2022, semoga dapat bermanfaat.

Terima Kasih.

Post a Comment for "Juknis Kompetisi Sains Madrasah (KSM) 2022"