Widget HTML #1

BUKU PEDOMAN PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN TINDAK KEKERASAN DI SEKOLAH DASAR

PEDOMAN PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN TINDAK KEKERASAN

Tukang Ketik. Buku Pedoman Pencegahan dan Penanggulangan Tindak Kekerasan di Sekolah ini disusun dengan maksud dan tujuan sebagai berikut:

Memberikan pedoman dan acuan praktis kepada satuan pendidikan tingkat sekolah dasar dan pemangku kepentingan baik pusat maupun daerah untuk mencapai maksud ditetapkannya Permendikbud No. 82 Tahun 2015 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Tindak Kekerasan di Lingkungan Satuan Pendidikan, yaitu:

  1. Terciptanya kondisi proses pembelajaran yang aman, nyaman, dan menyenangkan;

  2. Terhindarnya semua warga sekolah dari unsur-unsur atau tindakan kekerasan;dan

  3. Menumbuhkan kehidupan pergaulan yang harmonis dan kebersamaan antar peserta didik atau antara peserta didik dengan pendidik, tenaga kependidikan, dan orangtua serta masyarakat baik dalamsatu satuan pendidikan maupun antar satuan pendidikan.

Selanjutnya tujuan dari Buku Pedoman Pencegahan dan Penanggulangan Tindak Kekerasan di Sekolah adalah sebagai berikut:

Memberikan pedoman dan acuan praktis kepada warga satuan pendidikan dan pemangku kepentingan bagi pemahaman konsep, upaya pencegahan dan penanggulangan, serta pengawasan dan evaluasi untuk mencapai tujuan ditetapkannya Permendikbud No. 82 Tahun 2015 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Tindak Kekerasan di Lingkungan Satuan Pendidikan, yaitu:

  1. Melindungi anak dari ndakan kekerasan yang terjadi di lingkungan satuan pendidikan maupun dalam kegiatan sekolah di luar lingkungan satuan pendidikan;

  2. Mencegah anak melakukan ndakan kekerasan di lingkungan satuan pendidikan maupun dalam kegiatan sekolah di luar lingkungan satuan pendidikan;dan

  3. Mengatur mekanisme pencegahan, penanggulangan, dan sanksi terhadap tindakan kekerasan di lingkungan satuan pendidikan yang melibatkan anak, baik sebagai korban maupun pelaku.

Selanjutnya, Buku Pedoman ini menggunakan kombinasi pendekatan hak anak, perkembangan anak, pedagogik, disiplin positif dan perlindungan yang sangat penting dalam tumbuh kembang anak. 

Integrasi pendekatan tersebut menempatkan peserta didik sebagai subyek dalam lingkungan sosialnya, dimana perlindungannya dipengaruhi oleh sistem dan lingkungan sosial yaitu keluarga, satuan pendidikan, masyarakat maupun kebijakan-kebijakan yang mendukung. 

Pada posisi ini pula peserta didik dihargai secara individual, mendapatkan kesempatan untuk berpartisipasi dan terpenuhinya hak-hak mereka sebagai peserta didik yang membutuhkan perlindungan dan terbebas dari segala bentuk kekerasan, eksploitasi dan penelantaran.

Pedoman pencegahan dan penanggulangan tindak kekerasan merupakan penerjemahan dari Permendikbud Nomor 82 Tahun 2015, dengan menyajikan panduan dan hal-hal praktis, yang mudah diimplementasikan di ngkat satuan pendidikan, dengan memperha kan ngkat usia anak. 

Tindak kekerasan di lingkungan satuan pendidikan dapat mengarah kepada suatu ndak kriminal dan menimbulkan trauma bagi peserta didik. 

Karena, penanggulangannya harus mengiku prinsip-prinsip hak anak, sehingga baik pelaku maupun korban ditangani lebih baik, untuk kebaikan masa depan mereka.

Untuk menjawab berbagai persoalan tersebut, pedoman yang telah dikembangkan dari tahun 2019 dan melalui prosesrevisi ini diharapkan bisa lebih mudah dipahami dan dilaksanakan dengan langkah-langkah konkret sebagai upaya untuk mencegah terjadinya tindak kekerasan di satuan pendidikan, sekaligus mampu menanggulangi kejadian ndak kekerasan. 

Harapannya, tidak ada lagi kasus kekerasan fisik, emosional dan seksual yang menimpa anak-anak kita. 

Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh tim yang sudah menyusun pedoman ini, semoga bisa segera disosialisaskan dan dilaksanakan dengan baik.

Mewujudkan lingkungan aman, nyaman dan menyenangkan bagi peserta didik dak cukup dibebankan kepada kepala sekolah dan pendidik, tapi semua elemen masyarakat harus ikut terlibat dalam mengemban amanah mempersiapkan generasi bangsa. 

Mari kita bangun lingkungan sekolah menjadi rumah kedua bagi peserta didik agar dapat menumbuhkembangkan potensi peserta didik yang memiliki karakter profil Pelajar Pancasila.

Selengkapnya mengenai Buku Pedoman Pencegahan dan Penanggulangan Tindak Kekerasan di Sekolah dapat diunduh pada tab unduhan di bawah ini:

 

Buku Pedoman

 

Akhir kata, semoga Buku Pedoman Pencegahan dan Penanggulangan Tindak Kekerasan di Sekolah dapat bermanfaat.

Terima Kasih.

Post a Comment for "BUKU PEDOMAN PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN TINDAK KEKERASAN DI SEKOLAH DASAR"