Widget HTML #1

Buku Panduan Pembelajaran dan Asesmen (PPA) Kurikulum 2013 - PAUD Dikdasmen

Panduan Pembelajaran dan Asesmen (PPA)


Tukang Ketik - Buku Panduan Pembelajaran dan Asesmen (PPA) Kurikulum 2013 - PAUD Dikdasmen dapat di unduh di bawah nanti.

Pada kesempatan kali ini Admin akan membagikan file tentang Buku Panduan Pembelajaran dan Asesmen (PPA) Kurikulum 2013 - PAUD Dikdasmen.

Panduan Pembelajaran dan Asesmen (PPA) merupakan dokumen yang berisi prinsip, strategi dan contoh-contoh yang dapat memandu guru dan satuan pendidikan dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran dan asesmen. 

Pembelajaran yang dimaksud meliputi aktivitas menganalisis Kompetensi Dasar dan cara mencapai Kompetensi Dasar tersebut sebagai tujuan pembelajaran. 

Sementara asesmen adalah aktivitas selama proses pembelajaran untuk mencari bukti ketercapaian Kompetensi Dasar. 

Dalam Buku Panduan Pembelajaran dan Asesmen (PPA) Kurikulum 2013 - PAUD Dikdasmen ini, pembelajaran dan asesmen merupakan satu siklus, di mana asesmen memberikan informasi tentang pembelajaran yang perlu dirancang, kemudian asesmen digunakan untuk mengecek efektivitas pembelajaran yang berlangsung. 

Oleh karena itu, asesmen yang diutamakan adalah asesmen formatif yang berorientasi pada perkembangan kompetensi peserta didik.

Dalam Kurikulum 2013, Pemerintah menetapkan Kompetensi Inti/ Kompetensi Dasar (KI/ KD) yang menjadi rujukan utama dalam pengembangan rancangan pembelajaran, khususnya untuk kegiatan intrakurikuler. 

Buku Panduan Pembelajaran dan Asesmen (PPA) Kurikulum 2013 - PAUD Dikdasmen ini memfasilitasi proses berpikir dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran yang dimulai dari menganalisis Kompetensi Dasar, merumuskan tujuan pembelajaran secara mandiri dan menyusun alur tujuan pembelajaran bagi sekolah yang memilih untuk melakukannya, mengembangkan langkah-langkah pembelajaran yang terdiferensiasi, serta mengembangkan asesmen pada awal dan akhir pembelajaran yang dikemas dalam dokumen perencanaan pembelajaran. 

Perencanaan serta pelaksanaan asesmen dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengolahan, dan pelaporan hasil penilaian atau asesmen. 

Panduan Pembelajaran dan Asesmen difokuskan untuk pembelajaran dan asesmen intrakurikuler.

 

Sasaran Pengguna Buku Panduan Pembelajaran dan Asesmen (PPA) Kurikulum 2013

Pendidik

panduan pembelajaran dan asesmen ini digunakan sebagai panduan dalam melaksanakan pembelajaran.

Kepala sekolah

Panduan ini dapat menjadi acuan atas fungsi kepala sekolah sebagai pemimpin pembelajaran (instructional leader). 

Sebagai pemimpin pembelajaran, kepala sekolah menginspirasi para pendidik untuk berkolaborasi dan berinovasi dalam menciptakan perubahan yang dimulai dari dalam kelas. 

Pengawas

Pengawas diharapkan berperan mendampingi kepala sekolah. 

Pengawas bersama kepala sekolah mendiskusikan dan merefleksikan proses pembelajaran (tidak hanya terfokus pada administrasi), serta memberikan inspirasi praktik baik pelaksanaan pembelajaran dan asesmen dari sekolah lain. 

Pengawas juga dapat melakukan pendampingan kepada kepala sekolah dan pendidik yang memerlukan konsultasi, dalam menyelesaikan permasalahan dan tantangan dalam pembelajaran.

Komunitas Belajar

Komunitas belajar (MGMP, KKG, Guru Penggerak, dan lain-lain), panduan ini dapat berguna untuk bahan diskusi, memantik berbagai ide dalam pembelajaran, dan lain-lain.

 

Cara Menggunakan Buku Panduan Pembelajaran dan Asesmen (PPA) Kurikulum 2013

Satuan pendidikan dan pendidik diberikan kebebasan untuk mengembangkan pembelajaran, perangkat ajar, dan asesmen sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik, satuan pendidikan, dan daerahnya. 

Satuan pendidikan dan pendidik juga memiliki keleluasaan untuk menentukan jenis, teknik, bentuk instrumen, dan waktu pelaksanaan asesmen berdasarkan karakteristik tujuan pembelajaran.

Dalam penggunaannya, panduan ini perlu memperhatikan beberapa regulasi, antara lain sebagai berikut:

  • Standar Proses dan Standar Penilaian Pendidikan yang berlaku

  • Pedoman Pembelajaran Kurikulum 2013

  • Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran pada Kurikulum 2013

 

Untuk informasi selengkapnya mengenai Buku Panduan Pembelajaran dan Asesmen (PPA) Kurikulum 2013 - PAUD Dikdasmen dapat Anda unduh pada tab unduhan di bawah ini:

 

Buku Panduan Pembelajaran dan Asesmen (PPA) K13

 

Demikianlah informasi tentang Buku Panduan Pembelajaran dan Asesmen (PPA) Kurikulum 2013 - PAUD Dikdasmen yang dapat Admin bagikan kali ini, semoga dapat bermanfaat.

Terima Kasih.

Post a Comment for "Buku Panduan Pembelajaran dan Asesmen (PPA) Kurikulum 2013 - PAUD Dikdasmen"