Widget HTML #1

Download Bahan Ajar Program Transisi PAUD - SD

Program Transisi PAUD - SD


Tukang Ketik - Download Bahan Ajar Program Transisi PAUD - SD, Transisi PAUD - SD merupakan hal yang belum sepenuhnya disadari oleh orang tua, satuan PAUD maupun SD. 

Meskipun transisi PAUD - SD bukanlah hal yang baru, tetapi fakta di lapangan menunjukkan bahwa banyak anak belum mendapat dukungan yang memadai untuk mengalami transisi PAUD-SD secara positif. 

Padahal, transisi merupakan bagian penting bagi anak usia dini.

Proses transisi PAUD-SD akan berpengaruh terhadap keberhasilan, kesejahteraan,
keterlibatan, dan sikap positif terhadap belajar yang telah dibangun sejak PAUD.

Pada proses ini stimulasi sosial emosional, bahasa, fisik motorik dan, kognitif bagi anak dilakukan secara berkesinambungan mulai dari PAUD hingga SD kelas rendah.

Untuk menjamin penyelenggaraan, pengelolaan, dan pelaksanaan program transisi PAUD - SD, maka dipandang perlu diterbitkannya bahan ajar yang dapat mendukung implementasi program transisi PAUD-SD sehingga dapat dijalankan untuk mengantisipasi berbagai hal terkait dengan kesiapan bersekolah.

Masa transisi dari lingkungan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ke sekolah dasar (SD) merupakan suatu peristiwa berkelanjutan dimana seorang anak harus menyesuaikan diri dengan perubahan lingkungan, identitas sosial, jaringan sosial, serta metode belajar mengajar. 

Masa transisi ini tidak hanya melibatkan anak, namun juga keluarga, sekolah, dan masyarakat. 

Dalam mempersiapkan masa transisi PAUD ke SD setidaknya diperlukan adanya 3 (tiga) kesiapan saat anak akan masuk SD, yakni: 

  • Anak yang siap, 

  • Orang tua yang siap, dan

  • Sekolah yang siap. 

Namun saat ini masih banyak anak yang belum dipersiapkan dan mendapat dukungan yang memadai untuk mengalami transisi ke sekolah dasar secara positif. 

Bahkan kecenderungan yang terjadi di tengah masyarakat adalah bahwa konsep transisi ke sekolah ini lebih banyak ditekankan pada kemampuan dan keterampilan yang dikuasai seorang anak agar mampu memenuhi tuntutan akademis di sekolah.

Oleh karena itu, berbagai upaya terus dilakukan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi untuk menjamin penyelenggaraan, pengelolaan, dan pelaksanaan program transisi PAUD - SD ini berjalan dengan baik sesuai perkembangan anak. 

Salah satu upaya adalah dengan menerbitkan Bahan Ajar Program Transisi PAUD - SD Tahun 2021. 

Bahan ajar ini merupakan bahan yang dapat mendukung implementasi program transisi PAUD - SD yang ditujukan untuk para pemangku kepentingan yang bergerak dibidang PAUD dan SD.

Untuk mendapatkan Bahan Ajar Program Transisi PAUD - SD tersebut, silahkan Anda download pada tab unduhan di bawah ini:

 

 

Bahan Ajar Program Transisi PAUD - SD

 

 

Demikianlah informasi yang dapat Admin bagikan pada kesempatan kali ini mengenai Bahan Ajar Program Transisi PAUD - SD, semoga dapat bermanfaat.

Terima Kasih.

Post a Comment for "Download Bahan Ajar Program Transisi PAUD - SD"