Widget HTML #1

Buku Petunjuk Pelaksanaan Siklus Pendampingan Pengawas Sekolah

Buku Petunjuk Pelaksanaan


Tukang Ketik - Buku Petunjuk Pelaksanaan Siklus Pendampingan Pengawas Sekolah yang dapat Anda unduh di akhir postingan ini.

Pada kesempatan kali ini Admin akan membagikan sebuah Buku Petunjuk Pelaksanaan Siklus Pendampingan Pengawas Sekolah.

Dokumen atau Buku Petunjuk Pelaksanaan Siklus Pendampingan Pengawas Sekolah yang telah lama dinantikan banyak pihak ini lahir dari kepulan semangat kolaborasi banyak pihak yang terlibat dalam proses penyusunannya. 

Mulai dari Asosiasi Pengawas Sekolah Indonesia (APSI), para konsultan pendidikan dan regulasi, tim rapor pendidikan, para kepala sekolah, unit utama Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, serta pemangku kepentingan lainnya yang tak mungkin ditulis satu per satu.

Momentum ini juga menandai babak baru transformasi profesi pengawas sekolah menjadi pendamping bagi kepala sekolah. 

Dalam paradigma terdahulu, kolaborasi antara pengawas sekolah dan kepala sekolah sulit terbentuk lantaran pengawas sekolah kerap dipandang sebagai sosok antagonis yang bekerja menilai dan mengevaluasi kinerja kepala sekolah, tanpa berkontribusi memecahkan pelbagai masalah yang dihadapi sekolah.

Kini, lewat transformasi peran sebagai pendamping, pengawas sekolah diarahkan untuk tampil dalam sosok terbaru; bukan lagi sebagai momok bagi para kepala sekolah, tetapi sebagai teman belajar bagi kepala sekolah yang mampu mengaplikasikan ragam strategi dan metode pendampingan yang menyesuaikan dengan profil warga satuan pendidikan. 

Dengan demikian, pengawas sekolah diharapkan dapat berkontribusi aktif dalam membantu kepala sekolah mewujudkan program-program yang sesuai dengan visi perubahan yang disasar.

Secara substansi dokumen atau Buku Petunjuk Pelaksanaan Siklus Pendampingan Pengawas Sekolah ini berisi dua bagian, yaitu sebagai berikut:

  • Bagian pertama memuat penjelasan terkait transformasi peran pengawas sekolah, siklus pendampingan, berikut prinsip-prinsip pelaksanaan pendampingan. 

  • Bagian selanjutnya berisi ilustrasi cerita terkait tiap tahapan siklus pendampingan pengawas sekolah disertai alat-alat bantu, seperti pilihan strategi, metode, panduan refleksi, dan instrumen lainnya yang dapat dipakai selama menjalankan kegiatan pendampingan.

Untuk informasi selengkapnya mengenai Buku Petunjuk Pelaksanaan Siklus Pendampingan Pengawas Sekolah dapat Anda unduh pada tab unduhan di bawah ini:


Petunjuk Pelaksanaan Siklus Pendampingan Pengawas Sekolah

 

Selain Buku Petunjuk Pelaksanaan Siklus Pendampingan Pengawas Sekolah, Anda juga dapat melihat regulasi yang tertuang dalam Perdirjen GTK tentang Peran Pengawas dalam Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar di Satuan Pendidikan disini

Demikianlah informasi mengenai Buku Petunjuk Pelaksanaan Siklus Pendampingan Pengawas Sekolah yang dapat Admin bagikan kali ini, semoga dapat bermanfaat.

Terima Kasih.

Post a Comment for "Buku Petunjuk Pelaksanaan Siklus Pendampingan Pengawas Sekolah"