Widget HTML #1

Modul Desain Bimtek Profesional 1 SD, SMP, SMA, dan SMK PPKB - GPAI

Modul Desain Bimtek Profesional 1


Tukang Ketik - Modul Desain Bimtek Profesional 1 SD, SMP, SMA, dan SMK PPKB - GPAI adalah tema kali ini yang akan Admin informasikan kepada Anda semua.

Modul Desain Bimtek Profesional 1 SD, SMP, SMA, dan SMK PPKB - GPAI dapat Anda unduh nanti diakhir postingan.

Guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah (SD, SMP, SMA, dan SMK) memiliki peran penting bagi penumbuhan perilaku beragama di tengah kehidupan berbangsa dan bernegara yang majemuk. 

Oleh karena itu, Ikhtiar untuk meningkatkan kualitas Guru Pendidikan Agama Islam (GPAI) di sekolah terus dilakukan oleh Direktorat Pendidikan Agama Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama. 

Hal ini diwujudkan dengan berbagai inovasi agar penyelenggaraan PAI di sekolah mengalami kemajuan secara berkelanjutan sesuai dengan tantangan dan perkembangan dunia pendidikan. 

Salah satunya adalah melalui Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru Pendidikan Agama Islam (PPKB - GPAI).

Untuk mengoptimalkan penggunaan desain bimtek ini, disarankan memperhatikan
hal-hal sebagai berikut:

Tujuan dan Sasaran Desain bimtek.

Tujuan desain bimtek ini memberikan informasi tentang acuan dalam menyajikan materi “Pendalaman materi substantif PAI pada SD, SMP, SMA, dan SMK” yang berkaitan dengan struktur program dan alokasi waktu, pendekatan dan alur bimtek, informasi tentang tujuan, materi, metode, tagihan, kegiatan sesi dan alat/ bahan bimtek dari materi setiap sesi.

Sasaran desain bimtek ini diperuntukkan bagi pihak penyelenggara Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Pelatih Pendidikan Agama Islam (PPKB - GPAI) pada SD, SMP, SMA, dan SMK mulai dari tingkat pusat sampai daerah.

Struktur Program

Struktur program berisi materi yang disajikan dalam bimtek materi “Pendalaman materi substantif PAI pada SD, SMP, SMA, dan SMK” dan alokasi waktu setiap sesi. 

Materi tersebut adalah sebagai berikut:

  • (1). Kebijakan Kementerian Agama; 

  • (2). Moderasi Beragama; 

  • (3). Konsep dan ruang lingkup materi PAI; 

  • (4). Pola pikir dan karakteristik disiplin keilmuan PAI; 

  • (5). Analisis SKL, Capaian Pembelajaran dan kaitannya dengan ruang lingkup materi PAI; 

  • (6). Identifikasi kesulitan pembelajaran PAI; dan 

  • (7). Pendalaman materi substantif PAI pada SD, SMP,  SMA, dan SMK.

Pendekatan dan Alur Bimtek

Desain bimtek ini menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis aktif learning, dimana desain bimtek ini menggunakan satu kerangka yang sangat sederhana, yaitu disebut ICARE. 

Pola ICARE mencakup lima elemen kunci suatu pengalaman belajar yang baik, yang dapat diterapkan dalam suatu bimtek. 

Pola ICARE singkatan dari Introduction, Connection, Application, Reflection, dan Extension akan dijelaskan secara luas pada uraian berikutnya.

Deskripsi Setiap Sesi

Penjabaran setiap sesi bidang bimtek materi “Pendalaman materi substantif PAI pada SD, SMP, SMA, dan SMK” meliputi tujuan, materi, metode (disesuaikan), tagihan, dan kegiatan sesi.

Bahan dan Alat Bimtek

Dalam pelaksanaan bimtek membutuhkan bahan dan alat untuk dijadikan penunjang kegiatan bimtek. 

Alat peraga digunakan untuk mempemudah pelatih bimtek untuk menyampaikan materi bimtek.

Adapun tujuan desain bimtek ini disusun agar dapat digunakan bagi pihak-pihak penyelenggara kegiatan bimtek PPKB - GPAI pada SD, SMP, SMA, dan SMK sebagai acuan untuk:

  • Menyajikan materi setiap sesi dalam bidang Moderasi Beragama, dan pendalaman materi substantif PAI pada SD, SMP, SMA, dan SMK.

  • Memberikan informasi terkait struktur program dan alokasi waktu yang disediakan.

  • Memberikan gambaran yang komprehensif tentang pendekatan dan alur bimtek yang digunakan dalam menyajikan materi bimtek.

  • Mendapatkan informasi tentang tujuan, materi, metode, tagihan, kegiatan sesi dan alat/ bahan bimtek dari materi setiap sesi bidang perencanaan pembelajaran.

Untuk informasi selengkapnya mengenai Modul Desain Bimtek Profesional 1 SD, SMP, SMA, dan SMK PPKB - GPAI dapat Anda unduh pada tab unduhan di bawah ini:

 

Modul Desain Bimtek Profesional 1

 

Demikianlah informasi kali ini yang dapat Admin bagikan kepada Anda tentang Modul Desain Bimtek Profesional 1 SD, SMP, SMA, dan SMK PPKB - GPAI, semoga dapat bermanfaat.

Terima Kasih.

Post a Comment for "Modul Desain Bimtek Profesional 1 SD, SMP, SMA, dan SMK PPKB - GPAI"