Widget HTML #1

Contoh LK 2 - PRO 1 Sesi 2 Konsep dan Ruang Lingkup PAI

Contoh LK 2 - PRO 1 Sesi 2


Tukang Ketik - Contoh LK 2 - PRO 1 Sesi 2 Konsep dan Ruang Lingkup PAI adalah tema dari artikel kali ini.

Pada kesempatan ini Admin akan membagikan informasi tentang Contoh LK 2 - PRO 1 Sesi 2 Konsep dan Ruang Lingkup PAI.

Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) adalah Pengembangan Kompetensi Guru yang dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan bertahap, berkelanjutan (Peraturan Menteri Agama No. 38 Tahun 2018).

Adapun persyaratan untuk mengikuti PPKB - GPAI adalah sebagai berikut:

  • Guru Pendidikan Agama Islam

  • Terdata pada Aplikasi EMIS dan SIAGA

  • Telah Mengikuti Pemetaan Kompetensi secara Online (PK Online)


Berikut di bawah ini Admin akan membagikan Contoh LK 2 - PRO 1 Sesi 2 Konsep dan Ruang Lingkup PAI:

Aspek Al-Qur'an Hadits

Konsep

Terminologi

Hukum mencari ilmu dan mendalami agama.

Artinya, bahwa pendalaman ilmu agama itu merupakan cara berjuang dengan menggunakan hujjah dan penyampaian bukti-bukti dan juga merupakan rukun terpenting dalam menyeru kepada Allah SWT dan menegakkan sendi-sendi Islam karena perjuangan yang menggunakan pedang itu sendiri tidak disyariatkan kecuali untuk jadi benteng dan pagar dalam mengamankan jalannya dakwah Islamiyah tersebut serta agar tidak dipermainkan oleh tangan-tangan orang kafir dan munafik.

Objek

Umat Islam yang mukmin.

Dalil

QS At Taubah ayat 122.

Artinya:

"Tidak sepatutnya bagi mukminin itu pergi semuanya (ke medan perang). mengapa tidak pergi dari tiap-tiap golongan di antara mereka beberapa orang untuk memperdalam pengetahuan mereka tentang agama dan untuk memberi peringatan kepada kaumnya apabila mereka telah kembali kepadanya, supaya mereka itu dapat menjaga dirinya".

Aspek Akidah

Konsep

Terminologi

Pendidikan Keimanan.

Pendidikan keimanan adalah pendidikan yang mengajarkan kepercayaan yang mengandung nilai-nilai keimanan kita kepada Allah serta mengimani adanya Malaikat-malaikat Allah, Kitab-kitab Allah, Rasul-rasul Allah, hari kiamat serta beriman kepada Qada' dan Qadar.

Objek

Pada surat Luqman ayat ke-13, terdapat pelajaran parenting yang sebaiknya dicontoh para orang tua dalam mendidik anaknya.

Dalil

QS Lukman ayat 13.

“wa idz qâla luqmânu libnihî wa huwa ya‘idhuhû yâ bunayya lâ tusyrik billâh, innasy-syirka ladhulmun ‘adhîm”

(Ingatlah) ketika Luqman berkata kepada anaknya, saat dia menasihatinya, “Wahai anakku, janganlah mempersekutukan Allah! Sesungguhnya mempersekutukan (Allah) itu benar-benar kezaliman yang besar.”

Aspek Akhlak

Konsep

Terminologi

Pendidikan Akhlakul Karimah.

Pembelajaran Akhlakul Karimah merupakan Pembelajaran yang mengarahkan dan mendorong diri seseorang untuk selalu berbuat kebaikan atau bertingkah laku yang terpuji sesuai menurut pandangan akal dan agama.

Objek

Secara implisit, peserta didik atau anak didik yang terdapat dalam QS Lukman 14, 18, dan 19 adalah putra dari Lukman itu sendiri.

Dalil

QS Lukman ayat 14, 18, dan 19.

Artinya:

14. Dan Kami perintahkan kepada manusia (agar berbuat baik) kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam usia dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada kedua orang tuamu.

18. "Janganlah memalingkan wajahmu dari manusia (karena sombong) dan janganlah berjalan di bumi ini dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai setiap orang yang sombong lagi sangat membanggakan diri."

19. Dan sederhanakanlah dalam berjalan dan lunakkanlah suaramu. Sesungguhnya seburuk-buruk suara ialah suara keledai.”

Aspek Fikih

Konsep

Terminologi

Muhammad Hasbi Ash Siddieqy mengatakan, pendidikan ibadah merupakan usah memberi kesadaran kepada manusia untuk taat kepada Allah.

Objek

Seluruh manusia.

Dalil

QS Lukman ayat 17 dan QS Al-Baqoroh ayat 21.

Artinya:

17. Wahai anakku, tegakkanlah salat dan suruhlah (manusia) berbuat yang makruf dan cegahlah (mereka) dari yang mungkar serta bersabarlah terhadap apa yang menimpamu. Sesungguhnya yang demikian itu termasuk urusan yang (harus) diutamakan.

21. Wahai manusia, sembahlah Tuhanmu yang telah menciptakan kamu dan orang-orang yang sebelum kamu agar kamu bertakwa. Ayat-ayat ini memerintahkan beribadah dan menyembah kepada Allah.

Aspek Sejarah Peradaban Islam

Konsep

Terminologi

Memahami pendidikan Islam dapat ditelusuri melalui keseluruhan sejarah kemunculan Islam itu sendiri. 

Tentu saja untuk memahaminya, tidaklah dipahami sebagai sebuah sistem pendidikan yang sudah mapan dan sistematis, melainkan proses pendidikan lebih banyak terjadi secara insidental bahkan mungkin lebih banyak yang bersifat jawaban dari berbagai problematika yang berkembang pada masa itu.

Pendidikan dalam Islam, secara bahasa memiliki terma yang sangat varian. 

Perbedaan ini tidak terlepas dari banyaknya istilah yang muncul dalam Al-Qur’an dan Al-Hadits—sebagai sumber rujukan utama pendidikan Islam—yang menyebutkan kata (kalimah) yang memiliki konotasi pendidikan atau pengajaran.

Objek

Setidaknya, ada empat (4) istilah yang digunakan untuk menyebutkan makna pendidikan, misalnya tarbiyah, ta’dib, ta’lim dan riyadhah. 

Tiga (3) dari empat (4) istilah tersebut pernah direkomendasikan oleh Konfrensi Internasional I tentang Pendidikan Islam di Mekkah pada tahun 1977.

Dalil

QS Al Isra ayat 24.

Artinya:

Rendahkanlah dirimu terhadap keduanya dengan penuh kasih sayang dan ucapkanlah, “Wahai Tuhanku, sayangilah keduanya sebagaimana mereka berdua (menyayangiku ketika) mendidik aku pada waktu kecil”.

 

Demikianlah penjelasan di atas mengenai Contoh LK 2 - PRO 1 Sesi 2 Konsep dan Ruang Lingkup PAI yang dapat Admin bagikan pada kesempatan ini, semoga dapat bermanfaat.

Terima Kasih.

Post a Comment for "Contoh LK 2 - PRO 1 Sesi 2 Konsep dan Ruang Lingkup PAI"