Widget HTML #1

Panduan Tata Kelola UKS di Sekolah Dasar (SD)

Tata Kelola UKS


Tukang Ketik - Panduan Tata Kelola UKS di Sekolah Dasar (SD) adalah tema atau judul dari informasi ini.

Pada kesempatan ini Admin akan membagikan informasi mengenai Panduan Tata Kelola UKS di Sekolah Dasar (SD).

File tentang Panduan Tata Kelola UKS di Sekolah Dasar (SD) dapat Anda unduh pada akhir tulisan ini ya...

Sekolah merupakan tempat utama pendidikan di Indonesia yang diselenggarakan sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, dengan tujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. 

Dalam rangka mendukung tercapainya tujuan pendidikan tersebut sekolah/ madrasah tidak hanya mengupayakan peningkatan pada aspek akademis peserta didik, tapi juga memperhatikan aspek kesehatan mereka. 

Upaya peningkatan kualitas kesehatan peserta didik dilakukan melalui program Usaha Kesehatan Sekolah/ Madrasah (UKS/ M).

Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah merupakan salah satu upaya untuk membina dan mengembangkan pola hidup sehat di sekolah/ madrasah.

Upaya ini dilakukan secara terpadu lintas program dan lintas sektor sehingga semua unsur di sekolah mendukung peningkatan hidup sehat dan pada akhirnya dapat membentuk perilaku hidup bersih dan sehat bagi seluruh warga sekolah/ madrasah terutama peserta didik, guru dan tenaga kependidikan. 

Dalam kaitan pengembangan pola hidup sehat di sekolah pemerintah telah melaksanakan berbagai program seperti penyusunan Standar Pedoman Sanitasi Sekolah Dasar, Program Gizi Anak Sekolah, bantuan renovasi prasarana kesehatan seperti ruang UKS dan jamban sekolah dan sebagainya.

Melalui upaya-upaya tersebut diharapkan terbentuk perilaku hidup sehat di kalangan warga sekolah/ madrasah yang selanjutnya diharapkan akan memberi imbas positif pada peningkatan kualitas kesehatan masyarakat di luar sekolah.

Upaya peningkatan kesehatan sekolah/ madrasah ini sasaran utamanya adalah peserta didik beserta lingkungan hidup mereka. 

Unsur lingkungan hidup ini menjadi penting karena kesehatan individu peserta didik dipengaruhi oleh kualitas kesehatan lingkungan tempat mereka tinggal.

Dengan upaya peningkatan kesadaran dan pola hidup sehat bagi peserta didik, pemerintah berharap akan terjadi perubahan yang baik dalam hal kesehatan di lingkungan hidup mereka sehingga diharapkan pula akan mendukung pembelajaran yang berkualitas.

Usaha Kesehatan Sekolah/ Madrasah (UKS/ M) merupakan salah satu upaya strategis dalam pencegahan wabah dan penularan penyakit. 

Oleh karena itu pemerintah telah melakukan pembinaan terhadap UKS/ M yang berada di satuan pendidikan yang dilakukan secara terpadu melalui pembentukan tim pembina UKS/ M di setiap jenjang pemerintahan, mulai dari tingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota, hingga kecamatan.

Kemudian pada lingkup pendidikan, di sekolah, sudah dibentuk tim pelaksana UKS/ M yang terdiri dari guru yang mendapat pelatihan baik dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas pendidikan provinsi dan kabupaten/kota maupun dinas kesehatan.

Secara umum persoalan UKS/M di Indonesia disebabkan oleh lemahnya pembinaan, terbatasnya tenaga pembina, keterbatasan dana serta kurangnya sarana dan prasarana. 

Disamping itu menurut Danial dalam “60 Tahun UKS; Belum Optimal” dinyatakan bahwa “pemanfaatan sekolah sebagai ujung tombak, agent of change, di bidang kesehatan belum optimal.” 

Persoalan lain yang dinyatakan adalah bahwa komitmen para pembina dan pengurus dari berbagai level, pusat, provinsi, kabupaten/kota, hingga kecamatan, kelurahan/ desa dan sekolah sebagai pusat kegiatan, sepertinya belum maksimal.

Serta SDM para pengurus dan pelaksana di lingkungan sekolah yang masih rendah, hingga ketersediaan fasilitas yang belum menunjang tercapainya tujuan UKS tersebut”.

Mengingat berbagai persoalan pembinaan UKS/ M serta fungsi strategis upaya peningkatan kualitas kesehatan anak didik dan masyarakat, Direktorat Sekolah Dasar memandang perlu untuk mengembangkan Pedoman Usaha Kesehatan Sekolah untuk Sekolah Dasar yang dapat memberi panduan dalam rangka membina tim pelaksana di satuan pendidikan khususnya dalam hal konsep dan pengelolaan UKS/ M.

Panduan Tata Kelola UKS di Sekolah Dasar (SD) merupakan acuan yang dapat digunakan oleh tim pembina UKS/ M dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya.

Sedangkan bagi Tim Pelaksana UKS/ M panduan ini diharapkan dapat digunakan sebagai rujukan dalam pengembangan program UKS/ M di satuan pendidikannya. 

Panduan Tata Kelola UKS di Sekolah Dasar (SD) merupakan salah satu upaya untuk membina dan mengembangkan satuan pendidikan dalam mewujudkan pola hidup sehat. 

Upaya ini dilakukan secara terpadu lintas program dan lintas sektor yang menempatkan peserta didik dan lingkungan hidup sebagai sasaran utama.

Demikian informasi mengenai Panduan Tata Kelola UKS di Sekolah Dasar (SD) di atas, semoga dapat bermanfaat.

Untuk informasi selengkapnya tentang Panduan Tata Kelola UKS di Sekolah Dasar (SD) dapat Anda unduh filenya pada tab unduhan di bawah ini ya...

 

Panduan Tata Kelola UKS di Sekolah Dasar

 

Terima Kasih. 

Post a Comment for "Panduan Tata Kelola UKS di Sekolah Dasar (SD)"