Widget HTML #1

Buku Panduan Pemicuan CTPS di Sekolah dan Madrasah

Buku Panduan CTPS


Tukang Ketik - Buku Panduan Pemicuan CTPS di Sekolah dan Madrasah adalah tema atau judul dari informasi ini.

Pada kesempatan kali ini Admin akan membagikan informasi terkait Buku Panduan Pemicuan CTPS di Sekolah dan Madrasah.

Buku Panduan Pemicuan CTPS di Sekolah dan Madrasah ini dapat Anda unduh filenya di akhir postingan ini ya...

Pemicuan adalah cara untuk mendorong perubahan perilaku higiene dan sanitasi individu atau masyarakat atas kesadaran sendiri dengan menyentuh perasaan, pola pikir, perilaku, dan kebiasaan individu atau masyarakat serta anak-anak.

Pemicuan bertujuan agar anak-anak mau mengubah perilaku higienitas dan sanitasinya menjadi lebih baik melaui komitmen Aksi Bersama: menggunakan, merawat dan mengelola seluruh sarana air dan sanitasi secara berkelanjutan – dalam hal ini termasuk sarana CTPS di sekolah/ madrasahnya masing-masing.

Bersama direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Kesehatan, direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan Madrasah, Kementerian Agama, dan direktorat Sekolah dasar, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Plan Indonesia menerbitkan dua buku Panduan Pemicuan Cuci Tangan Pakai Sabun, yaitu untuk masyarakat dan untuk sekolah. Panduan tersebut ditujukan untuk memudahkan masyarakat hingga di tingkat desa serta seluruh elemen di sekolah untuk menerapkan pilar ke-2 STBM yaitu Cuci Tangan Pakai Sabun. 

Buku Panduan Pemicuan CTPS di Sekolah dan Madrasah ini berisikan tulisan/ informasi:

  • Bagian 1, Pendahuluan, berisikan latar belakang pemikiran, sistematika penulisan dan untuk siapa buku panduan ini.

  • Bagian 2, Covid-19 dan 3M, berisikan apa itu Covid-19, gejala, penularan, serta upaya pencegahannya melalui protokol Kesehatan 3M.

  • Bagian 3, Sekilas tentang STBM, berisikan apa itu STBM, bagaimana melakukan internalisasi komponen STBM, apa itu Cuci Tangan Pakai Sabun, cara dan waktu penting CTPS, serta apa yang sebaiknya dilakukan oleh anak-anak di kelasnya masing-masing.

  • Bagian 4, Pemicuan CTPS di Sekolah/ Madrasah, berisikan  apa itu pemicuan, alur pemicuan di sekolah/ madrasah, pra pemicuan, pemicuan dan pasca pemicuan di sekolah/ madrasah.

  • Bagian 5, Panduan Proses Fasilitasi Pemicuan CTPS di sekolah/ madrasah, berisikan panduan proses fasilitasi pra pemicuan, pemicuan serta pasca pemicuan.

  • Bagian 6, Penutup berisikan kata penutup buku panduan CTPS untuk sekolah/ madrasah.

  • Lampiran, berisikan tulisan menu menu fasilitasi topik tambahan pemicuan, yang dapat dipergunakan untuk pemicuan lanjutan, promosi dan kesehatan maupun pendampingan.

Semoga adanya Buku Panduan Pemicuan CTPS di Sekolah dan Madrasah ini dapat menjadikan CTPS sebagai perilaku yang menjadi kebiasaan sehari hari, baik karena adanya pandemik Covid-19 maupun tidak. 

Selamat melakukan CTPS, semoga kehidupan kita menjadi Lebih Bersih dan Lebih Sehat.

Demikian informasi di atas mengenai Buku Panduan Pemicuan CTPS di Sekolah dan Madrasah, semoga dapat dijadikan sebagai bahan referensi dan juga bermanfaat.

Untuk informasi selengkapnya tentang Buku Panduan Pemicuan CTPS di Sekolah dan Madrasah Anda dapat mengunduh filenya pada tab unduhan di bawah ini:

 

Buku Panduan Pemicuan CTPS di Sekolah dan Madrasah

 

Terima Kasih.

Post a Comment for "Buku Panduan Pemicuan CTPS di Sekolah dan Madrasah"