Widget HTML #1

Buku Pintar Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan (PPG Daljab)

Pendidikan Profesi Guru


Tukang Ketik - Buku Pintar Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan (PPG Daljab) merupakan tema dari informasi kali ini.

Di kesempatan kali ini Admin akan membagikan informasi mengenai Buku Pintar Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan (PPG Daljab) untuk Anda.

Mengenai file dari Buku Pintar Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan (PPG Daljab) dapat Anda unduh nanti di akhir postingan ini.

Berikut beberapa penjelasan dan/atau poin-poin penting yang terdapat dalam Buku Pintar Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan (PPG Daljab).

Pasal 60 Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 28 Tahun 2021 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kemendikbudristek mengamanatkan Direktorat PPG menyelenggarakan PPG, yang bertujuan untuk menjadikan guru memiliki kompetensi unggul dan profesional yang berlandaskan nilai-nilai Pancasila.

Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang dilaksanakan terdiri dari 2 (dua) jenis, yakni PPG Guru Dalam Jabatan dan PPG Prajabatan. 

Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan (PPG Daljab) diselenggarakan untuk menyiapkan guru-guru yang berorientasi pada guru masa depan sebagai pembelajar mandiri, guru yang memiliki pola pikir reflektif, berkembang, dan melakukan perubahan.

Program PPG Dalam Jabatan merupakan program pendidikan yang diselenggarakan untuk guru dalam jabatan yang memenuhi persyaratan agar menguasai kompetensi guru secara utuh sesuai dengan standar pendidikan guru.

Program PPG Dalam Jabatan dilaksanakan di perguruan tinggi penyelenggara PPG Dalam Jabatan dan didukung oleh dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), anggaran penyelenggara satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh masyarakat; dan/atau sumber lain yang sah dan tidak mengikat sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Buku Pintar Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan (PPG Daljab) ini berisi ringkasan penjelasan kunci tentang pelaksanaan program PPG Dalam Jabatan (Daljab) tahun 2023 dan dapat digunakan sebagai panduan bagi perguruan tinggi penyelenggara PPG, seluruh stakeholder, dan pihak lain dalam Pelaksanaan Program Pendidikan Profesi Guru  (PPG) Dalam Jabatan Tahun 2023.

PPG Dalam Jabatan dirancang agar guru memiliki kemampuan literasi teknologi informasi dan komunikasi (information and communication technology literacy), inovasi (innovation), serta keterampilan berbahasa  (language skills) yang digunakan untuk mengelola pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) dan pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning). 

Dengan demikian, lulusan yang dihasilkan memiliki karakter unggul, kompetitif, dan cinta tanah air. 

Selain itu lulusan juga memiliki kemampuan era revolusi industri 4.0 yang mengutamakan berpikir kritis (critical thinking), pemecahan masalah (problem solving), komunikasi (communication), kolaborasi (collaboration), dan kreativitas (creativity).

Berikut beberapa bahasan utama yang terbagi dalam beberapa bab pada Buku Pintar Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan (PPG Daljab):

  • Pendahuluan

  • Kurikulum

  • Sistem Penilaian

  • Penyelenggaraan Program dan Kelulusan

  • Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan

  • Landasan Hukum PPG Dalam Jabatan

Semoga dengan adanya penyelenggaraan Pendidikan Profesi Guru (PPG) ini akan menjadikan guru sebagai pembelajar mandiri, inovatif, agen perubahan, berkompetensi unggul dalam pendidikan profesi, baik di tingkat nasional maupun internasional.

Demikianlah informasi mengenai Buku Pintar Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan (PPG Daljab) di atas yang dapat Admin bagikan kepada Anda, semoga dapat bermanfaat.

Mengenai file dari Buku Pintar Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan (PPG Daljab) dapat Anda unduh pada tab unduhan di bawah ini:


Buku Pintar Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan

 

Terima Kasih. 

Post a Comment for "Buku Pintar Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan (PPG Daljab)"