Widget HTML #1

Buku Ramah Digital dalam Mencegah Perundungan, Kekerasan Seksual, dan Intoleransi

Buku Ramah Digital SMA


Tukang Ketik - Buku Ramah Digital dalam Mencegah Perundungan, Kekerasan Seksual, dan Intoleransi adalah tema pada artikel kali ini.

Pada kesempatan kali ini Admin akan membagikan informasi tentang Buku Ramah Digital dalam Mencegah Perundungan, Kekerasan Seksual, dan Intoleransi.

File tentang Buku Ramah Digital dalam Mencegah Perundungan, Kekerasan Seksual, dan Intoleransi dapat Anda unduh nanti di akhir postingan ini.

Saat ini penduduk Indonesia sebesar 274,2 manusia (BPS, 2021). Data menunjukkan bahwa pengguna mobile phone yang aktif sebanyak 345,3 juta dan 202,6 juta aktif menggunakan internet dan aktif bersosial media sebesar 170 juta (We are social, 2021). 

Peserta didik Sekolah Menengah Atas (SMA) terlibat dalam momentum ini. 

Momentum tersebut diharapkan mampu membentuk nilai-nilai positif pengetahuan dan keterampilan peserta didik.

Peserta didik SMA sebagai bagian dari generasi zelenial (Z) berjumlah sangat besar dalam struktur penduduk Indonesia. 

Lalu, jumlah siswa sekolah menengah atas (SMA) sebanyak 5,01 juta siswa. Mayoritas berasal dari sekolah negeri sebanyak 3,70 juta siswa. 

Tercatat, siswa di jenjang pendidikan ini merupakan perempuan, yakni sebanyak 54,90% dari total siswa SMA pada tahun ajaran 2020/2021.

Indonesia mendapatkan “berkah” bonus demografi usia produktif yang sangat besar pada Tahun 2030. 

Tantangannya adalah bagaimana generasi Z mampu produktif memanfaatkan teknologi digital. Teknologi informasi khususnya teknologi digital berkembang, dan merubah pola kehidupan masyarakat. 

Hal ini menunjukkan bahwa penerapan teknologi sudah merambah semua kehidupan masyarakat. 

Di sisi lain saat ini pendidikan juga mempunyai tantangan adanya tiga dosa besar pendidikan yaitu adanya perundungan, kekerasan seksual, dan intoleransi. 

Hal ini menjadi tanggung jawab bersama yaitu pemerintah, masyarakat, dan Satuan Pendidikan untuk antisipasi dan mengurangi permasalahan pendidikan tersebut.

Teknologi digital pendorong utama transformasi positif di bidang politik, ekonomi, dan sosial manakala teknologi digital disikapi dengan bijak. 

Oleh karena itu, teknologi digital menjadi pendorong bisnis yang ekonomi sehingga literasi teknologi digital yang baik dibutuhkan oleh peserta didik. 

Peserta didik SMA harus mengembangkan kemampuan literasi digitalnya sehingga mampu kompetitif di pasar tenaga kerja nantinya.

Teknologi terus akan berkembang seiring dengan percepatan perubahan yang terjadi saat ini. 

Berbagai sendi kehidupan masyarakat dan dinamika lembaga akan terus berkembang termasuk lembaga satuan pendidikan yang disebut sekolah. 

Sekolah sebagai tempat pembinaan dan peningkatan ilmu bagi peserta didik, mempunyai tanggung jawab yang besar untuk memberikan kesempatan kepada peserta didik meningkatkan kemampuan dan keterampilan memanfaatkan teknologi digital. 

Direktorat SMA mempunyai komitmen besar untuk mendorong dan memfasilitasi sekolah menyiapkan sarana dan menciptakan kondisi yang baik untuk pembelajaran di sekolah dan peserta
didik memanfaatkan teknologi digital.

Buku Ramah Digital dalam Mencegah Perundungan, Kekerasan Seksual, dan Intoleransi ini disusun untuk menjadi pegangan teknis bagi sekolah dan peserta didik serta semua pihak yang berkepentingan untuk membantu meningkatkan kemampuan digital di kalangan peserta didik SMA. 

Pembelajaran menggunakan teknologi digital di sekolah telah terjadi dan harus terus dikembangkan. 

Pada masa sekarang dan akan datang digitalisasi pengelolaan sekolah dan pembelajaran akan menjadi keniscayaan di dunia Pendidikan. 

Kerjasama dan kolaborasi semua pihak menjadi kunci keberhasilan melaksanakan program Peserta Didik SMA Ramah Digital untuk kehidupan yang lebih baik.

Demikian informasi di atas mengenai Buku Ramah Digital dalam Mencegah Perundungan, Kekerasan Seksual, dan Intoleransi untuk peserta didik jenjang SMA.

Untuk informasi selengkapnya mengenai Buku Ramah Digital dalam Mencegah Perundungan, Kekerasan Seksual, dan Intoleransi dapat Anda unduh filenya pada tab unduhan di bawah ini:


Buku Ramah Digital untuk SMA

 

Terima Kasih. 

Post a Comment for "Buku Ramah Digital dalam Mencegah Perundungan, Kekerasan Seksual, dan Intoleransi"