Widget HTML #1

Kisi-Kisi Soal Olimpiade Siswa Nasional (OSN) Tingkat SD Bidang IPA

Kisi-Kisi Soal Olimpiade Siswa Nasional


Tukang Ketik - Kisi-Kisi Soal Olimpiade Siswa Nasional (OSN) Tingkat SD Bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) adalah judul dari postingan ini.

Kisi-Kisi Soal Olimpiade Siswa Nasional (OSN) Tingkat SD Bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dapat dijadikan sebagai bahan referensi dalam mempersiapkan untuk mengikuti seleksi Olimpiade Siswa Nasional (OSN) Tingkat SD.

Diharapkan 
Kisi-Kisi Soal Olimpiade Siswa Nasional (OSN) Tingkat SD Bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) ini dapat memberikan informasi bagi pihak-pihak terkait dalam mempersiapkan peserta didik untuk mengikuti OSN tingkat SD.

Berikut di bawah ini adalah 
Kisi-Kisi Soal Olimpiade Siswa Nasional (OSN) Tingkat SD Bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA):

Materi Keterampilan dan Metode Ilmiah

Lingkup Materi

  • Memahami proses dalam melakukan kegiatan dan alur berpikir ilmiah

Kompetensi

Kompetensi Dasar (KD) yang terkait adalah:

Kompetensi Inti 3 Kelas IV 

  • a. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, serta benda-benda  yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain

Kompetensi Inti 3 Kelas V 

  • b. Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, bertanya, dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, serta benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain

Kompetensi Inti 3 Kelas VI 

  • c. Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, bertanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, serta benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain

Materi Keanekaragaman Hayati dan Pengklasifikasian Makhluk Hidup

Lingkup Materi

  • Keanekaragaman hayati, distribusi makhluk hidup, dan biodiversitas Indonesia
  • Dasar-dasar klasifikasi makhluk hidup
  • Klasifikasi makhluk hidup berdasarkan sistem lima kingdom

Kompetensi

Kompetensi Dasar (KD) yang terkait adalah:

Kelas IV

  • 3.1 Menganalisis hubungan antara bentuk dan fungsi bagian tubuh pada hewan dan tumbuhan
  • 3.2 Membandingkan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup serta mengaitkan dengan upaya pelestariannya

Materi Proses dan Mekanisme yang Terjadi pada Makhluk Hidup

Lingkup Materi

  • Anatomi dan fisiologi pada sel dan jaringan
  • Anatomi dan fisiologi 
  • Anatomi dan fisiologi pada tumbuhan pada hewan dan manusia

  • Metabolisme pada makhluk hidup (pertumbuhan dan perkembangan,   fotosintesis, respirasi, serta prose fermentasi mikroorganisme)

Kompetensi

Kompetensi Dasar (KD) yang terkait adalah:

Kelas IV

  • 3.1 Menganalisis hubungan antara bentuk dan fungsi bagian tubuh pada hewan dan tumbuhan
  • 3.4 Menghubungkan gaya dengan gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar
  • 3.6 Menerapkan sifat-sifat bunyi dan keterkaitannya dengan indra pendengaran
  • 3.7 Menerapkan sifat-sifat cahaya dan keterkaitannya dengan indra penglihatan

Kelas V

  • 3.1 Menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan alat gerak manusia
  • 3.2 Menjelaskan organ pernapasan dan fungsinya pada hewan dan manusia, serta cara memelihara kesehatan organ pernapasan manusia
  • 3.3 Menjelaskan organ pencernaan dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan organ pencernaan manusia
  • 3.4 Menjelaskan organ peredaran darah dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan organ peredaran darah manusia

Kelas VI

  • 3.1 Membandingkan cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan
  • 3.2 Menghubungkan ciri pubertas pada laki-laki dan perempuan dengan kesehatan reproduksi
  • 3.3 Menganalisis cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan

Materi Ekologi, Lingkungan, dan Pelestarian Sumber Daya Alam

Lingkup Materi

  • Populasi, komunitas, dan ekosistem
  • Adaptasi makhluk hidup
  • Interaksi organisme, dan jejaring makanan
  • Siklus materi, polusi, dan lingkungan
  • Pelestarian sumber daya alam hayati

Kompetensi

Kompetensi Dasar (KD) yang terkait adalah:

Kelas IV

  • 3.2 Membandingkan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup serta mengaitkan dengan upaya pelestariannya
  • 3.8 Menjelaskan pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannya

Kelas V

  • 3.5 Menganalisis hubungan antar komponen ekosistem dan jaring-jaring makanan di lingkungan sekitar
  • 3.8 Menganalisis siklus air dan dampaknya pada peristiwa di bumi serta kelangsungan mahluk hidup

Materi Isu Kesehatan Lingkungan, dan Teknologi

Lingkup Materi

  • Bioteknologi
  • Isu kesehatan dan lingkungan
  • Aplikasi sains dan teknologi untuk pengelolaan lingkungan

Kompetensi

Kompetensi Dasar (KD) yang terkait adalah:

Kelas IV

  • 3.2 Membandingkan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup serta mengaitkan dengan upaya pelestariannya
  • 3.8 Menjelaskan pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannya

Materi Mekanika

Lingkup Materi

  • Gerak Benda
  • Gaya
  • Momentum
  • Energi kinetik dan potensial
  • Tekanan
  • Gravitasi

Kompetensi

Kompetensi Dasar (KD) yang terkait adalah:

Kelas IV

  • 3.3 Mengidentifikasi macam-macam gaya, antara lain: gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesekan
  • 3.4 Menghubungkan gaya dengan gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar

Materi Wjud Benda

Lingkup Materi

  • Sifat dan kegunaan benda padat
  • Sifat dan kegunaan benda cair
  • Sifat dan kegunaan gas

Kompetensi

Kompetensi Dasar (KD) yang terkait adalah:

Kelas V

  • 3.7 Menganalisis pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari
  • 3.9 Mengelompokkan materi dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan komponen penyusunnya (zat tunggal dan campuran)

Materi Listrik & Magnet

Lingkup Materi

  • Listrik Statis
  • Listrik Dinamis
  • Sifat Magnet
  • Induksi Elektromagnetik
  • Aplikasi Listrik dan Magnet

Kompetensi

Kompetensi Dasar (KD) yang terkait adalah:

Kelas IV

  • 3.3 Mengidentifikasi macam-macam gaya, antara lain: gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesekan
  • 3.5 Mengidentifikasi berbagai sumber energi, perubahan bentuk energi, dan sumber energi alternatif (angin, air, matahari, panas bumi, bahan bakar organik, dan nuklir) dalam kehidupan sehari-hari

Kelas VI

  • 3.4 Mengidentifikasi komponen-komponen listrik dan fungsinya dalam rangkaian listrik sederhana
  • 3.5 Mengidentifikasi sifat-sifat magnet dalam kehidupan sehari-hari
  • 3.6 Menjelaskan cara menghasilkan, menyalurkan, dan menghemat energi listrik

Materi Gelombang & Optik

Lingkup Materi

  • Osilasi harmonik
  • Gelombang mekanik (tali, bunyi)
  • Gelombang elektromagnetik (cahaya)
  • Sifat-sifat gelombang
  • Alat optik (cermin, lensa dan aplikasinya)

Kompetensi

Kompetensi Dasar (KD) yang terkait adalah:

Kelas IV

  • 3.6 Menerapkan sifat-sifat bunyi dan keterkaitannya dengan indra pendengaran
  • 3.7 Menerapkan sifat-sifat cahaya dan keterkaitannya dengan indra penglihatan

Materi Suhu & Kalor

Lingkup Materi

  • Skala Suhu
  • Hantaran Kalor
  • Termometer
  • Perubahan Wujud karena Kalor

Kompetensi

Kompetensi Dasar (KD) yang terkait adalah:

Kelas V

  • 3.6 Menerapkan konsep perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari
  • 3.7 Menganalisis pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari

Materi Bentuk Energi & Perubahannya

Lingkup Materi

  • Energi kimia
  • Energi Listrik
  • Energi Mekanik
  • Energi Panas
  • Energi Nuklir
  • Energi Gravitasi
  • Energi Terbarukan
  • Konversi Energi

Kompetensi

Kompetensi Dasar (KD) yang terkait adalah:

Kelas IV

  • 3.5 Mengidentifikasi berbagai sumber energi, perubahan bentuk energi, dan sumber energi alternatif (angin, air, matahari, panas bumi, bahan bakar organik, dan nuklir) dalam kehidupan sehari-hari
  • 3.8 Menjelaskan pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannya

Kelas V

  • 3.6 Menerapkan konsep perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari
  • 3.7 Menganalisis pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari

Kelas VI

  • 3.6 Menjelaskan cara menghasilkan, menyalurkan, dan menghemat energi listrik

Materi Bumi, Tata Surya & Antariksa

Lingkup Materi

  • Struktur Bumi
  • Atmosfer Bumi
  • Iklim
  • Rotasi & Revolusi Benda Langita
  • Proses terbentuknya tata surya
  • Struktur Tata Surya
  • Bintang
  • Galaksi

Kompetensi

Kompetensi Dasar (KD) yang terkait adalah:

Kelas VI

  • 3.7 Menjelaskan sistem tata surya dan karakteristik anggota tata surya
  • 3.8 Menjelaskan peristiwa rotasi dan revolusi bumi serta terjadinya gerhana bulan dan gerhana matahari

Materi Atom

Lingkup Materi

  • Inti Atom
  • Muatan listrik

Kompetensi

Kompetensi Dasar (KD) yang terkait adalah:

Perluasan dari Kompetensi Dasar Kelas V

  • 3.9 Mengelompokkan materi dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan komponen penyusunnya (zat tunggal dan campuran)


Demikian informasi di atas mengenai Kisi-Kisi Soal Olimpiade Siswa Nasional (OSN) Tingkat SD Bidang IPA, semoga dapat bermanfaat.

Informasi mengenai Silabus Olimpiade Siswa Nasional (OSN) Tingkat SD Mapel Matematika dapat Anda lihat disini ya...

Terima Kasih.

Post a Comment for "Kisi-Kisi Soal Olimpiade Siswa Nasional (OSN) Tingkat SD Bidang IPA"