Widget HTML #1

Pedoman Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) SMP/MTs dan SMA/MA Tahun 2024

Pedoman Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI)


Tukang Ketik - Pedoman Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) SMP/MTs dan SMA/MA Tahun 2024 adalah judul dari informasi ini.

Informasi tentang Pedoman Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) SMP/MTs dan SMA/MA Tahun 2024 akan Admin bagikan kepada Anda pada kesempatan ini.

Mengenai file dari Pedoman Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) SMP/MTs dan SMA/MA Tahun 2024 dapat Anda unduh nanti di akhir postingan ini.

Tantangan terbesar pembangunan pendidikan Indonesia dalam masa pembangunan jangka menengah tahap keempat (2020–2024) dan pembangunan jangka panjang berikutnya (2025-2045) diantaranya adalah menyiapkan sumber daya manusia berkualitas yang memiliki keterampilan berpikir kritis dan kreatif dengan memperhatikan pengembangan keterampilan teknologi, dan softskill, seperti keterampilan komunikasi, kolaborasi, dan pemecahan masalah. 

Untuk menjawab tantangan tersebut, sekaligus sebagai perwujudan amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia terus berupaya membina dan mengembangkan bakat, minat, dan prestasi siswa SMP/ MTs/ sederajat dan SMA/ MA/ sederajat melalui berbagai kegiatan kesiswaan.

Sasaran utama proses pembelajaran dan pendidikan adalah siswa atau peserta didik, yang harus dilibatkan dalam berbagai kegiatan ekstrakurikuler.

Ekstrakurikuler komprehensif dan terpadu sebagai pola pembinaan kesiswaan guna mendukung penyiapan generasi berkualitas yang dibentuk di atas landasan kompetensi intelektual, keterampilan, dan sikap yang mumpuni.

Dalam upaya mewujudkan visi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi tahun 2020-2024 yaitu mewujudkan Indonesia Maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila yang bernalar kritis, kreatif, mandiri, beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, bergotong royong, dan berkebhinekaan global, serta menjalankan fungsi kelembagaan tentang pelaksanaan pengembangan prestasi satuan pendidikan dan peserta didik, Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI), Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) menyelenggarakan ajang Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah pada tahun 2024.

Penelitian dan pengembangan di bidang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya menjadi kunci bagi sebuah negara untuk tumbuh menjadi negara maju.

Peringkat publikasi penelitian Indonesia yang dirilis website Scimago Journal & Country Rank pada tahun 2021 mengalami peningkatan menjadi ranking 20 (52.079 publikasi). 

Capaian ini telah mengalahkan beberapa negara tetangga seperti Malaysia (ranking 24), Singapore (ranking 37), dan Brunei Darussalam (ranking 114). 

Oleh karena itu, OPSI tahun 2024 diselenggarakan dalam upaya mempersiapkan Sumber Daya Manusia khususnya generasi muda untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa atau peserta didik dalam upaya mendorong inovasi guna penguatan ekonomi untuk menjadi negara maju berbasis
Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Seni dan Budaya.

Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) diharapkan sebagai wadah pengembangan prestasi dan pembentukan kepribadian peserta didik yang mandiri dan tangguh. 

Kegiatan penelitian dapat meningkatkan integritas, sikap bertanggung jawab, kepedulian yang tinggi, kemampuan berpikir logis dan analitis, kemampuan bekerja sama dalam kelompok, kemandirian, kepercayaan diri, serta keterampilan menyajikan gagasan ilmiah baik secara lisan melalui presentasi maupun tulis melalui karya ilmiah. 

Tema yang ditetapkan pada OPSI Tahun 2024 adalah Merdeka Berprestasi, Talenta Sains Menginspirasi.

Pedoman Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) SMP/MTs dan SMA/MA Tahun 2024 ini disusun untuk memberikan informasi dan gambaran berbagai aspek penyelenggaraan ajang OPSI SMP dan SMA kepada para peserta, guru pembimbing, juri, dan para pemangku kepentingan lainnya. 

Selamat mempersiapkan diri, belajar, dan berkarya sebaikbaiknya agar kegiatan ajang dapat terlaksana sesuai rencana dan memberikan hasil maksimal.

Demikian informasi di atas mengenai Pedoman Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) SMP/MTs dan SMA/MA Tahun 2024 yang telah Admin bagikan kepada Anda, semoga dapat bermanfaat.

Selanjutnya, untuk melihat atau mengetahui informasi selengkapnya tentang Pedoman Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) SMP/MTs dan SMA/MA Tahun 2024, Anda dapat mengunduh filenya pada tab unduhan di bawah ini:


Pedoman OPSI 2024 Jenjang SMP dan SMA

 

Terima Kasih.

Post a Comment for "Pedoman Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) SMP/MTs dan SMA/MA Tahun 2024"