Widget HTML #1

Buku Saku II, Benahi Literasi Melalui Pembelajaran dan Asesmen

Buku Saku II, Benahi Literasi


Tukang Ketik - Buku Saku II, Benahi Literasi Melalui Pembelajaran dan Asesmen adalah tema informasi kali ini.

Pada kesempatan ini Admin akan membagikan informasi tentang Buku Saku II, Benahi Literasi Melalui Pembelajaran dan Asesmen untuk Anda semua.

Mengenai file dari Buku Saku II, Benahi Literasi Melalui Pembelajaran dan Asesmen dapat Anda unduh nanti di akhir tulisan ini.

Telah terbitnya 2 (dua) buku saku, yaitu: Buku Saku Benahi Literasi melalui Pembelajaran dan Asesmen dan Buku Saku Benahi Literasi melalui Lingkungan Belajar

Buku Saku II, Benahi Literasi Melalui Pembelajaran dan Asesmen ini disusun dalam rangka memberikan inspirasi program benahi yang ada di Platform Rapor Pendidikan, khususnya yang terkait dengan Kompetensi Literasi.

Sebagaimana kita ketahui, krisis pembelajaran di Indonesia telah berlangsung lama.

Programme for International Students Asesment (PISA) menunjukkan bahwa  Indonesia tidak mengalami peningkatan yang signifikan dalam 10 sampai 15 tahun terakhir. 

Sekitar 70% peserta didik usia 15 tahun berada dibawah kompetensi minimum membaca dan matematika. 

Krisis pembelajaran diperparah oleh pandemi Covid-19 dengan adanya learning loss dan meningkatnya kesenjangan pembelajaran. 

Data hasil Asesmen Nasional tahun 2021 menunjukkan bahwa 1 dari 2 peserta didik belum mencapai kompetensi minimum literasi dan 2 dari 3 peserta didik belum mencapai kompetensi minimum numerasi.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi telah melakukan  beragam upaya dalam rangka pemulihan dan transformasi pembelajaran.

Beberapa upaya yang telah dilakukan antara lain peluncuran episode Merdeka Belajar yang sejauh ini sudah sampai episode 24 dan pencetakkan serta pengiriman buku bacaan bermutu sekitar 500 judul untuk dikirimkan kepada sekolah yang prioritas untuk dibantu. 

Upaya lainnya yang dihadirkan pada kesempatan ini berupa strategi  meningkatkan hasil belajar murid, terutama pada salah satu kompetensi fondasi  seperti literasi. 

Strategi sebagaimana dimaksud tertuang dalam 2 (dua) buku saku ini.

Tentang Buku Saku II

Siapa yang Dapat Menggunakan Buku Saku Ini?

Pendidik secara umum, yaitu kepala sekolah, guru, pustakawan/ tenaga  perpustakaan, pendamping literasi dan pemangku kepentingan, dapat  menggunakan buku saku ini sebagai inspirasi untuk meningkatkan skor  literasi dalam rapor pendidikan di satuan pendidikan.

Kemampuan Apakah yang Didapatkan Pendidik Setelah Membaca Buku Saku Ini?

Pendidik akan meningkatkan kompetensinya dalam merancang pembelajaran dan asesmen yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa.

Pendidik akan meningkatkan kemampuannya dalam melaksanakan berbagai kegiatan membaca, seperti membaca terbimbing, membaca bersama, membaca nyaring, dan membuat media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan siswa. 

Pendidik akan meningkatkan kemampuannya untuk menata dan mengelola pustaka (atau teks multimodal) sesuai dengan minat dan kemampuan siswa serta memanfaatkannya secara bermakna dalam pembelajaran dan asesmen.

Pendidik akan mengembangkan kemampuannya untuk berkolaborasi dengan pihak lain untuk meningkatkan kecakapan literasi siswa. 

Selain kemampuan tersebut, pendidik juga memeroleh informasi terkait berbagai sumber bahan bacaan bermutu, pengetahuan tentang konsep literasi, serta berbagai praktik baik pendidik dalam Platform Merdeka Mengajar dan sumber belajar lainnya dari buku saku ini.

Penutup

Semoga dengan hadirnya Buku Saku II, Benahi Literasi Melalui Pembelajaran dan Asesmen ini dapat menginspirasi satuan pendidikan dalam membuat perencanaan program yang berfokus pada peningkatan kompetensi literasi. 

Untuk informasi selengkapnya mengenai Buku Saku II, Benahi Literasi Melalui Pembelajaran dan Asesmen Anda dapat mengunduh filenya pada tab unduhan di bawah ini:


Benahi Literasi Melalui Pembelajaran dan Asesmen

 

Demikianlah informasi di atas mengenai Buku Saku II, Benahi Literasi Melalui Pembelajaran dan Asesmen yang dapat Admin bagikan kepada Anda semua di kesempatan kali ini, semoga dapat bermanfaat.

Terima Kasih.

Post a Comment for "Buku Saku II, Benahi Literasi Melalui Pembelajaran dan Asesmen"