Widget HTML #1

Download Buku Lindungi Anak Usia Dini dari Bahaya Narkoba pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

Buku Lindungi Anak Usia Dini dari Bahaya Narkoba

Tukang Ketik. Buku Lindungi Anak Usia Dini dari Bahaya Narkoba pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan salah satu dari Buku seri pengembangan karakter pada anak usia dini yang terdiri dari:

yang dimaksudkan untuk memberikan bekal pengetahuan kepada orang tua dan guru PAUD tentang bahaya paham radikalisme, dampak negatif perundungan (bullying) pada anak, serta dampak negatif apabila anak terpapar narkoba.

Menurut Undang-undang Nomor35 tahun 2009 tentang narkotika mendefenisikan dan menetapkan berbagai jenis narkotika dan prekursor narkotika sebagai berikut:

  • Narkotika adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman, baik sintetis maupun semi sintetis, yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa, mengurangi sampai menghilangkan rasa nyeri, dan dapat menimbulkan ketergantungan.

  • Prekursor narkotika adalah zat atau bahan pemula atau bahan kimia yang dapat digunakan dalam pembuatan narkotika.

Beberapa istilah dapat dijelaskan sebagai berikut: 

Narkotika sintetis didapatkan dari proses pengolahan yang rumit. 

Jenis narkoba ini diketahui sering dimanfaatkan untuk keperluan pengobatan dan juga penelitian. 

Contoh dari narkotika bersifat sintetis, yaitu: Amfetamin, Metadon, Hindeksamfetamin.

Narkotika semi sintetis diolah menggunakan bahan utama berupa narkotika alami yang kemudian diisolasi dengan cara diekstraksi atau memakai proses lainnya. 

Sedangkan narkotika alami diketahui langsung bisa digunakan melalui proses sederhana. 

Karena kandungannya yang masih kuat, zat tersebut tidak diperbolehkan untuk dijadikan obat.

Jika disalahgunakan, narkoba alami bisa menyebabkan dampak buruk bagi kesehatan.

Salah satunya, yakni bisa berakibat fatal berupa kematian. 

Ganja dan kokain menjadi contoh dari narkotika yang bersifat alami.

Menurut data dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak
(Kementerian PPPA) peningkatan kasus narkotika pada anak-anak dan remaja harus menjadi alarm bagi para orang tua dan guru.

Pada tahun 2020 setidaknya sebesar 92,6% pengguna memperoleh narkoba pertama kali dari teman, dan hampir 80% diberikan secara gratis. 

Hal ini menjadi alasan utama bagi orang tua dan guru untuk terlibat langsung dalam pengawasan anak agar tidak terpapar narkoba.

Diperkuat pula oleh hasil penelitian yang menyatakan bahwa korban narkotika banyak yang dipengaruhi oleh kurang dibangunnya pengasuhan sesuai hak anak di keluarga, yang menyebabkan terjadinya resiliensi rendah (ketahanan terhadap stress) sehingga anak mudah terpengaruh oleh lingkungan yang tidak kondusif.

Anak-anak seringkali dijadikan sebagai target pasar yang sangat menjanjikan dalam penyalahgunaan narkoba, hal ini disebabkan karena rasa ingin tahu yang tinggi dan ingin mencoba-coba, sehingga rentan untuk dipengaruhi bahkan dimanfaatkan secara sadar atau tidak sebagai kurir dalam pengedaran narkoba.

Penyalahgunaan narkoba di Indonesia semakin meluas sehingga perlu mengenalkan bahaya narkoba sejak usia dini. 

Perlu kesadaran bersama dari orang tua, guru, dan lingkungan sekitar untuk menjaga anak-anak dari bahaya terpapar narkoba. 

Hal ini disebabkan karena narkoba memberikan dampak negatif baik fisik maupun psikis yang berakibat pada penderitaan penyalahgunaan narkoba. 

Selain itu, keluarga korban juga ikut menderita karena malu, sedih, merasa bersalah, marah, bahkan kadang-kadang sampai putus asa.

Buku Panduan Lindungi Anak Usia Dini dari Bahaya Narkoba pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ini menjadi salah satu sumber informasi awal bagi orang tua dan guru untuk mengenalkan dan mencegah paparan narkoba pada anak usia dini. 

Informasi selengkapnya dapat di Download Buku Lindungi Anak Usia Dini dari Bahaya Narkoba pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) pada tab unduhan di bawah ini:


Buku Lindungi Anak Usia Dini dari Bahaya Narkoba pada PAUD

 

Demikianlah seputar Download Buku Lindungi Anak Usia Dini dari Bahaya Narkoba pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), semoga dapat bermanfaat.

Terima Kasih.

Post a Comment for "Download Buku Lindungi Anak Usia Dini dari Bahaya Narkoba pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)"