Widget HTML #1

Download Buku Pencegahan Bullying/ Perundungan pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

Buku Pencegahan Bullying/ Perundungan pada PAUD

Tukang Ketik. Download Buku Pencegahan Bullying/ Perundungan pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan salah satu dari buku seri pengembangan karakter pada PAUD.

Usia dini merupakan usia yang paling tepat untuk membentuk karakter seseorang. 

Jika pada masa ini karakter setiap anak dapat terbentuk, maka kelak di masa dewasa dia akan menjadi generasi yang berkarakter kuat. 

Hal inilah yang menyebabkan pendidikan anak usia dini menjadi fondasi yang paling kuat bagi tegaknya karakter bangsa di masa depan. 

Semakin baik kualitas pendidikan usia dini, semakin kukuh bangunan fondasi kecerdasan anak bangsa. 

Sebaliknnya, semakin lemah kualitas pendidikan pada jenjang ini, maka semakin lemah pula kemungkinan karakter anak bangsa di masa depan.

Untuk mewujudkan PAUD berkualitas maka dibutuhkan kerjasama yang kuat antara keluarga dalam hal ini orang tua, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat.

Lingkungan keluarga adalah elemen pertama yang sangat berperan penting dalam pembentukan sikap atau karakter anak, karena lingkungan keluarga adalah lingkungan yang paling berpengaruh dalam masa tumbuh kembangnya anak. 

Oleh karena itu sebisa mungkin keluarga harus menjadi tauladan yang baik untuk anak, karena anak yang masih usia dini sikap dan karakternya masih berubah-ubah dan masih bisa diubah.

Lingkungan sekolah merupakan elemen kedua yang dapat mempengaruhi sikap serta karakter anak, karena sekolah merupakan wahana untuk mengembangkan seluruh potensi yang dimiliki anak usia dini.

Lingkungan masyarakat ikut mempengaruhi dalam pembentukan sikap dan karakter anak usia dini. 

Karena jika anak berada pada lingkungan yang kurang baik, maka anak akan sangat mudah terpengaruh dalam lingkungan kurang baik tersebut.

Untuk itulah Ditjen PAUD Dikdasmen berupaya untuk mewujudkan Tri Sentra Pendidikan, dengan harapan anak usia dini dapat terhindar dari pengaruh negatif.

Tantangan dunia pendidikan di era globalisasi saat ini demikian kompleks.

Arus globalisasi telah memberikan banyak perubahan dan dampak terhadap masyarakat Indonesia. 

Dampak negatif dari arus globalisasi yang terlihat miris adalah perubahan yang cenderung mengarah pada krisis moral dan akhlak.

Bila tidak segera disikapi sejak dini melalui pendidikan, maka bangsa Indonesia yang terkenal dengan adat dan budaya luhur sesuai dengan nilai-nilai Pancasila akan semakin luntur.

Usia dini adalah usia kritis bagi pembentukan karakter seorang anak.

Penanaman moral melalui pendidikan karakter sedini mungkin kepada anak-anak adalah kunci utama untuk menyiapkan generasi yang bermoral. 

Usia dini adalah masa perkembangan karakter fisik, mental dan spiritual anak. 

Pada usia dini inilah, karakter anak akan terbentuk melalui hasil belajar dan suri tauladan pembiasaan dan perilaku orangtua, guru dan tenaga kependidikan, serta lingkungan masyarakat sekitar anak.

Buku seri pengembangan karakter pada anak usia dini yang terdiri dari:

dimaksudkan untuk memberikan bekal pengetahuan kepada orang tua dan guru PAUD tentang bahaya paham radikalisme, dampak negatif perundungan (bullying) pada anak, serta dampak negatif apabila anak terpapar narkoba. 

Buku ini juga memberikan tips tentang upayaupaya yang harus dilakukan oleh orang tua dan guru agar anak PAUD terhindar dari paham radikalisme, bullying di lingkungan sekolah dan pencegahan agar anak terhindar dari bahaya narkoba.

Demikian informasi mengenai Download Buku Pencegahan Bullying/ Perundungan pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), silahkan download pada tab unduhan di bawah ini:

 

Buku Pencegahan Bullying pada PAUD

 

Semoga buku Pencegahan Bullying/ Perundungan pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) memberikan kemanfaatan bagi guru dan tenaga kependidikan, orangtua, maupun pihak-pihak lain yang berkepentingan dalam membimbing, mendidik, dan mengasuh anak sehingga karakter anak tumbuh dan berkembang sesuai nilai-nilai luhur Pancasila.

Terima Kasih.

Post a Comment for "Download Buku Pencegahan Bullying/ Perundungan pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)"