Widget HTML #1

Buku Pedoman Program Gizi untuk Jenjang SMP

Pedoman Program Gizi Jenjang SMP


Tukang Ketik -  Buku Pedoman Program Gizi untuk Jenjang SMP ini bertujuan memberikan panduan bagi Tim Pembina UKS, Tim Pelaksana UKS dan pemangku kepentingan di sekolah dalam menjalankan Program Gizi UKS SMP.

Masalah gizi pada remaja memiliki akibat yang signifikan bagi pencapaian target Pembangunan yang Berkelanjutan (Sustainable Development Goal) karena jumlah populasi pada kelompok usia remaja mencapai hampir seperlima dari penduduk di Indonesia dan merupakan aset yang sangat besar bagi produktivitas negara (Sharma, D. 2020).

Indonesia merupakan negara yang mengalami tiga beban gizi pada kelompok usia remaja, yaitu kekurangan gizi, kelebihan gizi dan kekurangan zat gizi mikro. 

Data Riset Kesehatan Dasar menunjukkan lebih dari 8% remaja usia 13-15 tahun mengalami gizi kurang (thinnes), sedangkan 26% pendek dan sebanyak 16% mengalami gizi lebih (overweight) dan obesitas (Kementerian Kesehatan RI, 2018a). 

Data survei nasional di tahun 2013 juga menunjukkan bahwa seperempat remaja putri usia 13-18 tahun menderita anemia (Kementerian Kesehatan RI, 2013).

Adapun yang menjadi tujuan khusus dari Buku Pedoman Program Gizi untuk Jenjang SMP ini adalah sebagai berikut:

  • Memberikan pengetahuan mengenai program gizi di SMP bagi Tim Pembina dan Pelaksana UKS;

  • Memberikan keterampilan dalam merencanakan, melaksanakan, memantau dan meninjau program gizi UKS sebagai bagian dari kegiatan sekolah baik intrakurikuler, kokurikuler, maupun ekstrakurikuler;

  • Memberikan keterampilan penanaman sikap dan pembiasaan perilaku peserta didik di sekolah untuk menerapkan hidup sehat sesuai prinsip gizi seimbang.

Selanjutnya, yang menjadi sasaran dari Buku Pedoman Program Gizi untuk Jenjang SMP ini adalah sebagai berikut:

Sasaran Langsung

  • Tim Pembina UKS SMP di tingkat pusat, provinsi, dan kabupaten/ kota;

  • Tim Pelaksana UKS SMP di tingkat kecamatan;

  • Tim Pelaksana UKS SMP di tingkat sekolah.

Sasaran Tidak Langsung

  • Seluruh warga sekolah, termasuk peserta didik, orang tua, dan komite sekolah;

  • Organisasi masyarakat, perguruan tinggi, sektor swasta dan mitra yang mendukung program gizi dalam UKS SMP.

Dan terakhir, yang termasuk dalam ruang lingkup dari Buku Pedoman Program Gizi untuk Jenjang SMP adalah mencakup konsep program gizi yang ditujukan bagi peserta didik SMP dan kaitannya dengan stratifikasi UKS yang dilaksanakan di sekolah oleh Tim Pelaksana UKS Sekolah, isu-isu gizi yang penting untuk diketahui pelaksana program dan peserta didik SMP, serta tahapan dalam melaksanakan program gizi di SMP yang meliputi persiapan, koordinasi, pembinaan, pelaksanaan, serta pemantauan dan evaluasi.

 

Program gizi termasuk pendidikan gizi di sekolah dapat dijalankan sebagai bagian dari program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS). 

Program UKS telah dikembangkan sejak tahun 1956 dan terdiri dari tiga kegiatan utama yang disebut Trias UKS, yaitu Pendidikan Kesehatan, Pelayanan Kesehatan dan Pembinaan Lingkungan Sekolah Sehat yang didukung dengan manajemen/tata kelola yang baik. 

Banyak sekolah yang telah menjalankan program UKS, namun pelaksanaan trias UKS belum berjalan secara optimal. 

Pelaksanaan program UKS di sekolah masih terbatas pada Lomba Sekolah Sehat dan belum mencakup komponen gizi yang mendukung tumbuh kembang peserta didik. 

Ukuran keberhasilan program UKS dapat dicapai sekolah melalui stratifikasi dalam empat tingkatan, yaitu minimal, standar, optimal, dan paripurna, dimana komponen gizi mendukung pencapaian stratifikasi UKS sekolah.

Pelaksanaan program gizi melalui UKS di tingkat SMP membutuhkan panduan pelaksanaan sehingga sekolah dapat melaksanakan program gizi UKS untuk mencapai stratifikasi UKS tingkat paripurna. 

Manajemen Program Gizi dalam UKS SMP dilaksanakan secara terencana, terpadu dan terkoordinasi sehingga sekolah bersama dengan Tim Pembina dan Pelaksana UKS mampu menyusun perencanaan, melaksanakan, dan melakukan evaluasi program dengan baik. 

Pelaksanaan program gizi melalui UKS di Sekolah Menengah Pertama diharapkan dapat turut berkontribusi mengatasi masalah gizi pada remaja di Indonesia.

Demikianlah informasi mengenai Buku Pedoman Program Gizi untuk Jenjang SMP, semoga dapat bermanfaat.

Informasi selengkapnya terkait Buku Pedoman Program Gizi untuk Jenjang SMP dapat di download pada tab unduhan di bawah ini:

 

Post a Comment for "Buku Pedoman Program Gizi untuk Jenjang SMP"